stefan | Sightseeing
Garut, Jawa Barat, Indonesia | City Trip
02 Feb 2018


Kawah Putih Talaga Bodas
Di kawasan Kawah Putih Talaga Bodas ini jugaterdapat pemandian air panas yang langsung menghadap ke Kawah Putih Talaga Bodas, wih rugi dong kalau gak nyobain sensasi kolam air hangat yang satu ini.

How to Get There

Garut.. Garut.. Kalian pastinya gak asing lagi sama nama kabupaten yang satu ini. Kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Barat ini seakan tak pernah habis dengan keindahan alamnya. Terlebih lagi pemerintah Kabupaten Garut yang sangat mendukung soal pariwisata di kabupaten ini, makin sip aja deh jadinya. Salahsatau wisata yang terkenal di Kabupaten Garut ini adalah Kawah Putih Talaga Bodas yang ada di daerah Wanajaya, Jalan Telaga Bodas No.5, Sukamenak, Wanaraja, Kabupaten Garut, Jawa Barat. 

Katanya kawah ini sekilas mirip dengan Kawah Putih yang ada di Ciwidey Bandung, namun bedanya Kawah Putih Talaga Bodas ini memiliki lokasi atau kawah yang lebih luas dibandingkan Kawah Putih Ciwidey Bandung.

Untuk jalan atau akses menuju telaga ini bisa dibilang cukup menantang dan susah dilalui, terlebih lagi untuk pengunjung yang kesini menggunakan kendaraan beroda empat, tentunya lebih ribet lagi. Kondisi jalan yang sempit dan sesekali melewati jalanan yang rusak, tentunya akan menantang sekali ya, ditambah lagi denga jalanan yang terus menanjak menuju ke telaga ini. Jadi kalo kalian kesini menggunakan kendaraan beroda empat maupun roda dua, hati hati ya, safety first broo!

Selama perjalanan menuju ke Kawah Putih Talaga Bodas ini, pengunjung akan disuguhkan dengan indahnya perbukitan yang ada di kanan kiri jalan yang kita lalui. Tak hanya itu, pemandangan perkebunan penduduk dan indahnya Kabupaten Garut bisa kita nikmati pula di sepanjang perjalanan. Kira-kira 1 kilometer sebelum tiba di lokasi kawah ini, pengunjung akan menemui sebuah bukit yang dulunya sempat booming sebagai piramid yakni Gunung Sadahurip.

Video Yotube oleh : indra maiza

What to Do

Setelah melewati perjalanan yang cukup menantang, akhirnya tibalah kami di Kawah Putih Talaga Bodas yang indah ini. Nah pas pengunjung nyampe di tempat tujuan, pengunjung tidak akan langsung bertemu dengan kawah ini melainkan harus berjalan dulu. Perjalanan yang ditempuh untuk menuju ke loaksi tepat kawah ini kurang lebih 200 hingga 300 meter saja. Nah ada alternatif lain nih bagi kalian yang nggak mau capek jika harus berjalan kaki, kalian bsia memanfaatkan fasilitas yang ada yakni ojek. Di kawasan depan sebelum kita menuju kawah ini, ada deretan ojek ojek yang siap mengantar pengunjung menuju ke kawasan Kawah Putih Talaga Bodas ini. 

kawah putih telaga bodas

kawah putih telaga bodas

Pemandangan yang indah bisa kita nikmati di Telaga Bodas ini. Kawah putih yang cantik dan berhiaskan background gunung yang memanjakan mata tentunya bikin pengunjung merasa nyaman dan adem ya kali ada disini haha. Kalo lagi ada di Kawah Putih Talaga Bodas ini bawaannya pengen segera ngeluarin camera dan jepret sana jepret sini untuk mengabadikan idnahnya telaga ini. Di kawasan Kawah Putih Talaga Bodas ini jugaterdapat pemandian air panas yang langsung menghadap ke Kawah Putih Talaga Bodas, wih rugi dong kalau gak nyobain sensasi kolam air hangat yang satu ini. 

kawah putih telaga bodas

kawah putih telaga bodas

Untuk masuk ke kawasan Kawah Putih Talaga Bodas ini, pengunjung harus membeli tiket yang per orangnya dibandrol dengan harga 9500 rupiah, itupun udah termasuk kontribusi asuransi. Terus untuk biaya parkir, pengunjung perlu membayar 5000 rupiah. Seperti yang udah aku jelasin di tas, meskipun tempat parkir dan jarak kawah ini lumayan jauh dan jalannya masih bisa dilalui oleh kendaraan, namun tetap saja peraturan gak ngebolehin kendaraan pribadi buat masuk sini. Jadi pengunjung bisa berjalan kaki atau naik ojek dengan tarif 15.000 per orang pulang pergi.

kawah putih telaga bodas

 

Tips and Trick

Siapkan camera untuk mengabadikan momen indahmu di Kawah Putih Talaga Bodas! Satu lagi, karena jalannya yang susah dilalui, berhati-hatilah dan keselamatan tetap nomor satu ya!

Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY