384 views | 2 Likes

Pantai Iboih ~ Keindahan Alam Di Pulau Terbarat INDONESIA

4 star (from 2 people)
Sabang, Nanggroe Aceh Darussalam, Indonesia
Category: Beach Exploring

Posted on 07 June 2018, 23:35:04
windiarinda
Sightseeing

IBOIH adalah salah satu pantai yang ada di Sabang, Pulau Weh, Pulau terbarat Negara Indonesia. Airnya yang biru dan jernih menyejukkan mata yang memandang. Selain berenang dan bersantai, di Pantai ini juga disediakan spot snorkling beserta perlengkapan sn

How to Get There

 

(Maafkeun fotonya blur, cuma satu kali jepret dan posisi di dalem mobil yang lagi jalan)

 

Pantai Iboih terletak di Pulau Weh, Sabang, Indonesia. Cara untuk mencapai kesini bisa lewat darat dan laut, juga bisa lewat udara. Karena Pulau Weh sudah memiliki Bandara. Saya dan keluarga datang ke Pantai ini sudah lama, sewaktu lebaran tahun 2014. Dan itu moment lebaran. Juga pada waktu itu, Sabang masih baru baru terkenal dan ramai dikunjungi wisatawan. Saya dan Keluarga yang tinggal di Medan, mengendarai mobil pribadi menuju Banda Aceh sekitar lebih kurang 14 jam dengan perjalanan malam dan santai. Lanjut dari Banda Aceh, kami harus menyebrang dari pelabuhan Ulee Lhee, Banda Aceh ke Pelabuhan Balohan, Pulau Weh dengan menggunakan kapal ferry. Awalnya Kami berencana membawa serta mobil kami, tapi karena waktu itu moment lebaran dan terjadi kepadatan kendaratan di kapal akhirnya mobil kami terpaksa menginap di pelabuhan. Well, setelah sampai di pelabuhan Balohan kami menggunakan angkutan umum yanga da di pelabuhan untuk mengantar ke penginapan memakan waktu sekitar 1 jam. Bermalam di penginapan dan menikmati pulau sabang di malam hari. Keesokan harinya baru kami bergerak ke Pantai Iboih, Menggunakan mobil rental di Pulau Weh. 

Dari Penginapan Saya dekat Benteng Jepang , memakan waktu sekitar 2 jam ke Pantai Iboih. Memasuki Pantai Iboih kalian akan disambut dengan gapura dan seperti foto diatas.

 

 

Berhubung Sampai di Pantai Iboih masih pagi sekitar pukul 10 , kami pun makan lontong di salah satu warung makan yang ada di Pantai ini. Dan rasanya tuh top markotop, lontong terenak setelah buatan Mama. Foto diatas adalah Penampakan Warung Lontong yang Aku maksud. Kalau kalian ke Sabang, dan Ke Pantai Iboih, mampir dimari recommended.

 

Jadwal Keberangkatan Kapal Ferry (biasa disebut Kapal Lambat) dan Kapal Motor Express ( apal Cepat) untuk Menyebrang ke Pulau Weh

Hari

Rute : Ulee Lhee (Banda Aceh) - Balohan (Sabang)

 

Rute :  Balohan (Sabang) - Ulee Lhee (Banda Aceh)

Kapal Cepat

Kapal Lambat

Kapal Cepat

Kapal Lambat

Senin s/d Kamis

09:30 & 16:00

08:00 & 14:00

08:00 & 14:30

08:00 & 14:00

Jumat

09:30 & 16:00

07:30 ; 10:00 & 16:00

08:00 & 14:30

07:30 ; 10:00 & 15:00

Sabtu & Minggu

09:30 & 16:00

08:00 ; 11:00 & 16:00

08:00 & 14:30

08:00 ; 11:00 & 15:00

Sumber : pantaikasih.com

 

Harga Tiket Penyebrangan Dari Pelabuhan Ulee Lhee, Banda Aceh ke Pelabuhan Baohan, Pulau Weh

Jenis Tiket

Kapal Lambat

Kapal Cepat

Ekonomi Dewasa

            30.000

 

Ekonomi Anak-anak

            20.000

 

Bisnis Dewasa

            50.000

 

Bisnis Anak-anak

            40.000

 

Eksekutif Dewasa

            60.000

            80.000

Eksekutif Anak-anak

            50.000

 

VIP

 

            105.000

Sepeda

            12.000

 

Sepeda Motor > 500 cc

            33.000

 

Sepeda Motor < 500 cc & Roda Tiga

            106.000

 

Mobil (sedan, jeep, pickup, minibus dan sejenisnya dengan panjang max. 5 meter)

           210.000

 

Sumber : pantaikasih.com

Harga Tiket Masuk Pantai : Rp 2.000 / orang

 

 

 

What to Do

Dermaga untuk yang ingin menaiki kapal penyebrangan ke Pulau Rubiah

 

Pantai Iboih atau yang biasa disebut dengan Teupin Layeu, adalah Pantai paling ramai di Pulau Weh, dari segi pengunjung, penginapan, maupun dari segi kafe atau temmpat makan. Sebenarnya Pantai Iboih merupakan pelabuhan untuk menuju Pulau Rubiah. Walaupun merupakan Pelabuhan, Pantai ini juga menawarkan sejuta pesona keindahan yang dapat kita nikmati. Dengan air yang biru, jernih dan dangkal, disertai pasir putih , dan deretan pepohonan hijau , membuat tempat ini sangat tenang dan nyaman. Pantai ini memiliki frekuensi deburan ombak yang sedikit, yang membuat pantai ini sangat tenang dan nyaman. 

Di Pantai Iboih terdapat Dive Center yang paling besar di Pulau Weh, yaitu Rubiah Tirta Dive. Di musim liburan, Dive Center ini pasti penuh dengan penyelam baik dalam maupun luar negri.

 

 

 

 

 

Santai Kayak di Pantai adalah bukan hanya kalimat, Kalian bisa wujudkan di Pantai Iboih. Duduk duduk di pepohonan atau pun di atas batu di pinggiran pantai bisa kalian lakukan dengan sangat nyaman di Pantai, Sambil menikmati pemandangan biru air sejauh mata memandang, dan hijau pepohonan sangat menyegarkan hati dan pikiran. 

 

 

 

 

Hal yang paling sering dilakukan di Pantai ini adalah snorkling. Kalian bisa menikmati keindahan biota laut seperti ikan dan terumbu karang di Pantai Iboih. Tersedia penyewaan alat snorkling di Pantai ini dengan cukup membayar Rp 45.000/orang. 

 

Tak hanya itu, Kalian bisa jalan jalan di pinggiran pantai dan di ujung Pantai ada Dermaga Kapal untuk Ke Pulau Rubiah. Dari atas Dermaga kalian bisa lihat pemandangan seperti gambar di bawah ini :

 

 

 

 

Pantai Iboih memang merupakan pantai paling nyaman yang saya kunjungi di Pulau Weh, yang menyuguhkan pemandangan biru pantai nan jernih.

Tips and Trick

* Jangan dateng pas lebaran, karena kalian akan susah banget ngurus ini itu. Liburan yang harusnya santai malah jadi repot kalau kalian ke Pulau Weh pas lebaran. Selain memang Pulau Sabang, Pantai Iboih dan semua destinasi wisata di Pulau ini sangat diminati wisatawan, yang membuat Pulau Weh ini ramai dikunjungi pas lebaran karena banyak penduduk Pulau yang memang pulang kampung. Jadi kepadatan akan terjadi kalau kalian liburan ke Pulau ini pas lebaran idul fitri.

* Bawa kendaraan pribadi atau sewa kendaraan selama di Pulau Weh, karena tidak ada angkutan umum untuk menuju ke Pantai ini. Jika hendak menyewa kendaraan dengan penduduk lokal, usahakan tawar harga, karena banyak warga lokal yang sengaja menaikkan tarif apabila kita diam saja menerima harga yang diajukan. Usahakan negosiasi yang baik.

* Bawa sunblock atau tabir surya saat berwisata ke Pantai Iboih dan destinasi wisata lainnya di Pulau Weh.

* Hati-hati saat berenang di Pantai Iboih atau saat melakukan Snorkling karena terdapat ubur - ubur yang bisa menyengat jika kita tidak hati-hati.

 

 

 

 

Where to Stay

Kalian bisa menginap dimana saja di Pulau Weh, tersedia banyak sekali Hotel berbintang di Pulau Weh. Bisa juga menginap di Pantai Iboih karena di ujung Pantai terdapat banyak sekali penginapan khas pinggiran pantai dengan rumah rumah kayu yang alami banget denggan tarif sewa mulai dari Rp 70.000/malam sampai Rp 450.000/malam.

Gallery (12)

Comments (3)