chiwing
chiwing | Sightseeing
Pacitan, Jawa Timur, Indonesia | Beach Exploring
2.88 K4

Liburan Murah Meriah di Pacitan? Ke Pantai Teleng Ria aja

pantai teleng ria pacitan

Pacitan memiliki Pantai Teleng Ria yang indah dan pastinya membuat liburan kamu menyenangkan, dengan budget murah!
What to Do

Setelah perjalanan yang lumayan melelahkan, akhirnya sampe juga di Pantai Teleng Ria yang menawan ini. Untuk menikmati keindahan pantai ini dikenakan biaya sebesar Rp 15.000 per orang saat hari libur dan parkir kendaraan roda empat sebesar Rp 5000 per mobil. Tapi kalo kalian datengnya pas hari biasa, harga tiket masuk yang dikenakan lebih murah kok guys, yaitu Rp 10.000 aja per orangnya. Cukup terjangkau sih menurut aku. 

Udah parkir, aku dan teman-teman langsung turun dan berjalan menuju pantai yang terlihat dikejauhan. Super excited banget kita pengen langsung main air, rasanya ngantuk dan lelah selama perjalanan tadi hilang semua. Pantai ini memiliki luas sekitar 40 ha dan dulunya bergabung dengan pantai disebelahnya yang bernama Pantai Tamperan namun akhirnya terpisah, dalah bahasa Jawa berarti diberi teleng atau pemisah. Maka dari itu pantai ini diberi nama Pantai Teleng Ria.

Pantai Teleng Ria menawarkan fasilitas alam berupa air laut yang jernih banget, selain itu juga dari sini kalian akan melihat pemandangan alam Gunung Limo, bukit batu karang, hamparan pasir yang lembut dan ombak yang cukup besar. Iya guys, ombak di pantai ini cukup besar jadi memungkinkan kita untuk berselancar. Rata-rata sih memang pantai di Pacitan ini terkenal di kalangan peselancar lokal hingga internasional karena keindahan ombaknya yang besar. Pantai-pantai tersebut juga biasa digunakan untuk menyelenggarakan kejuaraan surfing tingkat Internasional setiap tahunnya. 

Karena kebetulan ada disini, ngga pengen donk buat melewatkan kesempatan berselancar ria. Meskipun aku ngga jago-jago banget surfing, tapi disini juga ada pelatih yang bisa ngajarin kita para pemula untuk berselancar di pantai ini. Cukup menyewa papan seluncur dengan biaya Rp 50.000 dan Rp 20.000 untuk biaya pelatihan. Ombak di pantai ini bisa dibilang masih cukup aman untuk peselancar pemula, apalagi kalian didampingi sama trainer yang berpengalaman. Dijamin menyenangkan deh.

Puas bermain selancar, aku kembali bersantai di tepi pantai dan berjalan-jalan disekitar pantai. Ternyata pantai ini punya fasilitas yang lengkap, seperti penginapan yang dekat dengan pantai dan restoran dengan menu seafood andalannya. Disini juga ada beach resort yang bagus banget dan sering didatangi wisatawan karena tempatnya yang nyaman dan viewnya langsung berhadapan dengan laut. Recommended banget deh buat kalian yang pengen nginep di pantai ini.

Spot bersantai lainnya yang ada di pantai ini adalah barisan pohon-pohon cemara yang ada di bibir pantai. Pohon-pohon ini rimbun banget guys, jadi banyak banget pengunjung yang menggelar tikar dan bersantai dibawah sejuknya suasana pantai. Tempat ini juga bagus banget lho dijadikan buat hunting foto. 

Puas jalan-jalan dan laper? Tenang aja guys karena disini juga banyak banget orang yang berjualan makanan, jadi kalo kalian ngga bawa bekal kalian bisa beli disini. Mulai dari jajanan khas Pacitan hingga oleh-oleh khas yang bisa dibawa pulang buat keluarga di rumah. Tapi kalo favorit aku sih tentu saja seafoodnya donk. Karena sebagian besar masyrakat sekitar berprofesi sebagai nelayan, maka kalian bisa membeli beberapa dari hasil tangkapan mereka lalu dibawa ke warung sekitar untuk diolah. Dijamin enak banget!




How to Get There

Pacitan adalah salah satu kabupaten di Jawa Timur yang punya banyak sekali wisata yang menarik. Dikenal sebagai Kota 1001 Goa, ternyata kota kecil ini juga punya wisata pantai yang ngga kalah keren. Salah satunya adalah Pantai Teleng Ria yang sudah cukup dikenal oleh kalangan wisatawan. Pantai ini dijuluki sebagai Surga yang tersembunyi karena punya keindahan dan potensi yang luar biasa. Lalu, seindah apakah pantai ini?

Liburan kemarin aku berkesempatan buat jalan-jalan ke Pacitan. Menuju Pacitan dari kota Surabaya butuh waktu sekitar 6 jam perjalanan darat, kalian bisa naik kendaraan umum ataupun kendaraan pribadi. Kebetulan, kemarin aku perginya rame-rame bareng temen-temen jadinya kita naik mobil kesananya. Setibanya disana, kami langsung searching lokasi menuju Pantai Teleng Ria.

Lokasi pantai ini ngga terlalu jauh ternyata dari pusat kota Pacitan, cuma butuh waktu sekitar 15 sampai 30 menit perjalanan aja. Jaraknya sekitar 2.5 km, tepatnya di Desa Sidoharjo Kecamatan Pacitan. Kalo kalian dateng dari Surabaya, jalur yang diambil dari Mojokerto tapi kalo kalian datengnya dari Solo dan Jogja bisa lewat jalur Solo-Pacitan. Selama perjalanan menuju pantai ini, kalian akan disuguhi pemandangan pantai yang keren-keren. dijamin ngga bosen deh.

Tips and Trick pantai teleng ria pacitan

Tertarik buat dateng kesini juga? Aku ada beberapa tips dan trik nih buat kalian:

  • Pacitan punya banyak banget pantai yang keren, saran aku setelah ke Pantai Teleng Ria ini kalian bisa mengunjungi pantai lainnya yang jaraknya berdekatan.
  • Bawa kamera dan watercase nya.
  • Bawa baju ganti dan perlengkapan mandi.
  • Pakai sunblock, topi, sandal dan kacamata hitam.
  • Ajak keluarga, pasangan dan sahabat kesini.
  • Jaga kebersihan.

Video by Dima Gestu

SUGGESTED PARADISE
No data
SUGGESTED CULINARY
No data