Jembatan Suramadu yang Eksotis

jembatan suramadu

dino | Sightseeing
Surabaya, Jawa Timur, Indonesia | Attraction
09 Oct 2016


Jembatan Suramadu yang Eksotis
Saat ke Kota Surabaya jangan lupakan untuk melewati keindahan "Jembatan Suramadu"yang eksotis ini. jembatan yang mempesona ini akan membuat anda kagum akan keindahannya. di jamin deh setelah melihat keindahannya akan rindu dengan jembatan ini.

How to Get There

Jembatan Suramadu adalah jembatan yang melintasi Selat Madura dan menghubungkan Pulau Jawa atau lebih tepatnya jembatan yang membatasi kota Surabaya dan Pulau Madura di Bangkalan, tepatnya di timur Kamal, Indonesia. Dengan panjang 5.438 m, jembatan ini merupakan jembatan terpanjang di Indonesia pada saat ini. Jembatan Suramadu terdiri dari tiga bagian yaitu jalan laying, jembatan penghubung, dan jembatan utama. Jembatan Suramadu ini terletak di Jalan Tol Suramadu, Tambak Wedi, Kenjeran, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Akses MenujuJembatan Suramadu

Untuk akses ke Jembatan Suramadu ini sangat mudah, mobil, motor dan kendaraan lainya sangat mudah untuk menuju ke lokasi ini, dari kota surabaya jika anda menggunakan mobil sekitar 13,6 km bisa di tempuh sekitar 26 menit berkendaraan.

Semoga informasi ini berguna untuk anda yang sedang mencari referensi mengenai tempat wisata Jembatan Suramadu.

What to Do

Jembatan Suramadu ini diresmikan awal pembangunannya oleh Presiden Megawati Soekarnoputri pada 20 Agustus 2003 dan diresmikan pembukaannya oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 10 Juni 2009. Tujuan pembangunan jembatan ini untuk mempercepat pembangunan di Pulau Madura, meliputi bidang infrastruktur dan ekonomi di Madura, yang relatif tertinggal dibandingkan kawasan lain di Provinsi Jawa Timur. Pembangunan Jembatan Suramadu ini di perkiraan biayanya sekitar 4,5 triliun rupiah. Pembuatan jembatan ini dilakukan dari tiga sisi, baik sisi Bangkalan maupun sisi Surabaya.

Jembatan Suramadu ini merupakan gabungan dari tiga jenis jembatan dengan panjang keseluruhan sepanjang 5.438 meter dengan lebar kurang lebih 30 meter. Jembatan ini menyediakan empat lajur dua arah selebar 3,5 meter dengan dua lajur darurat selebar 2,75 meter. Jembatan ini juga menyediakan lajur khusus bagi pengendara sepeda motor disetiap sisi luar jembatan.

Di Jembatan Suramadu ada, Jalan layang atau Causeway dibangun dengan tujuan menghubungkan konstruksi jembatan dengan jalan darat melalui perairan dangkal di kedua sisi. Jalan layang ini terdiri dari 36 bentang sepanjang 1.458 meter pada sisi Surabaya dan 45 bentang sepanjang 1.818 meter pada sisi Madura. Jalan layang ini menggunakan konstruksi penyangga PCI dengan panjang 40 meter tiap bentang yang disangga pondasi pipa baja berdiameter 60 cm dan Jembatan penghubung atau approach bridge adalah jembatan utama dengan jalan layang. Jembatan ini terdiri dari dua bagian dengan panjang masing-masing 672 meter, Jembatan ini menggunakan konstruksi penyangga beton kotak sepanjang 80 meter tiap bentang dengan 7 bentang tiap sisi yang ditopang pondasi penopang berdiameter 180 cm.

 

Nahh untuk Jembatan utama atau main bridge terdiri dari tiga bagian yaitu dua bentang samping sepanjang 192 meter dan satu bentang utama sepanjang 434 meter. Jembatan utama ini menggunakan konstruksi cable stayed yang ditopang oleh menara kembar setinggi 140 meter. Lantai jembatan ini menggunakan konstruksi komposit setebal 2,4 meter fungsinya ialah untuk mengakomodasi pelayaran kapal laut yang melintasi Selat Madura, Jembatan Suramadu ini memberikan ruang bebas setinggi 35 meter dari permukaan air. Pada bagian inilah yang menyebapkan pembangunannya menjadi sulit dan terhambat, dan juga menyebapkan biaya pembangunannya mencapai 4,5 triliun rupiah.

Dengan adanya pembangunan jembatan ini, pemerintah berharap dapat meningkatkan pendapatan di wilayah Surabaya ke wilayah Madura.

 

Sungguh Jembatan Suramadu ini sangatlah indah terutama saat dilihat pada waktu malam hari, Nahh bagi anda yang ingin mendapat foto yang menakjubkan saran saya ambillah gambar di waktu subuh atau senja terlebih pada saat matahari terbenam ini akan terasa indah sekali dan membuat hasil jepretan anda menakjubkan. Saat saya melintasi Jembatan Suramadu ini mengingatkan saya pada suasana saat malam hari di Golden Gate Bridge tepatnya di San Fransisco yang susah untuk saya lupakan karena keindahannya dan suasanya nya yang membuat saya kagum.

 

  

Nahh bagi anda yang ingin melihat keindahanJembatan Suramadu ini sebaiknya pada malam hari karena dari jembatan itu anda akan melihat kerlap-kerlip lampu kota Surabaya yang sangat eksotis dan indah, untuk saat ini sihh sayangnya untuk yang melewati Jembatan ini di larang untuk berhenti jadi untuk anda yang Ke Jembatan Suramadu ini ikutilah peraturan yang ada yahh agar tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan, jadi untuk anda yang ke Jembatan Suramadu, saran saya tetap saja di Mobil tetapi buka lah kaca mobil anda agar bisa melihat keindahan Jembatan Suramadu yang di tambah dengan kerlap-kerlip lampu Di kota Surabaya dan jika ingin berfoto di Jembatan ini gunakan lah Tongsis yang bisa anda gunakan di dalam mobil untuk menjepret keindahan Jembatan Suramadu.

Tips and Trick
  1. Jembatan ini bisa dilalui mobil dan sepeda motor, Angin di sini cukup kencang, jadi kalau berkendara dengan sepeda motor lebih hati hati yah agar tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan.
  2. Jembatan ini juga membolehkan sepeda motor untuk melintas terutama bila angin bersahabat. Jangan lupa jaket dan penutup kepala karena angin di sini kencang terutama di tengah jembatan. Sayangnya, untuk menikmati Madura minimal mesti sampai Bangkalan. Di sekitar jembatan hanya tersedia warung-warung suvenir dan minuman alakadarnya. Ruang untuk menikmati kelap kelip lampu jembatan pun terhambat karena tidak ada nya tempat untuk anda menikmati kerlap-kerlip lampu di jembatan Suramadu.
  3. Bawalah kamera, tongsis, helm dan jaket jika bermotor, dan saat di perjalanan menuju Suramadu usahakan badan anda fit agar tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan.
  4. Usahakan kondisi mobil atau pun motor anda dalam keadaan stabil dan bisa di gunakan karena di jembatan Suramadu tidak tersedia bengkel, tambal ban, maupun penjual bensin jadi usahakan anda benar-benar menyiapkan kendaraan anda saat bepergian.
  5. Bawalah uang secukupnya untuk bayar tiket masuk tol.
  6. Disini saya ada video mengenai “Jembatan Suramadu” yang membuat anda takjub karna suasana alam dan keindahannya yang harus anda coba dan anda ketahui.

    Anda penasaran???

    Klik disini -> 

                          

    *Picture that I use in Review is not mine , i take it from google , thank you.

Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY