Bukit Watu Jengger; Keindahan Alam yang Tersembunyi di Kabupaten Mojokerto

bukit watu jengger

yasintawrd | Sightseeing
Mojokerto, Jawa Timur, Indonesia | Hiking & Trekking
03 Jun 2018


Bukit Watu Jengger; Keindahan Alam yang Tersembunyi di Kabupaten Mojokerto
Sebagai seorang yang setiap hari disibukkan dengan hiruk-pikuk Kota Metropolitan tentunya kita pasti merasa bosan dan sangat mudah terkena stress. Pastinya, penting banget dong buat lari dari sejenak dari rutinitas sehari-hari untuk menenangkan dan menyeg

How to Get There

bukit watu jenggerBukit Watu Jengger sendiri terletak di Desa Nawangan, Kecamatan Jatirejo Kabupaten Mojokerto, yang bisa ditempuh sekitar 1,5 jam dari Surabaya. Agar lebih memudahkan teman-teman untuk menuju lokasi, saya sarankan menggunakan kendaraan pribadi ya, lebih tepatnya naik motor. Kenapa? Karena akses jalan menuju lokasi desa Nawangan masih belum mulus dan lumayan sempit. Jadi, akan lebih mudah untuk teman-teman jika menggunakan motor untuk menuju kesana.

Keberadaan Google Maps sangat membantu sekali untuk teman-teman bisa menemukan lokasi Bukit Watu Jengger ini. Ngga usah khawatir nyasar ya teman-teman, kalau kalian kebingungan dengan Maps kalian bisa kok tanya-tanya ke warga sekitar, karena memang jalanan menuju ke Bukit Watu Jengger sendiri melewati perkampungan penduduk.

bukit watu jengger

Well, Bukit Watu Jengger sendiri sebenernya bukan hanya sekedar 'bukit' ya teman-teman. Bukit ini memiliki ketinggian kurang lebih sekitar 1000 mdpl. Selain memiliki pemandangan yang ciamik untuk foto-foto, disini juga worth it banget kok buat camping. Biasanya, banyak pendaki yang mendirikan tenda dan berkemah di Bukit Watu Jengger ini.

What to Do

Untuk bisa sampai di puncak bukit, dibutuhkan waktu sekitar 1 - 1,5 jam untuk menuju puncak. Untuk temen-temen yang udah biasa naik gunung mungkin bisa lebih cepet ya, tapi untuk temen-temen yang belum terbiasa naik gunung tenang aja treknya ngga terlalu susah kok untuk pemula.

bukit watu jengger

Karena naik itu membutuhkan tenaga, sebaiknya temen-temen mengisi perut terlebih dahulu ya. Dan jangan lupa siapkan bekal yang cukup untuk perjalanan naik-turun bukit. Yang paling penting jangan sampai kehabisan air minum ya, jangan sampai teman-teman mennjadi dehidrasi. Akan lebih baik juga kalau teman-teman bawa bekal nasi yang bisa dimakan pada saat mencapai puncak dan istirahat, jadi ada asupan energi  buat teman-teman ketika nantinya turun bukit.

bukit watu jengger

Oke, setelah puas foto-foto, istirahat dan menikmati angin semilir serta indahnya pemandangan teman-teman bisa langsung turun. Untuk turun, waktu yang dibutuhkan lebih cepat.

Untuk teman-teman muslim, jangan khawatir ya masalah tempat ibadah. Karena jalur awal pendakian dimulai di perkampungan penduduk, ada mushollah bersih dan nyaman yang bisa dipakai teman-teman untuk beribadah. Pun masalah kamar mandi, juga sudah tersedia kok. Bahkan di di jalur awal pendakian juga ada warung-warung kecil yang menjajakan makanan dan minuman.

Sayangnya saya tidak bisa upload banyak gambar disini dikarenakan waktu itu kartu memori di kamera tiba-tiba rusak :(

Oh iya, untuk ongkos liburan disini murce kok guys alias murah cekalee! Kalian cukup membayar sebesar Rp. 5.000,- untuk parkir motor dan Rp. 5.000,-/orang untuk tiket masuk ke Bukit Watu Jengger.

Tips and Trick

Bukit Watu Jengger sendiri lokasinya cukup terpencil, dan jalanan yang harus dilewati ketika mulai masuk desa Nawangan sendiri cukup kurang bagus. Jadi, sebelum berangkat teman-teman diharapkan memeriksa dengan baik kondisi kendaraan (motor) teman-teman. Pastikan rem aman, ban tidak kekurangan angin, dll.

Selain itu, kondisi fisik teman-teman juga perlu diperhatikan. Kalau sudah merasa kurang fit atau kurang enak badan, jangan terlalu memaksakan diri ya teman-teman. Walaupun trek menuju puncak tidak begitu berat, akan lebih baik jika teman-teman lebih memperhatikan kesehatan masing-masing.

Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY