GOA TETES dan CUBAN SEWU: The Fear Cheaters

cuban sewu

dino | Sightseeing
Lumajang, Jawa Timur, Indonesia | Waterfall
09 Oct 2016


GOA TETES dan CUBAN SEWU: The Fear Cheaters
Air terjun di sini merupakan air terjun yang sangat indah di indonesia yaitu " Air Terjun Cuban Sewu" di sini tidak hanya terdapat Air terjun yang menakjubkan tetapi di sini terdapat beberapa hal yang menarik untuk di kunjungi dengan teman, keluarga, dan

How to Get There

Rencana Rute pertama adalah Surabaya menuju Penanggal sebelum ke Goa Tetes dan Cuban Sewu, Rute yang dipilih adalah Surabaya-Sidoarjo-Bangil-Pasuruan-Probolinggo-Klakah-Lumajang. Jalur ini dipilih karena jalan relative lebih mulus dibandingkan dengan Rute malang dampit, karena itu kami memutuskan untuk melewati kota lumajang untuk menuju Goa tetes dan Cuban Sewu. Lokasi Goa Tetes ini sekitar 159 km memakan waktu sekitar 4 jam 31 menit untuk mencapai tempat ini dari Surabaya- Goa Tetes, Sidomulyo, Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Disini juga tersedia jasa penitipan kendaraan dengan biaya sekitar Rp.5.000 untuk kendaraan roda dua. Biaya masuk ke Air Terjun Goa Tetes adalah sebesar Rp. 5.000 per orang, sangat murah bukan.

Semoga informasi ini berguna bagi anda yang mencari refrensi tentang wisata ke Goa Tetes danCuban sewu.

What to Do

Ketakutan? Perasaan ini selalu menghantui perasaan sebagian besar manusia. Ada beberapa ketakutan yang menghantui manusia seperti contohnya takut ketinggian, takut anjing hingga takut akan kegagalan. Penjalanan saya kali ini masih disekitaran Jawa Timur. Lumajang menjadi kota pilihan yang menarik, karena banyak tujuan wisata di daerah lumajang. Kota ini memang selain diberi tanah yang subur untuk pertani, juga diberi keindahan alam yang luar biasa. Setelah biasa saya melakukan perjalanan berdua bersama teman setia saya, kali ini ada 2 teman saya yang memutuskan untuk mencoba untuk pertama kalinya kemping. Awalnya saya rada sedikit nervous dan beban karena saya memiliki pengalaman yang sangat sedikit di bidang perkemahan jadi secara tidak langsung saya bertanggung jawab atas mereka. Kedua orang teman saya memutuskan untuk menyewa peralatan kemping, saya menyarankan dome untuk 2 orang, sleeping bag, dan matras, Saya bersikeras untuk datang ke tempat persewaan karena saya ingin tahu model tenda yang dipinjam dan cara mendirikan tenda tersebut dan mendapatkan info tersebut dari orang yang menyewakan sehingga tidak bermasalah ketika. Peralatan kemping bisa disewa di daerah Kutisari Utara -Surabaya. Selain menyewakan disana juga menjual peralatan-peralatan outdoor.

Air Terjun Tumpak Sewu dan Air Terjun Goa Tetes ini lokasinya berdekatan lohh, Air Terjun Goa Tetes? Dari namanya saja sudah unik yah?, Air Terjun Goa Tetes, ini sebenarnya air terjun apa goa ya? Dari pada penasaran langsung saja saya bahas di sini.

Air Terjun Goa Tetes adalah tempat wisata di Kota Lumajang yang berupa perpaduan antara goa dan air terjun. Goa Tetes sendiri memiliki keunikan yaitu memiliki beraneka ragam warnanya yang membuatnya terlihat eksotis. Dan di tambah lagi tebing-tebing batu yang terbentuk di Goa Tetes ini berlapis dengan belerang sehingga menghasilkan warna kuning keemasan yang di sini terlihat indah dan sangat unik. Apalagi dipadu dengan hijaunya lumut sehingga terlihat alami dan mengesankan.

 

Di Air Terjun Goa Tetes terdapat puluhan air terjun mengalir dari puluhan mata air yang tersembunyi di balik bebatuan. Air disini tidak sekedar menetes tetapi memancar deras dan membentuk banyak alur air terjun,bahkan air terjun lebih dominan untuk dilihat disini, karena Goa Tetes sendiri berukuran tidak terlalu besar. Bebatuan disini terbentuk dari endapan kapur, karena itu lah bebatuan disini relatif tidak licin sehingga mudah untuk dipanjat sekalipun berlumut,tetapi saya sarankan untuk tetap berhati-hati saat memanjat agar tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan yah…

 

Nahh sedang kan Coban Sewu ini terletak di Desa Bendosari, Kecamatan Pujon, Jawa Timur. Lokasi wisata yang satu ini menawarkan keindahan alam yang sangat menawan dan menarik untuk dikunjungi. lokasi yang satu ini mungkin lebih cocok bagi anda yang menggemari wisata petualangan dan memacu adrenalin, sebab di beberapa bagian lokasi ini terbilang cukup sulit untuk dijelajahi dan membutuhkan teknik-teknik tertentu seperti rappeling untuk menuruni tebing ke dasar coban.

Dengan mengunjungi lokasi ini anda bisa merasakan sensasi sejuknya alam Coban Sewu sekaligus menikmati eksotisnya Goa Tetes. Dalam menikmati Coban Sewu sebenarnya ada 2 pilihan, yakni dengan meikmatinya dari bagian atas dan bagian bawah atau dasar air terjun.

Berbagai tantangan harus anda lalui terlebih dahulu untuk bisa merasakan sejuknya surga tersembunyi yang bernama Coban Sewu ini, Meskipun terdapat banyak tantangan yang harus anda lewati yakinlah jika anda berhasil menuntaskan perjalan dengan baik, maka anda akan menyaksikan sebuah pengalaman yang tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata, sebuah keindahan tersembunyi yang membuat anda kagum dan rasa lelah perjalanan pun terbayar habis dengan menikmati keindahan Coban Sewu dan Goa Tetesyang Eksotis.

Bagi anda yang berkunjung disini, anda bisa menemukan penjual makanan atau warung-warung makanan di sekitar lokasi tersebut, namun untuk penginapan, anda temukan adalah rumah-rumah warga dan homestay, dan disini belum tersedia hotel di sekitar lokasi.

Ayo berkunjung ke GUA TETES dan CUBAN SEWUdengan teman, keluarga, dan orang tersayang, dengan berkunjung di tempat ini anda akan merasakan sensasi yang berbeda dan membuat pengalaman perjalanan anda yang susah untuk di lupakan karena tempat ini membuat liburan anda menyenangkan.

 

   

 

 

 

Tips and Trick
  1. Usahakan sampai di sana pagi hari 8-9 Pagi.
  2. Apabila turun ke Cuban Sewu cari lokal guide yang familiar mencari jalan turun atau naik yang aman.
  3. Jangan pergi saat musim hujan, hal yang paling ditakutkan pergi ke tempat air terjun adalah air bah yang bisa datang tiba-tiba dari hulu sungai.
  4. Hormati Alam bawa sampah anda pulang.
  5. Apabila kondisi fisik tidak memungkinkan jangan memaksakan untuk turun.
  6. Benda lainnya yang wajib dibawa tentu saja kamera untuk menyipan foto liburan anda bersama teman, keluarga dan orang tersayang. Tak ada salahnya Anda membekali diri dengan plester luka, juga obat-obatan pribadi.
  7. Pasti menyebalkan ketika sedang di perjalanan dan sandal jepit Anda rusak. Anda bisa membawa sandal 2 agar saat sandal anda putus bisa memakai sandal yang anda bawa tadi.
  8. Disini saya ada video mengenai “GUA TETESdanCUBAN SEWU” yang membuat anda penasaran dengan pemandangannya dan harus anda kunjungi, Anda penasaran???

    Klik disini -> 

     

Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY