rory | Traveler
Tulungagung, Jawa Timur, Indonesia | Beach Exploring
07 Jun 2018


Mbolang ke Pantai Molang
Pantai Molang ini menyuguhkan hamparan pasir...

How to Get There

karena udah lama ngga mbolang lagi, jadi aku bakal certain pengalaman aku pas mbolang ke salah satu pantai eksotis di Kabupaten Tulungagung. Yap, Pantai ini bernama Pantai Molang dan berada di Desa Pucanglaban, Kecamatan Pucanglaban, Kabupaten Tulungagung. Pantai ini berjarak sekitar 38 km dari pusat Kota Tulungagung dan 25 kilometer dari Kademangan, Blitar.

Pantai ini bisa diakses dari 2 kota. Kalo kalian berangkat dari Tulungagung, kalian bisa menuju ke Pasar Ngunut lalu ke arah selatan menuju Pasar Panjarejo. Dari pasar ini kalian lurus terus ke selatan sebelum Desa Ngubalan. Lalu, ke arah Pasar Puser dan lurus ke selatan menuju Pucanglaban. Kalo kalian berangkat dari Blitar, kalian bisa menuju arah kademangan lalu terus ke selatan menuju desa Suruhwadang. Lalu belok kanan menuju desa Maron hingga tiba di pertigaan puskesmas pembantu Maron, lalu belok kanan. Lurus hingga pertigaan candi Panggungduwet lalu ke kanan hingga tiba di pasar Puser lalu belok kiri ke Pucanglaban.

Arah ke Pantai Molang ini sama dengan arah ke Pantai Kedung Tumpang. Dari Pucanglaban, petunjuk arah ke Pantai Molang sudah jelas. Jalanan menuju pantai ini pun sudah diaspal dan bagus, meskipun ada beberapa titik yang rusak. Kalian bisa pergi dengan kendaraan roda 2 atau roda 4. Oh ya, setelah kalian melewati tambak udang, jalur ke Pantai Molang akan susah. Jadi harus berhati-hati ya.

What to Do

Suasana pantai ini tidak terlalu ramai, jadi cocok banget buat kalian yang pengen santai di tempat sepi untuk sejenak mengasingkan diri dari hiruk pikuk suasana kota. Pantai Molang ini menyuguhkan hamparan pasir putih yang bersih, lautan biru dengan deburan ombak khas pantai selatan juga tersaji di depan mata. Ditambah, dataran batu karang yang bergurat indah.

Pantai ini memiliki dua bagian yang dipisahkan oleh muara sungai. Di seberang sungai ada dataran karang luas yang sangat menawan, jangan lupa buat nyebrang sungai dengan lewati jembatan alami untuk berkunjung ke dataran karang. Dari sini, kalian bisa lihat deburan ombak yang keras sambal bersantai diatas karang.

Ngga Cuma menikmati pesona dataran karang, menyusuri pasir pantai Pantai Molang yang lembut juga tak kalah seru. Beberapa karang besar tersebar di bagian kanan pantai dan merupakan spot terbaik untuk menikmati sunset. Ohya, buat kalian yang pengen camping dipantai ini juga bisa banget kok.

Pasir di pantai ini berwarna putih kecokelatan, air lautnya pun jernih. Namun, karena ini pantai selatan, maka ombaknya pun besar sekali. Ditambah, terdapat bebatuan karang dipinggir pantainya, untuk itu, tidak dianjurkan untuk berenang di pantai ini.

Video by Tulungagung Kota Cethe

Tips and Trick

So, buat kalian yang tertarik untuk mbolang ke pantai ini, berikut tips yang perlu diperhatikan:

  • Harga tiket masuk ke pantai ini hanya Rp 2000 saja.
  • Bawa kendaraan pribadi, kalo bisa sih motor aja karena disini tidak ada kendaraan umum dan agak susah dilalui dengan mobil.
  • Jangan ragu untuk bertanya kepada penduduk sekitar jika rutenya terasa membingungkan.
  • Pantai ini sangat panas, gunakan sunblock, topi dan kacamata hitam.
  • Tidak ada fasilitas kamar mandi disini.
  • Ombak disini sangat besar, tidak disarankan buat berenang.
  • Jika air laut sedang pasang, jangan pergi ke dataran karang.
  • Waktu terbaik untuk menikmati pantai ini adalah pagi dan sore.
  • Bawa kamera
  • Jangan buang sampah sembarangan.

Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY