245 views | 1 Likes

Menatap Pesona Xinjiang, Kota Muslim di Jalur Sutra China

5 star (from 2 people)
Ürümqi, Xinjiang, China
Category: City Trip

Posted on 27 September 2018, 13:16:13
xiaoying
Sightseeing

Kota Muslim di Jalur Sutra China ini memiliki pesona yang memikat!

How to Get There

Waktunya liburan lagi nih! Rasanya kayak udah berjuta-juta tahun lamanya aku ngga liburan dan akhirnya pas liburan semester ini aku bisa liburan! Yeay! Masih seperti liburan-liburan yang sebelumnya, aku jalan-jalan ke China lagi. Entah kenapa aku bisa secinta ini sama negeri tirai bambu ini dan selalu punya keinginan untuk explore lebih jauh lagi negara ini. Anyway, kalo di review-review aku sebelumnya, aku jalan-jalan ke tempat yang cukup mainstream di China, seperti Beijing, Shanghai dan Zhangjiajie. Tapi, kali ini aku mau coba sesuatu yang beda, yaitu backpackeran ke Xinjiang yang terkenal dengan Jalur Sutra nya. Aku mau menatap pesona Xinjiang yang merupakan Kota Muslim yang ada di Jalur Sutra China. Penasaran? Simak terus yuk!

Mengawali perjalanan dari Jakarta menuju Ürümqi yang merupakan ibukota dari Xinjiang. Ada beberapa pilihan flight yang bisa kalian pilih untuk menuju Xinjiang, tapi kemarin aku pilih naik maskapai China Southern karena penerbangan ini hanya transit sekali dan pastinya ngga ribet guys. Pesawat ini berangkat dari Cengkareng, Jakarta jam 09.05 dan tiba di Guangzhou jam 14.45, sebagai tempat transit. Transit di Guanzhou selama sekitar 2,5 jam dan perjalanan dilanjutkan lagi jam 17.20 dari Guangzhou lalu tiba di Ürümqi jam 22.40. Kalo ditotal sih ini sekitar 12 jam perjalanan dan pastinya cukup melelahkan guys. Udah mirip terbang ke Eropa aja ya. Hehehe..

wisata di xingjiang

What to Do

Karena sampe di Ürümqi udah malem, aku pun langsung check in di hotel untuk bersih-bersih dan istirahat. Baru keesokan harinya aku mulai jalan-jalan berkeliling kota Ürümqi.

wisata di xingjiang

Backpackeran ke Xinjiang adalah untuk menikmati pesona Jalur Sutra yang ada di kaki Gunung Tianshan yang tertutup dengan salju abadi. Menariknya dari Xinjiang ini adalah etnisnya yang bisa dibilang agak beda dengan etnis warga Tiongkok pada umumnya, pasalnya warga Xinjian kebanyakan campuran Eropa dan Asia yang biasa disebut Eurasia. Jadi kalo jalan-jalan kesini bisa sekalian cuci mata ngeliatin cowok-cowok ganteng blasteran Eropa Asia ya. Hehehe..

Selain itu, perlu diketahui juga kalo Xinjian ini adalah salah satu provinsi di China yang masyaratkanya beragama Islam. Wahh, buat temen-temen muslim yang mau traveling ke China sekarang ngga perlu bingung lagi ya buat cari wisata halal, dateng aja ke Xinjiang. Ibukota dari Xinjiang ini adalah Ürümqi yang langsung berbatasan dengan Rusia dan Mongolia. Lalu, apa aja wisata di Ürümqi ini?

wisata di xingjiang

Pas hari kedua aku di Ürümqi, aku sempet mengunjungi beberapa tempat wisata yang bisa dibilang cukup ramah bagi wisatawan Muslim, seperti Xinjiang Uygur Regional Museum. Museum ini tiket masuknya gratis guys, jadi cocok banget buat kalian yang backpackeran dan cari wisata gratis di Ürümqi. Di museum ini kalian bisa tahu tentang cerita Jalan Sutra. Pastinya museum ini cocok banget buat kalian yang suka banget buat tahu tentang sejarah suatu tempat. 

wisata di xingjiang
wisata di xingjiang

Lalu, buat kalian yang suka belanja, kota Ürümqi juga punya pusat perbelanjaan yang sangat khas Asia Tengah yaitu di Grand Bazaar. Disini kalian bisa belanja pernak-pernik hingga souvenir dan oleh-oleh buat keluarga dan kerabat di rumah dengan harga yang cukup terjangkau. Fyi, bangunan dari Grand Bazaar ini juga cukup keren lhoo, khas Asia Tengah banget. Aku jadi berasa ada di Turki padahal ada di China. Hehehe..

wisata di xingjiang

wisata di xingjiang

Sore harinya, aku sempet mampir ke People’s Park yaitu semacam taman kotanya Ürümqi dimana banyak warga lokal beraktivitas disana. Kalo di Grand Bazaar tadi rasanya kayak ada di Asia Tengah, tapi kalo di taman ini baru berasa kalo lagi ada China karena ada beberapa bangunan dan ornamen khas China. Jadi, dalam satu kota aku bisa ngerasain beragam suasana.

 wisata di xingjiang

On the next day, aku pergi ke wisata alamnya nih guys. Ternyata kota Ürümqi ini wisatanya lengkap banget. Mulai dari city trip, wisata sejarah, belanja hingga wisata alam. Bener-bener paket lengkap nih kalo jalan-jalan ke Xinjiang. Wisata alam yang bisa dikunjungi yaitu Heavenly Lake atau dalam bahasa Chinanya dikenal sebagai Tian Chi. Danau ini terletak sekitar 110 km dari kota Ürümqi. Untuk menuju kesini, kalian bisa naik kereta dari Beijiao Coach Station di Ürümqi menuju Stasiun Fukang Coach dengan biaya sekitar 12,5 Yuan, lalu dilanjutkan naik taksi ke Heavenly Lake Scenic Area. Setelah sampai sana, kalian bisa jalan kaki menuju ke danaunya atau naik bus wisata dan cable car.

wisata di xingjiang

Danau ini luas banget dan pemandangannya super keren karena dikelilingi oleh pegunungan yang diselimuti salju abadi. Udaranya juga sejuk banget. Bener-bener memanjakan mata lho liburan kesini ini.
wisata di xingjiang

Lalu untuk masalah makanannya, karena memang mayoritas masyarakat Xinjiang ini adalah muslim jadi makanannya banyak yang halal guys. Kuliner yang wajib coba disini adalah Pilaf yang merupakan nasi goreng khas Asia Tengah yang dilengkapi dengan potongan daging yang besar-besar dan aneka sayuran. Atau kalo kalian ngga pengen makan nasi, disini juga ada roti Naan yang mirip seperti di India.

wisata di xingjiang

Nah, gimana? Seru banget kan wisata di Xinjiang ini? Banyak tempat-tempat yang keren dan yang paling utama adalah Xinjiang sangat ramah untuk traveler muslim. So, buat kalian para traveler muslim yang pengen pergi ke China, aku saranin buat pergi ke Xinjiang aja! Dijamin ngga bakal nyesel. 

Video by Travel Xinjiang: Far West China

Tips and Trick

Aku juga mau share tentang tips dan tricks apa saja yang wajib kalian perhatikan sebelum berangkat backpackeran ke Xinjiang:

  • Siapkan passport dengan minimal masa berlaku 6 bulan.
  • Persiapkan visa China sebelum berangkat.
  • Booking pesawat dan hotel jauh-jauh hari sebelumnya.
  • Tukar mata uang sebelum berangkat.
  • Selalu waspada dengan adanya copet.
  • Bawa kamera.
  • Cek cuaca sebelum keberangkatan dan pastikan untuk membawa baju yang sesuai.
  • Di China, beberapa layanan Google dibatasi aksesnya. Saran aku, kalo kalian butuh peta bisa download Baidu Map. Map ini juga pake aksara China ya guys.
  • Unduh Aplikasi VPN (Virtual Private Network) sebelum berangkat karena akses ke beberapa sosial media sangat di batasi.
  • Jaga kebersihan tempat wisata yang kamu datangi.

 

Gallery (11)

Comments (4)