Menikmati Bangunan Sejarah di Museum Keraton Hadiningrat

museum keraton hadiningrat

lizbeth | Sightseeing
Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia | Historical Places
16 Jun 2018


Menikmati Bangunan Sejarah di Museum Keraton Hadiningrat
Bagunan bersejarah di Museum Keraton Hadiningrat...

How to Get There

Lagi ada di Surakarta? Sayang banget nih kalo momen disini gak sekalian digunakan liburan. Karena udah lama nggak liburan akhirnya iseng aja nih pengen mengunjungi museum di Surakarta yang memiliki bangunan keren itulo. 

Kalian udah pasti tau ya, namanya Museum Surakarta Hadiningrat. Yap, museum keren yang satu ini emang kerap mendapat sorotan dari traveler baik dalam maupun luar negeri. Perjalanan yang kami tempuh kali ini membutuhkan waktu sekitar 1 jam perjalanan. Jalan menuju Keraton Surakarta Hadiningrat ini juga lenggang alias gak macet samasekali jadi kalian nggak perlu khawatir ya. 

Kalo kalian pengen nikmatin suasana yang paling enjoy sih kalian bisa dateng di pagi hari ya. Di perjalanan, kami menyempatkan diri buat sarapan biar nanti ada tenaga buat keliling-keliling di museum haha. Kalian juga, kalo liburan jangan lupa makan yaa biar gak sakit ahaha. 

museum keraton hadiningrat

What to Do

Keraton Surakarta Hadiningrat ini juga sering dikenal dengan sebutan Keraton Solo. Emang rasanya kurang pas kalo jalan-jalan ke Solo tapi gak mengunjungi museum yang satu ini. Lokasi Museum Surakarta Hadiningrat ini berada di pusat kota Solo. Tentu saja bangunan ini merupakan bangunan bersejarah yang ada Solo khususnya. 

Yang suka berwisata sejarah kayak saya dan temen-temen, kalian bisa mengunjungi Museum Surakara Hadiningrat ini guys. Untuk biaya masuk menuju ke museum ini tidak dikenakan biaya sepeserpun alias GRATIS. Gimana? Makin tertarik mengunjungi banunan bersejarah yang satu ini ya? Hihi

museum keraton hadiningrat

museum keraton hadiningrat

Museum Surakarta Hadiningrat ini mempunyai wilayah yang cukup luas, nah kalian pasti puas tuh muter-muter di kawasan museum ini. Selain itu, suasana dan udaranya juga mendukung banget, banyak pepohonan yang tentunya bikin suasana makin rindang dan asri, sedep! 

Ada beberapa gedung atau ruangan dari Museum Surakarta Hadiningrat yang sengaja dibuka untuk umum, untuk dimasuki dan dinikmati keindahannya tentu saja. 

Jangan lupa bawa camera yang keren ya, abadikan momenmu bersama benda bersejarah yang ada disini hehehe, abadikan momen bersama keluarga maksudnya:D

museum keraton hadiningrat

museum keraton hadiningrat

museum keraton hadiningrat

Kalo dibandingkan dengan Keraton Jogja dan Keraton Kasepuhan Cirebon, Keraton Surkarta Hadiningrat ini memiliki kawasan yang lebih luas dan lebih banyak area yang boleh dimasuki oleh pengunjung. Jadi pegunjung tentu akan jauh lebih puas menikmati keindahan dan arsitektur bangunannya. 

Kalo kalian ada disini nih, kalian bakal sesekali ngerasa kalo lagi nggak di Indonesia, entah kenapa ya, bangunannya terlalu indah sih. Hampir mirip aja sama istana topkapi yang ada di Istanbul, Turki. Mungkin karena bentuk arsitekturnya dan halamannya yang hamper mirip. Yang hobi jeprat-jepret, asli deh jangan lewatkan objek-objek indah disini cuy.

museum keraton hadiningrat

museum keraton hadiningrat

museum keraton hadiningrat

Di dalam museum ini, ada banyak sekali benda bersejarah yang bisa dinikmati keindahannya maupun dipelajari sejarahnya. Bagi kalian yang suka banget sama sejarah, kalian bisa catete beberapa hal penting yang kalian temuin disini ya, biar gak lupa!

Beberapa benda yang diabadikan disini diantaranya pusaka-pusaka kerajaan, dan beberapa benda cinderamata dari negara lain. 

museum keraton hadiningrat

museum keraton hadiningrat

Jangan lelah buat keliling-keliling museum ini ya, karena semuanya recomened dan wajib banget didatengin. Ajakin keluarga maen ke museum keren yang satu ini yuk!

Tips and Trick

1. Gunakan sepatu, karena kalo pake sandal pengunjung tidak diizinkan memasuki area museum

2. Dateng pagi hari kalo pengen suasananya segar dan masih sepi

3. Bawa camera buat abadikan momen kalian disini ya

4. Jangan sengaja merusak benda atau fasilitas yang ada, bantu lestaikan ya friends!

Youtube by Dodik Setyawan

Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
No data.
SUGGESTED CULINARY
No data.