Stone Garden & Gua Pawon di Bandung

stone garden bandung

renitanaka | Sightseeing
Kota Bandung, Jawa Barat, Indonesia | Cave Exploring
06 Oct 2016


Stone Garden & Gua Pawon di Bandung
jika anda berkunjung ke kota bandung jangan lewatkan untuk berkunjung ke suatu wisata yang unik dan membuat liburan anda berbeda, yaitu hanya ada di "Stone Garden" ingin merasakan sensasi berada di luar angkasa atau di luar negeri? nahh di sini lah tempat

How to Get There

Stone Garden terletak di 29,8 km dari kota Bandung sekitar 1 jam 5 menit .Berlokasi di  Jl. Cinangsi G. Masigit, Bandung, Jawa Barat (Kampung Girimulya Desa Gunung Masigit, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat).

 

Akses MenujuStone Garden Bandung

Untuk akses ke Objek wisata Stone Garden ini sangat mudah, mobil, motor dan kendaraan lainya sangat mudah untuk menuju ke lokasi ini, dari kota Bandung jika anda menggunakan mobil sekitar 29,8 km bisa di tempuh sekitar 1 jam 5 menit berkendaraan. 

Ada tempat parkir yang luas dimana anda bisa memarkirkan kendaraan anda dengan aman.

Semoga informasi ini berguna untuk anda yang sedang mencari referensi mengenai tempat wisata Stone Garden.

 

What to Do

Stone Garden di Bandung ini Tempat wisata yang unik lohh, wisata ini ramai dengan pengunjung yang penasaran dengan pemandangan yang ada di Stone Garden dan wisata ini cukup heboh sekitar tahun 2014 sampai saat ini ramai di kunjungi oleh wisatawan yang menyukai pemandangannya dan penasaran dengan Stone Garden.

Stone Garden atau Taman Batu di Padalarang kota Bandung ini memiliki pemandangan hamparan batu yang unik dan artistik membuat anda yang berada disini, merasa tidak sedang berada di Bandung, apalagi di Padalarang, tetapi merasa seperti di luar angkasa nahh kebayang dong berada di luar angkasa :D, anda ingin mencoba merasakan sensasi saat berada di luar angkasa? Nah di sini lah tempatnya.  

Hamparan batu yang ada disini bukan terhampar begitu saja loh melainkan di atas tanah luas yang menjadi permukaannya. Batu-batu besar yang ukuran pastinya bervariasi dari sangat besar, sedang, sampai kecil tersusun rapi di tanah yang luas.

Menurut salah satu cerita masyarakat di sana Taman Batu ini terbentuk secara alamiah berkat terciptanya Danau luas yang ada di zaman purba dulu. Di sekitar Taman Batu ini terdapat lembah-lembah dangkal yang mengelilingi Taman Batu ini, mungkin lembah-lembah ini adalah bagian dari Danau Purbakala yang dimaksud oleh masyarakat.

 

Yang membuat Taman Batu ini unik ialah anda akan mendapati tempat yang ada susunan batu yang benar-benar artistic dan unik. Menjulang tinggi dan rapi seperti berformasi membuat kesan seperti berada “luar negeri” atau “luar angkasa”. beberapa media online menyebut bahwa pemandangan di sekitar Taman Batu, Padalarang seakan sama seperti Christmas Island di Australia atau luar planet. Untuk masuk kawasan ini wisatawan hanya membayar tiket yang harganya murah banget loh Cuma di bawah Rp. 10.000,- saja sudah bisa menikmati keindahan Stone Garden.

Apa yang di lakukan pengunjung di Stone Garden? Nahh di sini merupakan tempat yang disukai oleh Para penikmat alam, banyak yang berkunjung ke sini sekadar menikmati keindahannya atau berfoto selfie dengan pemandangan batu-batu alam peninggalan purbakala tersebut dengan teman, keluarga, dan orang tersayang. Tumbuhan ilalang pun masih menghiasi sekitaran Stone Garden.

