229 views | 2 Likes

Curug Maribaya: Eksotika Air Terjun yang Melegenda di Bandung Barat

4 star (from 2 people)
Bandung, Jawa Barat, Indonesia
Category: Waterfall

Posted on 28 August 2018, 10:59:17
tiffany
Tourist

Curug Maribaya yang memiliki air terjun indah dan sudah terkenal sekali di Bandung dengan keindahannya!

How to Get There

Bandung emang punya sejuta tempat wisata yang wajib banget untuk dieksplor. Mulai dari wisata alam, wisata sejarah, wisata belanja hingga wisata kuliner. Sebagai orang Bandung asli, aku pun merasa bersyukur karena sedari kecil sampai dewasa sekarang aku masih merasa nyaman dan betah tinggal di kota kembang ini.

Ngomong-ngomong soal wisatanya, meskipun aku lahir dan besar di Bandung, ternyata belum semua wisata sudah pernah aku explore. Nah, pas kebetulan liburan Agustusan kemarin salah satu sepupu aku yang tinggal di Makassar dateng dan ngajakin buat jalan-jalan ke Curug Maribaya. Sebenernya aku udah lama tau air terjun ini, tapi belum pernah kesana sampe sekarang. Karena pas diajakin sepupu aku ini, akhirnya berangkatlah kami kesana dengan sepeda motor. Curug Maribaya ini memang menjadi destinasi hits yang wajib dikunjungi saat traveling ke Bandung. Ngga heran kalo popularitasnya udah terkenal sampe ke Makassar begini. Hehehe..

Curug Maribaya berlokasi di Kampung Cikondang, Lamajang, Pengalengan, Cibodas, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Dari pusat kota Bandung, jarak yang harus ditempuh sekitar 15 kilometer dan butuh waktu sekitar 45 sampai 60 menit. Rutenya gampang banget kok guys, kebetulan rumah aku di daerah Setia Budi, jadi tinggal lurus terus kearah Lembang lalu dilanjutkan ke daerah Maribaya. Atau kalian bisa lewat Dago Atas dengan rute dari terminal Dago kalian akan menemukan sebuah pertigaan jalan, lalu belok kiri mengarah ke daerah Dago Giri. Terus lurus aja sampai tiba di daerah Lembang lalu Maribaya. Ngga usah bingung dan takut kesasar, karena setelah memasuki kawasan ini akan banyak papan penunjuk jalan menuju air terjun.

What to Do

Akhirnya setelah satu jam perjalanan, sampailah kami berdua di Curug Maribaya. Setelah parkir motor, kami menuju ke loket masuk. Ohya, untuk parkir motor tadi dikenakan biaya sebesar Rp 5000,- per motor trus kalo tiket masuknya dikenakan biaya sebesar Rp 8000,- per orangnya. Cukup terjangkau sih menurut aku. Jadi wisata ini bisa dinikmati oleh semua orang. Kalo kalian bawa kendaraan mobil, parkir yang dikenakan jauh lebih mahal, yaitu sebesar Rp 20.000,- per mobilnya.

Buat kalian yang belum tahu, curug adalah bahasa Sunda dari air terjun. Nah, Curug Maribaya ini memiliki ketinggian kurang lebih 15 meter dan hempasan air terjunnya yang tinggi bisa membuat tubuh kalian yang berdiri didekatnya basah. Buat kalian yang pengen menikmati air terjun ini dari dekat tapi ngga pengen basah, kalian bisa menikmatinya dari jembatan yang ada disana. Jembatan ini biasanya menjadi spot favorit wisatawan untuk berfoto saat berkunjung kesini.

Selain di jembatan, spot foto favorit lainnya adalah diatas bebatuan besar yang ada di bawah air terjun. Dari spot sini juga kalian bisa menikmati air terjun dari dekat sambil merasakan percikan airnya yang segar dan udaranya yang sejuk.

Sedikit cerita nih guys, ternyata air terjun ini cukup melegenda. Konon, dulunya di kaki gunung Masingit ada sebuah perkampungan yang telah dialiri dengan dua sungai. Di kampung inilah hidup seorang wanita cantik dengan nama Maribaya. Karena kecantikannya, gadis tersebut menjadi idaman bagi banyak pria yang ada di daerah tersebut. Orang tua dari Maribaya pun ketakukan jika nanti ada malapetaka yang menimpa keluarganya karena kecantikan putrinya ini. Akhirnya, ia mencari wangsit dengan pergi bertapa di Gunung Tangkuban Perahu. 

Setelah bertapa, ayah dari Maribaya ini menjalankan sebuah wangsit dengan cara menumpahkan bokor sehingga muncullah sebuah sumber air panas yang ada kandungan belerangnya. Sejak saat itulah, kawasan ini dikenal karena pemandian air panasnya yang alami. Kalian juga bisa mengunjungi pemandian air panas ini. Jadi bisa sekalian merelaksasikan tubuh sambil menikmati sejuknya alam skeitar.

Di kawasan air terjun ini, kalian akan merasakan ketenangan karena memang lokasinya yang sejuk dan asri. Sambil menikmati pesona air terjun ini, kalian juga bisa menikmati hidangan panas seperti jagung bakar atau ketan bakar. Aku pribadi sih suka sekali dengan wisata ini karena sangat asri dan dikelilingi pepohonan rindang. Tempat yang sangat nyaman untuk disinggahi sejak dan melepas penat dari rutinitas sehari-hari.

Fasilitas yang ditawarkan pun cukup lengkap. Seperti toilet, warung-warung kecil penjual makanan hingga penginapan. Kalo kalian pengen nginep disini bisa banget. Tinggal pilih saja penginapan yang sesuai dengan budget kalian. Jadi, pastikan Curug Maribaya ada di list kalian ya kalo traveling ke Bandung.

Video by Infobdg Tv

Tips and Trick

  • Air terjun ini buka setiap hari mulau pukul 08.00 - 22.00 WIB.
  • Bawa baju ganti dan perlengkapan mandi.
  • Bawa kamera dan water case.
  • Gunakan alas kaki yang nyaman.
  • Jaga kebersihan.

Gallery (7)

Comments (2)