franky | Sightseeing
Sumenep, Jawa Timur, Indonesia | Culture & Art
26 Jan 2018


Kota Tua Kalianget
Kota Tua Kalianget ini, pengunjung akan disuguhkan dengan banyaknya bangunan atau gedung gedung tua yang cantik!

How to Get There

Sedikit bergeser dari Kota Surabaya nih. Kali ini gue dan temen-temen bakal mengunjungi salahsatu wisata unik yang ada di pulau sebelah haha apa dong. Yap, gue akan ajalan-jalan ke pulau Madura teatnya di kabupaten Sumenep. Disana, gue bakal ngunjungin salahsatu wisata yang terkenal dan lagi kekinian banget. Kota Tua Kalianget. Ada yang udah tau?

Perjanan kami lumayan jauh ya meskipun keliatannya cuman beda pulau doang wkwk. Jarak yang kami butuhkan buat nyampek ke Kota Tua Kalianget ini sekitar 150+ Km. Terus untuk waktunya yah kira-kira 4-5 jam perjalanan Kami sengaja tuh berangkat pagi banget biar gak ke sorean nyampek sanangya. Syukurnya selama perjalnan kaga ada macet samasekali, jadi lancar lancar aja nyampe tujuan dengan tepat waktu juga haha. 

kota tua kalianget

What to Do

Setibanya di Kota Tua Kalianget ini, pengunjung akan disuguhkan dengan banyaknya bangunan atau gedung gedung tua, yah namanya juga kota tua yak wkwk. Gedung-gedung tua berjajar rapi di wilayah ini. Pengunjung juga bisa nikmatin indahnya peninggalan Belanda ini. 

kota tua kalianget

kota tua kalianget

Kota yang tak terawat dan hampir tergerus perkembangan jaman ini entah akan bernasib seperti apa nantinya. Yang jelas hingga saat ini, tempat ini masih ramai dan laris dikunjungi wisatawan untuk berfoto maupun menikmati kemegahan bangunannya. Bagi yang hobi berfoto, tempat ini cocok banget sebagai tujuan kalian berfoto. Banyak banget spot yang bisa kalian temuin di tempat ini. Kalo dilihat dari sisi bangunannya, asli keren banget dah. Ramahnya penduduk yang ada di kawasan ini juga bikin travellers makin betah berkunjung ke tempat keren kyak gini. 

kota tua kalianget

kota tua kalianget

kota tua kalianget

Tak hanya satu dua gedung yang ada di kawasan ini. Banyak banget deretan gedung-gedung tua yang ciamik buat berfoto. Bangunan peninggalan Belanda yang masih ada hingga saat ini sangat diminati oleh pecinta fotografi. Bangunan yang ada disini sepenuhnya merupakan peninggalan Belanda yang dibangun pada zaman VOC. Tak hanya bangunan dan keindahan alamya, kolam renang peninggalan VOC juga masih lestari dan beroprasi hingga saat ini lho. 

kota tua kalianget

Bangunan yang ada disini semuanya gue seneng sih, spotnya keren-keren dah. Tapi gue ga tau ya untuk pelestariannya apakah pemkab Sumenep udah melindungi cagar budaya kayak gini apa belum. Kalo di Surabaya, pasti makin maju nih wisata kayak gini. 

Kalo kalian suwung, nganggur, dan bingung mau liburan kemana. Kota Tua Kalianget bisa jadi referensi liburan murah kalian nih guys! 

 

Tips and Trick
  1. Ikutlah melestarikan budaya dan menjaga Kota Tua Kalianget ini
  2. Patuhilah peraturan yang ada demi keselamatan bersama yaa
  3. video by Youtube : rudiey tabuti

Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY