ranisubagio | Tourist
Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Indonesia | lake
16 Aug 2016


Danau Tahai ,Kalimantan Tengah “Danau Merah”
Nahh bagi anda yang berlibur ke Kalimantan tengah bingung mau cari wisata apa yang menarik untuk di kunjungi di Kalimantan Tengah, nah "Danau Tahai" adalah tempat favorit bagi traveller!

How to Get There

Untuk sampai ke lokasi Danau Tahai ini, berjarak 30 km dari kota Palangkaraya menuju ke daerah Sampit sekitar 3 km dari pinggir jalan raya. Untuk menuju Danau Tahai anda bisa menggunakan kendaraan pribadi roda 2 maupun roda 4 atau juga menggunakan kendaraan umum seperti bus jurusan palangkaraya-sampit lalu turun di desa tahai, setelah itu cukup berjalan kaki atau melanjutkan menggunakan ojek.

Bagi Anda yang mencari makanan, Di rumah makan terapung yang ada di objek wisata ini adalah pilihan yang sangat tepat anda ingin tau apa saja makanan khas Kalimantan tengah langsung aja check this out

Sedangkan bagi Anda yang ingin menginap, di sekitar danau terdapat beberapa penginapan yang bisa Anda sewa. Selain itu, objek wisata ini juga dilengkapi dengan beberapa fasilitas penunjang lainnya, seperti tempat karaoke, mushala, dan WC umum. 

Semoga informasi ini berguna untuk anda yang sedang mencari referensi mengenai tempat wisata Danau Tahai.

 

What to Do

 

Kata Tahai sendiri berasal dari bahasa Dayak yang berarti danau. Berdasarkan cerita yang berkembang di masyarakat sekitar ada 2 versi mengenai asal-muasalnya danau ini. Versi pertama menyatakan bahwa Danau Tahai ini terbentuk karena akumulasi genangan air di lokasi penambangan pasir. Sedangkan versi kedua adalah karena adanya perubahan aliran Sungai Kahayan, sehingga mengakibatkan genangan air yang tidak mengikuti aliran sungai tersebut. Namun, dari kedua versi tersebut sampai saat ini belum ada data resmi mengenai terbentuknya Danau Tahai ini.

Memang di daerah Kalimantan banyak sekali terdapat danau. Namun kebanyakan masyarakat lebih memilih Danau Tahai sebagai salah satu tujuan utama wisatanya. Hal ini dikarenakan di danau ini memiliki beberapa keunikan dan keindahan tersendiri dari pada danau-danau lainnya di daerah Kalimantan.


Keunikan dari Danau Tahai yang ada di kalimantan, selain panorama alam sekitar yang memukau, danau ini juga memiliki warna air yang berbeda pada danau pada umum nya, yaitu air danaunya yang berwarna merah di tambah banyak nya rumah terapung atau di sebut juga dengan (lanting), membuat suasana di sekitar danau ini terasa sangat asri dan damai saat anda berada di area danau ini.

Di sini anda juga dapat mengelilingi danau ini tanpa harus takut kebasahan, dengan menggunakan jembatan kayu atau di sebut juga dengan (titian), titian ini terhubung sampai ke kawasan hutan di sekitar danau sehingga anda juga dapat menikmati sekaligus keindahan hutan nya yang masih alami, di temani merdu nya kicauan burung serta udara yang sejuk.

Rasa penat selama perjalanan pun akan terbayar lunas karena pemandangan yang ada di Danau Tahai dan apabila anda beruntung, anda akan bertemu dengan hewan Khas Kalimantan yang sekarang populasi nya hampir punah, yaitu kera uwak-uwak(warik).

 


 

Bagi anda yang hanya ingin bersantai-santai sambil memandangi keindahan alam sekitar. di tempat ini juga di sediakan gazebo di sepanjang jembatan kayu, jadi bagi anda yang ingin bersantai-santai bisa di gazebo fasilitas gazebo ini gratis khusus untuk pengunjun yang sedang berkunjung di Danau Tahai, fasilitas di danau ini terbilang cukup lengkap. selain ada penginapan, musholla, ada juga rumah makan, tempat karaoke dan tempat menyewakan perahu dayung serta perahu angsa untuk pengunjung yang ingin mengelilingi danau tahai dan menikmati pemandangan Danau Tahai yang sangat indah dan cantik ini.

Jika anda yang ingin paket liburan lengkap datang lah ke sini pada hari minggu atau hari libur, karena hanya pada hari-hari libur saja penangkaran orang utan “Nyaru Menteng”  di buka. Nyaru Menteng adalah sebuah kawasan hutan yang di dalamnya terdapat banyak spicies flora dan fauna, yang menjadi objek wisata menarik di kota tersebut ,Di lokasi ini banyak terdapat koleksi kehutanan dengan berbagai jenis seperti tanaman geronggang, meranti, cemara, dan tampan ,terdapat juga proyek reintroduksi sekitar 200 ekor orang utan.

Sebagai  objek wisata alam yang juga sebagai wilayah konservasi dan penelitian tanaman langka, yang berlokasi di Kelurahan Tumbang Tahay Kecamatan Bukit Batu Palangka Raya (Km 28 dari Palangkaraya menuju Kabupaten Katingan). Yang berjarak 1 km dari danau tahai ini di buka untuk umum.

 

 

Tempat ini cocok bukan bagi anda yang hobby stroll dan bagi anda yang menyukai wisata alam? Kalo menurut saya si disini tempat yang cocok bagi anda yang menyukai wisata alam karena di sini benar-benar masih asri suasana alamnya, Pepohonanya yang rindang,air danau yang bersih, suasananya sejuk, dan binatang-binatang di hutan sini di lepas yang membuat nuansanya seperti Berlibur di hutan sungguhan dan membuat kita lebih dekat dan beriteraksi pada alam sekitar :D. Menurut kalian gimana?

 

 

 

 

 

 

Tips and Trick

Danau atau waduk merupakan salah satu tempat yang paling mengasyikan untuk aktifitas memancing. Selain dipenuhi dengan berbagai macam ikan air tawar, air permukaan waduk atau danau juga relatif lebih tenang, sehingga tidak membuat umpan menjadi cepat habis terkikis oleh arus air.

Berikut beberapa tips memancing di danau yang sebaiknya perlu diketahui agar peluang keberhasilannya semakin meningkat yaitu:

  • Peralatan Memancing
    Peralatan Memancing yang sebaiknya disediakan saat memancing di danau adalah joran yang tidak terlalu kaku, ukuran senar pancing yang tidak terlalu tebal namun kuat dan lentur, sedangkan mata kail yang dipergunakan cukup standar saja yaitu yang ukurannya berkisar antara 1 hingga 2.5 cm saja. Sedangkan untuk pemberat atau timah, cukup digunakan yang tidak terlalu berat atau dalam kisaran 2-4 gram saja.
  • Umpan
    Sesuaikan jenis umpan dengan ikan yang banyak terdapat pada waduk tersebut. Penggunaan umpan yang tepat akan memperbesar peluang keberhasilan usaha memancing. Sebagian besar jenis ikan yang terdapat pada waduk atau danau adalah ikan nila, tawes, gurami, ikan mas serta tombro. Umpan lumut sawah halus, cacing posphor serta pelet lele yang dicampur terasi adalah umpan kegemaran ikan nila, sedangkan umpan kukusan jagung muda dan daun kangkung digemari ikan tawes. Umpan ulat daun pisang umumnya digemari ikan gurami.
  • Teknik Memancing
    Salah satu tips memancing di danau yang perlu diperhatikan adalah penggunaan teknik memancing. Untuk teknik pemancingan, bisa dilakukan dengan teknik lempar jauh. Teknik ini dilakukan dengan cara melempar kail beserta umpan sejauh-jauhnya hingga mencapai peretengahan waduk atau kolam. Menurut beberapa pemancing profesional, dikatakan bahwa posisi ikan dengan ukuran besar biasanya terletak pada pertengahan danau. Oleh karenanya, perhatikan juga ukuran timah pemberat dan pelampung.
  • Penuntun Umpan
    Karena keadaan permukaan air danau atau waduk yang cenderung tenang, tidak ada salahnya menggunakan penuntun umpan atau barel swivel agar mata kail tidak terlalu tenang dan seolah olah bergerak. Dengan mata kail yang selalu bergerak, akan menyebabkan umpan juga ikut bergerak seperti halnya mangsa hidup.

Demikianlah beberapa kiat dan tips memancing di danau yang sebaiknya perlu diketahui agar peluang keberhasilan memancing ikan semakin meningkat. Walaupun memancing ikan di waduk atau danau terasa mengasyikkan, tidak ada salahnya juga untuk membawa bekal makan atau minum agar tidak mudah terasa lelah. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

 

Disini saya ada video mengenai “Danau tahai” yang membuat anda takjub karna keindahannya danau nya yang harus anda coba dan anda kunjungi, Anda penasaran???

Check this out -> 

*Picture that I use in Review is not mine , i take it from google , thank you.

Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY