0 star (from 0 people)
390 views | 0 Likes
Gereja Merah Kediri
Kediri, Jawa Timur, Indonesia
Category: City Trip


Posted on 16 January 2018, 10:34:16
Sophia
Tourist
Location on Google Maps
GPIB Jemaat Immanuel Kediri
Mojoroto, Kediri, Jawa Timur 64114, Indonesia
How to Get There

Udah ada di Kediri lagi nih guys, emang masih jatuh cinta banget sama kota yang satu ini. Kali ini aku bakal cari tempat foto yang hits dan masih anget banget di explore instagram. Apa hayo. Nah tujuanku kali ini adalah ke Gereja Merah Kediri. Mungkin bagi kalian pengguna instagram, tempat yang satu ini udah gak asing ya kalian temui di explore instagram. Nah kali ini tak kalah juga aku bakal foto ala ala ootd di Gereja Merah itu. Lokasinya ada di daerah Mojoroto, Kediri, Jawa Timur. Berhubung titik awalku dari kawasan Gudang Garam jdi gak sebrapa jauh buat menuju ke Gereja Merah ini. 

Untungnya, hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja untuk tiba di tempat keren ini. 

What to Do

Pas nyampe di kawasan Gereja Merah ini, bawaannya emang udah pengen foto aja karena spotnya yang keren hehe. Fyi, gereja ini dibangun pada 21 Desember 1901. So, umurnya sekarang udah satu abad lebih guys, keren ya hahay. Gereja Merah ini berasa di Jalan Kpd Slamet. Oh iya, nama resmi dari Gereja Merah ini adalah Gereja Protestan Indonesia Barat. Untungya, orang yang menjaga Gereja Merah ini sangat baik dan mengizinkan kami buat berfoto di area gereja ini. Kalo kalian mau berfoto disini juga, kalian wajib mematuhi peraturan juga ya guys, ntar bakal ada himbauan untuk tidak berfoto di daerah tertentu dan jangan lupa, itu wajib dipatuhi yaa:)

Menurut penjelasan Pak Hendrik, penjaga yang ada disini, gereja ini merupakan bangunan peninggalan Belanda. Kami jadi banyak dapet pengetahuan baru nih. Kami jadi tau kalo gereja ini bersaudara dengan banyak gereja di Indonesia, salahsatunya di Sodlo, yakni gereja Penabur Injil. Di Gereja Merah ini, bisa menampung sekitar 130 kursi. Layaknya kebanyakan peninggalan Belanda, gereja ini memiliki jendela-jendela besar yang menambah indah dan megahnya bangunan ini. Menurut penjelasan Pak Hendrik, kaca patri yang ada sekarang udah bukan kaca patri asli lagi. Meskipun begitu, tapi bangunannya tetep ciamik kok.

Yang asik lagi disini, semua pengunjung(meskipun bukan orang Kristen) diizinkan untuk melihat dan berfoto di berbagai sisi ruangan yang ada disini. Bahkan kami diajak ke tempat persiapan para majelis gereja sebelum beribadah. Seru juga ya dapet bonus ++ gini wkwk. Kami juga diajak ke lantai atas yang terbuat dari kayu. Kalo di lantai ini, isinya peralatan band bagi jemaat remaja.

Dari lantai ini, kalian juga bisa melihat tempat loceng. Meskipun loncengnya udah ga ada karena kata pak Hendrik udah dibawa ke luar kota, tapi keindahan gereja ini tetap menggoda kok hehe. Jadi sekarang Gereja Merah Kediri tanpa lonceng.

Gereja yang dibangun di awal abad 19 ini sudah masuk cagar budaya sejak tahun 2005 loo. Meskipun bangunannya udah banyak yang gak asli alias udah yang diganti tapi tetep aja keren dan bagus. 

Video by Luana Yunaneva

Untuk berfoto disini, kebetulan Pak Hendrik memberikan kebebasan bertanggung jawab kepada pengunjung. Artinya beliau memberikan izin untuk kalian berfoto tapi tetep jaga ketertiban dan keamanan ya. Kalian gak boleh melewati batas batas tertantu yang telah ditentukan ya. Hanya ada satu bagian yang tidak boleh digunakan berfoto yakni bagian mimbar. Yuk cobain berkunjung kesini dan dapetin foto di spot terbaik disini!

Tips and Trick
  • Patuhi peraturan yang diberikan penjaga disini ya
  • Jaga kebersihan dan kenyamanan bersama
  • Jangan lupa bawa camera dan dapatkan foto terbaikmu disini!
Gallery (3)
Comments (0)