Sungai Maron Pacitan

Sungai Maron Pacitan

iqbal | Sightseeing
Pacitan, Jawa Timur, Indonesia | City Trip
13 Mar 2018


Sungai Maron Pacitan

How to Get There

Mau review liburan ke Pacitan kemaren nih. Jadi ceritanya pas weekend kemaren, aku dan keluarga memutuskan buat explore Pacitan dan kamipun tertuju pada Sungai Maron yang terlihat indah kalo di instagram. Ternyata pas udah nyampe sana emang indah, banget hehe.

Untuk jalanan menuju Sungai Maron, bisa dibilang jauh dan sedikit susah medannya. Tapi masih oke kok asalkan kalian berhati-hati. Jalan yang perlu kalian tempuh hanya mengikuti jalan menuju ke arah Goa Gong. Nah setibanya kalian disana, kalian hanya perlu melanjutkan perjalanan sekitar 15 kilometer dan membutuhkan waktu kira-kira 30 menit untuk tiba di tepi Sungai Maron ini. 

Meskipun jalalanan yang ditempuh tak semulus yang kami kira, tapi kami tetep enjoy demi melihat Sungai Maron yang indah haha. Untuk kendaraan beroda dua maupun beroda empat, pastikan yang mengemudikan kendaraan bener-bener fokus karena jalanan menuju ke Sungai Maron ini cenderung licin dan berlumut. Bagi yang pengen mengunjungi Sungai Maron, ingat Safety First brother:)

Youtube : Brilio Video Indonesia

What to Do

Setelah melewati jalanan yang medannya lumayan menantang, tibalah kami di Sungai Maron. Di tepi sungai ini, pengunjung udah bisa ngerasain sejuknya udara dan bisa ngeliat pemandangan yang indah banget. Oh iya, lokasi tepat dari Sungai Maron ini ada di Daerah Dersono, Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. 

Tak heran kenapa Sungai Maron sangat diminati oleh wisatawan baik dalam maupun luar negeri. Sungai ini memiliki keindahan yang sangat luar biasa dan keasrian pemandangan masih bisa kita nikmati di area Sungai Maron ini. Untuk menikmati keindahan Sungai Maron lebih lanjut, pengunjung bisa menggunakan sewa perahu yang dibandrol dengan harga 100.000,- per perahunya. Satu perahu memiliki kapasitas hingga 5 orang pengunjung. Dihitung-ditung menurut saya termasuk murah, apalagi kalo naiknya 5 orang, 1 orang cuma terhitung 20.000,- kan.

Waktu yang ditempuh untuk satu kali perjalanan menggunakan perahu bisa satu jam atau bahkan lebih. Guide atau orang yang mengemudikan perahupun juga baik dan kalian bebas tanya apapun kepada beliau, emang udah kaya guide beneran dah.

Sungai ini biasa disebut sebagai 'Sungai Amazon'-nya Indonesia karena emang pemandangan yang disajikan sangat indah. Bedanya Sungai Maron dengan Sungai Amazon mungkin hanya di Sungai Maron tidak terdapat ikan piranha dan anakonda hahaha. Gak kecewa dah dateng jauh-jauh ke Pacitan buat dateng ke sungai yang indah ini. 

Yang mau berenang di tempat ini juga bisa banget. Bapak pengemudi perahu yang sekaligus menjadi guide disini siap kok nungguin kalian, kalau dimintain tolong buat mengabadikan momen kalian di tempat ini juga bisa. Super baik dan humble deh bapaknya. Banyak ilmu juga yang kita dapet dari beliau, temasuk ilmu untuk menjaga dan melestarikan wisata alam khususnya Indonesia. 

Yuk yang mau liburan keren, kalian gak perlu jauh-jauh ke luar negeri karena di Indonesia juga banyak tempat keren termasuk Sungai Maron ini! 

Tips and Trick
  • Bawalah alat dokumentasi
  • Yang ingin berenang, tentunya jangan lupa membawa baju ganti ya
  • Berhati-hatilah karena jalanan menuju Sungai Maron ini cukup licin dan berlumut
  • Sesuai dengan ilmu yang didapet dari bapak guide, jangan merusak alam dengan membuang sampah sembarangan maupun mengotori sungai yang indah ini ya!
Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY