Pahawang Island, Indahnya Bikin Mata Seger!

pahawang island

ranisubagio | Traveler
Pesawaran, Lampung, Indonesia | Snorkling
12 Apr 2018


Pahawang Island, Indahnya Bikin Mata Seger!
memanjakan mata dengan indah nya Pahawang Island!

How to Get There

Ke Pahawang Island yuk!

Pahawang Island berlokasi di daerah Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung. Oleh karena iu, bagi kalian yang dateng dari Jakarta, Surabaya, maupun pulau lainnya, kalian perlu menempuh perjalanan laut atau udara untuk akhirnya tiba di salahsatu pelabuhan yakni Pelabuhan Bakauheni.

Yap, tentunya bagi kalian yang ingin berkunjung ke Pulau ini dengan menggunakan kendaraan pribadi, kalian bisa menganut rute yang ada di google maps ya. Tapi, alangkah baiknya kalian mengajak orang yang udah berpengalaman sama jalan menuju kesini ya, biar ga nyasar hehe.  



Namun bagi kalian yang menaiki kendaraan umum, ada rute tersendiri nih biar lebih cepet hehe. Kalian perlu mengendarai bus jurusan Bandar Lampung dan transitlah di terminal Rajabasa. Kemudian, lanjutkan perjalanan dari Terminal Rajabasa menggunakan Bus Damri untuk menuju ke Piyabung dan pastikan kalian akan turun di Dermaga Ketapang. Dari Dermaga Ketapang, kalian tinggal nyebrang untuk tiba di Pahawang Island ini. Cukup mudah ditempuh bukan?

What to Do

Setelah melewati perjalanan yang panjang, akhirnya kamipun tiba di kawasan Pahawang Island yang indah ini. Udah nggak sabar banget pengen menghirup udara segar disini. Ceritanya udah kangen sama suasana pantai bagini nih. 

Pas liburan gini, pastikan kondisi tubuh kalian dalam keadaan fit ya. Oh iya, jangan lupa isi perut dulu sebelum jalan jalan gus, biar tenang dan nggak kelaparan tentunya wkwk. 

Ada banyak hal yang bisa travelers lakukan di Pahawang island ini dan yang paling seru tentunya snorkeling. Di kawasan Pahawang Island ini ada banyak banget spot snorkeling yang menarik dan masing masing punya keunikan yang berbeda-beda. Yang paling terkenal adalah Taman Nemo Lampung. Yap, namanya juga taman nemo tentunya kalian bisa menemukan banyak banget ikan nemo. Kebayang gak sih asiknya kayak gimana berenang bareng ikan-ikan lucu itu.

Jangan lupa, bawa camera yang flesibel buat underwater juga lumayan penting lo. Ketemu nemo aja udah seneng, apalagi kalo sampe kalian bisa mengabadikan momennya, pas banget tuh ya. 

Oh iya, kalo kalian mau cari spot snorkeling yang ada papan bertuliskan "Taman Wisata Pahawang", kalian bisa dateng ke spot snorkeling yang bernama Cukuh Bedil. Selain spot itu dan taman nemo, ada spot lagi yang tentunya asik buat snorkeling dan kece kalo difoto. Spot yang satu ini bernama Gosong Bekri, kalo spot yang ini merupakan bangunan candi buatan yang ada di bawah laut. Keren ngga sihhh.

Pahawang Island ini memang terkenal memiliki banyak spot kece dan pemandangan yang super indah. Kalian wajib snorkeling ya disini, karena pemandangan bawah lautnya juga tak kalah indah sama pemandangan yang kalian lihat di foto lho. Kece abis!

Yang paling menarik disini adalah, terumbu karang yang ada di bawah laut sangat dijaga sekali. Nelayan dan warga yang ada pun ikut merawat keanekaragaman laut yang ada, tak heran kalo apapun yang ada di bawah laut baik flora maupun faunanya sangat terjaga. Itulah mengapa saya sarankan kalo kalian kesini sekaligus renang dan snorkeling yaa.

Budget yang diperlukan menuju ke Pahawang Island ini tentunya sangat irit dan kalian bisa banget backpacker bahkan dengan budget 300.000,- per orang. Belum lagi kalo berangkatnya langsung dari Jakarta maupun pelabuhan yang paling dekat dengan Pahawang Island ini, dijamin bakal lebih hemat bro n sis wkwk. 

By : Billy kristiadi Putra

Jalan jalan kesini yuk!

Tips and Trick
  1. Bawa camera dong tentunya, jangan lupa waterproofnya ya!
  2. Jangan lupa bawa pakaian ganti ya
  3. Kalo menginap, jangan lupa siapkan budget lebih:)
Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY