411 views | 0 Likes

Museum Kereta Api Ambarawa

0 star (from 0 people)
Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
Category: City Trip

Posted on 24 January 2018, 10:11:41
leon
Tourist

Suasana perjalanan menuju Museum Kereta Api Ambarawa ini asik banget, rindang dan sejuk. Nah setibanya kami disana, kami langsung memarkir kendaraan...

How to Get There

Udah lama gak mengunjungi tempat bersejarah seperti museum maupun candi-candi. Mumpung ada kesempatan, kali ini saya akan mengunjungi museum kereta yang ada di daerah Semarang Jawa Tengah. Udah pada tau mungkin ya nama museumnya apa hahaha. Museum yang akan saya kunjungi kali ini adalah Museum Kereta Api Ambarawa. Tempatnya bisa dibilang asik buat ngisi kekosongan jadwal kayak saya gini, daripada gabut gaada kerjaan mending travelling dong haha. Museum Kereta Api Ambarawa ini ada di Jalan Stasiun No. 1, Panjang, Ambarawa, Semarang, Jawa Tengah. 

Untuk perjalanan yang dtempuh, jika dari Semarang atau Yogyakarta membutuhkan waktu sekitar 1 jam perjalanan. Letak museum yang strategis dan mudah dijangkau menjadi alasan mengapa museum ini selalu ramai dan tak surut pengunjung. 

Jika kalian dari arah Semarang, kalian hanya perlu menuju ke arah Ungaran dan setelah sampe di pertigaan belok kanan menuju tugu Palagan Ambawara. Terus kalo dari Yogyakarta, kalian hanya perlu menuju jalan yang mengarah ke Semarang dan langsung menuju tugu Palagan Ambarawa. Setalah tiba di tugu ini, kalian langsung aja belok kiri untuk yang dari arah Semarang, belok kanan untuk yang dari arah Yogyakarta, sekitar 100m dari situ kalian akan tiba di Museum Kereta Api Ambarawa ini. 

What to Do

Suasana perjalanan menuju Museum Kereta Api Ambarawa ini asik banget, rindang dan sejuk. Nah setibanya kami disana, kami langsung memarkir kendaraan di tempat yang telah disediakan. Tempat parkirnya luas banget nah jadi kalo lagi rame, kalian ga perlu khawatir ga kebagian tempat parkir ya hehe. Untuk biaya atau tiket amsuk ke Museum Kereta Api Ambarawa ini juga terjangkau kok, gak menguras kantong. Untuk tiket dewasa, pengunjung hanya perlu mambayar Rp 10.000,- dan untuk pengunjung anak-anak dikenakan biaya Rp 5000,- per anak. 

Terdapat banyak sekali jenis lokomotif kereta yang ada disini, nah ajdi dapet pengetahuan baru deh. Berbagai jenis kereta dan lokomotif bisa ditemuin disini. Museum Kereta Api Ambaraa ini memiliki koleksi 21 lokomotif uap, bnayak juga ya hehhe. Namun, dari 21 koleksi lokomotif uap yang ada disini, hanya tinggal 3 yang masih bisa beroprasi, Maklum ya udah tua banget. 

Nah tipe tipe kereta atau lokomotif yang ada disini juga sangat beragam tuh. Tiap tipe atau jenis lokomotif memiliki kaunikan masing masing baik dari kecepatannya, kapasitasnya, bakan bakarnya dan masih banyak lagi.

By CNN Indonesia 

Di kawasan Museum Kereta Api Ambarawa ini, pengunjung bisa lo menaiki kereta tua yang ada disini. Untuk mencoba sensasi meniki kereta yang ada di Museum Kereta Api Ambarawa ini, pengunjung hanya perlu membayar Rp 10.000,- saja per putaran. Nah kalo naik kereta yang ada disini, pengunjung bisa dengan mudah menikmati pemandangan dan menikmati area museum ini. Namun kalian juga harus perhatiin jam jam tertantu ya, kereta yang ada disini hanya beroprasi hingga jam 3 sore saja. Bagi kalian yang punya waktu luang dan bingung mau ngapain, Museum Kereta Api Ambarawa bisa jadi tujuan kalian berlibur nih!

Tips and Trick

  1. Jaga kebersihan sekitar Museum Kereta Api Ambarawa
  2. Pastikan anda datang sebelum jam 3 sore jika ingin menaiki kereta ambarawa
  3. Banyak spot foto disini, so, jangan lupa bawa alat dokumentasi ya
  4. selamat berlibur

Gallery (6)

Comments (0)