Namun, karena masih belum dikelola wisatawan yang ingin mencapai puncak diharuskan memiliki tenaga ekstra dan badan yang vit. Jalan di sini belum begitu dibenahi dan pengunjung harus berjalan sepanjang 1,5 kilometer menuju puncak Gunung Pawon. Disini hanya ada jalan setapak untuk bisa menuju puncak gunung. Jalannya yang curam ini membuat anda yang ingin memasuki kawasan hutan harus berhati-hati agar selamat dan mencapai puncak Gunung Pawon. Jadi, untuk menuju kawasan ini, siapkanlah sepatu, perbekalan minuman dan makanan ringan/berat, kamera, topi, dan tak ada salahnya anda membekali diri dengan plester luka, juga obat-obatan pribadi. Hal lainnya yang patut diperhatikan pengunjung, keindahan Stone Garden memiliki berbagai permasalahan. Selain adanya kepulan asap yang berasal dari pabrik apu (kapur), jalan menuju kawasan puncak gunung pun menjadi kendala bagi masyarakat yang ingin mengunjungi kawasan Stone Garden.

Lokasi Stone Gardenini berada di dataran tinggi karena terletak di atas sebuah bukit. Dan apa yang ada di sekitar bukit Taman Batu ini? Di sini terdapat sebuah gua alam yang disebut dengan “Gua Pawon”. Gua ini sama ‘purba’-nya seperti Stone Garden, Gua Pawon merupakan bukti ke-purbakala-an Bandung yang masih ada dan terawat hingga saat ini. Di dalam “Gua Pawon” terdapat belulang/fosil manusia.

  

Oiya disini banyak monyet liar jadi ati-ati aja, jaga barang bawaan seperti, kamera, hape, topi, sunglasses/kacamata, makanan. Agak cemas juga sih karena jumlahnya cukup banyak dan lincah banget. Di Gua Pawon memiliki fasilitas yang relatif lengkap, dari tempat parkir, mesjid, bale riunghingga warung makanan.    

Ukuran Gua Pawon lumayan besar dan di dalam gua tersebut, terdiri dari beberapa ruangan besar dan Gua ini tidak terlalu gelap karena cahaya matahari bisa masuk melalui langit-langit gua.

 

Di ruangan pertama masuk goa, pengunjung akan merasakan dengan bau yang sangat tidak sedap yang berasal dari kotoran kelelawar. Gua tersebut memang dipenuhi oleh kelelawar, namun hanya pada ruangan pertama. Apabila anda berjalan terus ke sisi kiri, terdapat ruangan yang merupakan situs purbakala. Terdapat pula tengkorak manusia purba, namun dipagari sehingga pengunjung hanya dapat melihat, tanpa menyentuhnya. Dan di bagian bawah sisi kiri gua, merupakan salah satu tempat terbaik untuk sesi foto, terutama ketika terdapat cahaya matahari yang menembus ruangan gua tersebut membuat hasil foto anda unik dan menarik untuk di simpan.

 

Ayo berkunjung ke Stone Gardendan menjelajahi peninggalan tengkorak manusia purba di Goa Pawon pasti mengasyikan bukan? Berlibur ke Stone Garden akan membuat pengalaman berlibur anda lebih berkesan dan susah untuk di lupakan. Ayoo ajak teman, keluarga, dan orang tersayang ke Stone Garden yang unik dan menarik untuk di kunnjungi.

 

 

Tips and Trick
  1. Pasti menyebalkan ketika sedang di berjalan dan sandal jepit Anda rusak. Anda bisa membawa sandal 2 agar saat sandal anda putus bisa memakai sandal yang anda bawa tadi atau sebaiknya gunakan sepatu karena di sini anda akan berjalanan di jalanan yang cukup curam dan lumayan jauh maka akan lebih nyaman jika mengunakan sepatu.
  2. Bawalah air mineral dalam botol isi ulang. Sebab, Anda mudah terkena dehidrasi saat terpapar dengan terik matahari.
  3. Benda lainnya yang wajib dibawa tentu saja kamera untuk mengabadikan momen liburan Anda. Lalu kacamata hitam, makanan ringan dan tak ada salahnya Anda membekali diri dengan plester luka, juga obat-obatan pribadi.
  4.  

    Disini saya ada video mengenai “Stone Garden” yang membuat anda takjub karna suasana alam dan keindahannya yang harus anda coba dan anda ketahui.

    Anda penasaran???

    Klik disini -> 

                       

    *Picture that I use in Review is not mine , i take it from google , thank you.

Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY