Mengetahui Hal Bersejarah di Museum Ronggowarsito

museum ronggowarsito

mummyz | Sightseeing
Semarang, Jawa Tengah, Indonesia | Culture & Art
15 May 2018


Mengetahui Hal Bersejarah di Museum Ronggowarsito
Jalan-jalan ke kampung halamanku yuk.. Sambil menikmati berbagai budaya dan sejarah yang ada, salah satunya mengunjungi museum terknal yakni Museum Ronggowarsito ini..

How to Get There

Museum Ronggowarsito. Yash, museum hits ini berlokasi di Jalan Abdulrahman Saleh No.1 Semarang, Jawa Tengah. Lokasinya cukup mudah dicari karena bisa dibilang cukup dekat sama Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang, tepatnya ada di sekitar Bundaran Kalibanteng. Dari pusat kota Semarang juga bisa dibilang dekat lho, hanya berjarak kurang lebih 4 kilometer saja. Cukup dekat dan mudah dicari bukan? Kalau masih bingung, kalian bisa memanfaatkan fiture google maps untuk menemukan lokasi Museum Ronggowarsito ini. Jangan khawatir nyasar ya guys haha. 

Jika kalian menggunakan kendaraan umum, dari bandara atau terminal kalian bisa melanjutkan perjalanan menggunakan jasa ojek online maupun kendaraan umum lainnya yang ada disini. Tapi saran saya sih menggunakan ojek online, baik sepeda motor maupun mobil, karena selain harganya yang bersahabat, aksesnya yang mudah dan flexilble juga bikin saya suka sama jasa kendaraan yang satu ini. Makin memudahkan sih emang dengan adanya ojek online di jaman sekarang. 

What to Do

Museum Ronggowarsito Semarang ini buka tiap hari dan siap kalian kunjungi bareng keluarga. Karena selain berwisata, tentunya kalian juga mengetahui tentang berbagai peninggalan sejarah.
Kalau soal jam buka, museum ini bisa dikunjungi mulai pukul 08.00 hingga 15.00 sore. Cukup puas juga kalau kalian mengunjungi museum ini di pagi atau siang hari. Kalian bisa berkeliling dan belajar sejarah dengan puas hingga sore hari. Pas banget nih bagi kalian yang suka berwisata sejarah, Museum Ronggowarsito siap menemani anda bersama keluarga. Jangan lupa catat di notes tentang info atau berbagai hal yang penting di museum ini ya. 

Setelah membeli tiket, kami langsung memasuki area Museum Ronggowarsito.

Ets.. meskipun berwisata sejarah, kalian tak perlu mengeluarkan biaya yang mahal lho. Untuk wisatawan lokal, tiket masuk untuk dewasa dibandrol 4000,- dan untuk anak anak dibandrol 2000,-, Sedangkan untuk wisatawan asing, tiket masuk dibandrol dengan harga 10.000,- saja per orangnya. Bisa dibilang cukup terjangkau mengingat luasnya Museum Ronggowarsito ini. Sekali lagi, dijamin puas deh berkeliling menikmat wisata sejarahnya. 

Karena Museum Ronggowarsito memiliki luas hampir 2 hektar, museum ini dibagi menjadi 4 gedung yakni gedung A, B, C, dan D. Tak heran juga kalau museum yang luas ini terkenal memiliki banyak sekali peninggalan sejarah yang tentunya lengkap juga. Koleksi yang tersimpan rapi di Museum Ronggowarsito antara lain keramik, koleksi seni, arkeologi, geologi, dan masih banyak lagi peninggalan maupun cerita sejarah lainnya. Bagi kalian yang suka mempelajari sejarah, Museum Ronggowarsito adalah tujuan tepat jika kalian berkunjung ke Semarang. 

Semua barang yang tersimpan di Museum Ronggowarsito tentunya memiliki nama dan cerita masing-masing. Pengunjung tak perlu bingung karena di tiap barang yang ada di museum ini tentu memiliki penjelasan masing-masing. Asik! kalian bisa membacanya dan dapet ilmu pengetahuan baru deh guys..


Youtube : Museum Ranggawarsita

Museum Ronggowarsito menjadi salahsatu museum asik dan menyimpan banyak ilmu yang bisa kalian kunjungi bersama keluaga! Tentunya jangan lupa mampir ya kalau lagi ke Semarang Jawa Tengah. 



Pulangnya jangan lupa beli oleh-oleh khas Semarang yakni Tahu Bakso Bu Pudji ya. Kalo aku sih nggak pernah ketinggalan selalu bawain sodara ini guys. Kalian juga pasti suka kan sama olahan bakso yang satu ini? Jangan lupa bawa ini juga ya kalo balik dari Semarang, awas nyesel kalo gak nyobain hahaha. 

Tips and Trick
  1. Jangan mengotori area museum
  2. Bisa memakai notes hp atau buku catatan untuk mencatat hal yang penting
  3. Jika ingin berlama-lama belajar sejarah dan menikmati indahnya museum ini, lebih baik datang di pagi hari atau menjelang siang
  4. Bawalah alat dokumentasi untuk mendokumantasikan berbagai hal bersejarah disini 
Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY