10 Tips Hemat Liburan Ke Eropa

tips hemat liburan ke eropa

marthagaul | Sightseeing
Paris, Region Paris, France | City Trip
08 Feb 2018


10 Tips Hemat Liburan Ke Eropa
mau tau gimana sih caranya liburan menyenangkan, jauh, dan pastinya hemat? Nah inilah 10 tips hemat liburan ke Eropa, Yang wajib kamu ketahui!

How to Get There

Eropa seringkali disebut sebagai benua biru dimana lebih dari 50 negara indah bisa kamu kunjungi berkali - kali tanpa rasa bosan. Namun, ada saja kesulitan mengapa kita tak bisa segera mengunjungi benua biru tersebut. Yap, Eropa adalah salah satu benua yang paling mahal untuk dikunjungi. 

 

 

What to Do

Harga hotel per malam di kota besar seperti Paris dan Amsterdam sangatlah mahal dan dapat menguras kantong, belum lagi biaya makan. Jika budget kalian pas-pasan dan ingin keliling Eropa, baca tips berikut ini ya!

 

Tips and Trick

1. Membeli Tiket Maskapai Low Budget

tips hemat liburan ke eropa

Liburan ke Eropa biasanya dihabiskan untuk mengunjungi beberapa negara dan untuk menuju kesana kamu bisa cari tiket murah di jauh-jauh hari. Banyak sekali airlines di Indonesia yang menjual tiket murah untuk tujuan Amsterdam, Paris hingga London dengan harga mulai dari 8 jutaan saja untuk pulang pergi.

2. Gunakan Couchsurfing / Menginap di hostel

tips hemat liburan ke eropa

Couchsurfing adalah salah satu situs dimana pemilik rumah dari berbagai belahan dunia menawarkan menginap gratis untuk para traveler. Namun, untuk kalian para wanita yang merasa pilihan ini sedikit berbahaya, kamu bisa mempertimbangkan untuk menginap di hostel dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan hotel berbintang.

3. Naik Transportasi Umum

tips hemat liburan ke eropa

Di Eropa banyak sekali transportasi umum yang aman dan nyaman, di London misalnya, kamu bisa menggunakan Oyster Card atau Bus Pass yang bikin perjalanan mu dengan bus dalam kota jadi lebih hemat. Selain Bus Pass, kamu juga bisa menggunakan Train Pass untuk menaiki kereta keliling Eropa dengan harga hemat.

4. Coba Makanan Streetfood

tips hemat liburan ke eropa

Untuk makanan di Eropa, ada banyak sekali jenis makanan yang bisa kamu temui karena tiap negaranya memiliki makanan khas yang berbeda-beda. Jika ingin mencicipinya, tak perlu kamu pergi ke restaurant mahal. Cukup pergi ke pasar setempat dimana biasanya mereka menjual makanan khas negara mereka dengan harga yang jauh lebih murah.

5. Beli Kartu Sim Lokal dan Manfaatkan Wifi Gratis

tips hemat liburan ke eropa

Daripada harus membayar harga roaming, lebih baik membeli nomor lokal agar kamu dapat menggunakan handphone kamu kapan saja. Ingin lebih hemat? kamu juga bisa manfaatkan wifi gratis yang tersedia di banyak sudut kota.

6. Ikuti Tur Jalan Gratis

tips hemat liburan ke eropa

Umumnya, masyarakat Eropa menyukai jalan kaki dan banyak negara di Eropa menawarkan tur jalan gratis, salah satunya seperti di kota Praha, kamu cukup memberikan tip kepada tur guide. Kelebihan mengikuti tur ini adalah kamu bisa bertemu dengan traveler dari berbagai negara lainnya. Jadi bisa menambah teman kan?

7. Kunjungi Museum Dengan Tiket Masuk Gratis

tips hemat liburan ke eropa

Di beberapa kota besar Eropa, banyak sekali museum - museum menarik yang bisa kamu jelajahi dengan gratis. Terlebih lagi, beberapa negara di Eropa memang memberikan akses gratis ke museum-museum nasionalnya. Wah, lumayan kan jadi bisa menghemat budget? 

8. Jangan Pergi Saat Musim Panas (Summer Time)

tips hemat liburan ke eropa

Musim panas adalah musim yang paling ditunggu-tunggu oleh hampir semua warga Eropa, bahkan seluruh belahan dunia. Harga akomodasi dan tiket pesawat bisa jadi lebih tinggi dibandingkan dengan musim lainnya. Jika kamu mau berpergian hemat ke Eropa, hindari berpergian ke pada musim ini ya :)

9. Nikmati Pertunjukan Gratis

tips hemat liburan ke eropa

Eropa memang terkenal dengan street performances nya, banyak sekali pertunjukan jalanan yang bisa kamu tonton secara gratis. 

10. Harus Flexible

tips hemat liburan ke eropa

Tips terakhir adalah menjadi flexible. Mengapa harus flexible? karena jika kamu ingin liburanmu lebih hemat dan kamu dapat menikmati semuanya, kamu tidak harus bisa mengganti travel plans kamu kapan pun sesuai situasi dan kondisi.

 

Jadi, sudah siap menjelajah Eropa dengan hemat?

Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY