ranisubagio | Tourist
Bontang, Kalimantan Timur, Indonesia | Beach Exploring
15 Aug 2016


Pulau Beras Basah Si Cantik dari Bontang
Jangan lewatkan keindahan yang membuat liburan anda lebih berkesan dan susah untuk di lupakan karena keindahan yang ada di Pantai Beras Basah!

How to Get There

Pantai Beras Basah berjarak sekitar 224 km dari pusat kota Balikpapan untuk mencapai Pulau Beras Basah sekitar 5 jam perjalanan. Dari pusat kota Balikpapan, Anda bisa langsung menuju ke Bontang dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun bus yang menuju ke arah Bontang dengan biaya naik bus sekitar Rp 100.000.

Tetapi Jika anda ingin menikmati perjalanan di perairan anda bisa juga naik kapal yang menuju ke arah Pulau Beras Basah dengan biaya sekitar Rp 40.000 per orang atau menyewa satu kapal yang berkapasitas sepuluh orang dengan biaya sewa sekitar Rp 400.000 hingga Rp 500.000 (PP) per kapal.

Semoga informasi ini berguna untuk anda yang sedang mencari referensi mengenai tempat wisata Pulau Beras Basah.

 

What to Do

Mengapa dinamakan Beras Basah? Menurut cerita masyarakat setempat, konon dahulu ada kapal yang berlayar dari Pulau Celebes (Sulawesi) mengangkut karung yang berisi ribuan ton beras menuju Bontang.

Namun nahas kapal tersebut karam dihantam ombak besar yang mengharuskan muatan-muatan kapal yang banyak berisi beras tadi hanyut tercecer dan menutupi sebagaian permukaan air di sekitar pulau. Akhirnya oleh masyarakat sekitar menamakan pulau tersebut dengan nama Beras Basah”.

Kota yang berhadapan langsung dengan selat Makassar yang berada di Provinsi Kalimantan Timur ini cukup terik dengan panas mataharinya, namun angin di sini segar anda masih bisa menikmati suasana nya dengan nyaman dengan orang-orang tersayang, sambil berjemur di pesisiran pantai sambil menikamti keindahan Pantai Beras Basah.

Di pulau kecil ini anda bisa menemukan hembusan angin segar untuk keluar dari cuaca panasnya kota Bontang, yang terletak di tengah laut pulau yang luasnya sekitar 1 hektar ini memiliki mercusuar setinggi 15 meter yang berfungsi untuk navigasi kapal.

 

Air lautnya berwarna biru jernih. Seolah-olah menggoda siapapun yang berkunjung disini untuk berenang ke dalamnya. Dan memang benar di tempat ini pengunjung bisa berenang atau pun snorkeling menikmati keindahan terumbu karang dan ikan-ikan unik di bawah laut, Berbagai jenis ikan laut, terumbu karang hingga rumput laut bisa pengunjung temukan di tempat ini.

Ayo!!! coba bagi anda yang menyukai snorkeling di Pantai Beras Basah ini adalah tempat yang sangat indah dengan pemandangan bawah lautnya.

Tidak hanya itu, kawasan ini sangat cocok bagi Anda penggemar fotografi yang mengiginkan koleksi jepretan foto anda sempurna, di sini adalah tempat yang cocok untuk anda mendapatkan, Pemandangan sunrise maupun sunset tempat ini cukup menarik untuk anda abadikan.

 

 

Fasilitas

Di Pantai Beras Basah ini memang belum tersedia penginapan serta rumah makan. Fasilitas di kawasan pulau ini memang masih terkesan ala kadarnya, Tetapi anda jangan khawatir bila Anda ingin menginap, Anda bisa menyewa tempat penginapan yang ada di pusat kota Bontang dengan harga yang bervariasi.

Di pantai ini tersedia Seperti gazebo, Mushola, ruang ganti pakaian, serta toilet, yang bisa digunakan secara gratis oleh para pengunjung.

Disini juga anda bisa menikmati Water Sport sepertià Banana Boat, Paraceiling, Spot snorkling dengan harga terjangkau yang bisa anda nikmati bersama orang-orang tersayang.

Jika anda sendirian ke Pantai Beras Basah anda ingin menyimpan moment anda berlibur di Pantai Beras Basah dengan berfoto di sini, ada jasa photographer dan fotonya langsung jadi harga terjangkau sekitar Rp.20.000 . untuk para jones yang lagi berlibur kesini jangan khawatir masih bisa kok :D wkwkkkw.

Pemandangan yang sangat indah ini membuat saya susah melupakan memory saat berlibur di Pulau Beras Basah yang indah dan cantik, keindahan Pulau ini lah yang membuat saya rindu menginjakan kaki dan happy fun bersama teman, keluarga dan orang-orang tersayang gak cukup satu kali deh kalo ke sini pasti pengen lagi!!!

Ini adalah pemandangan Pulau Beras Basah pada sore hari, suasana yang tenang membuat anda nyaman saat berada di sini. Sunset di Pulau Beras Basah yang sangat indah membuat anda kagum saat melihat sunset/matahari tenggelam.

Ayo!!! coba pengalaman baru berlibur ke Pulau Beras Basah yang membuat travelling anda menyenangkan!!! Di jamin deh habis ke Pulau ini anda akan rindu lagi pada keindahan Pulau Beras Basah.

Sunset di Pulau Beras Basah yang sangat indah membuat anda kagum saat melihat sunset/matahari tenggelam.

 

 

 

 

 

 

 

 

Tips and Trick
  1. Jika anda berpergian sendiri ke Pulau Beras Basah, datanglah pada hari Minggu atau hari perayaan besar, karena dihari seperti itu anda bisa banyak menemukan para wisatawan baik dari kota Bontang sendiri ataupun luar kota Bontang, anda bisa menumpang di kapal – kapal tersebut yang mengangkut para wisatawan menuju pulau, namun terlebih dahulu sebaiknya anda bernegoisasi kepada motoris kapal atau pemilik kapal atau wisatawan yang menyewa kapal tersebut untuk biaya share cost bahkan kadangkala bisa gratis.
  2. Anda suka bermain pasir di pantai, entah itu hanya berjalan-jalan, berjemur, atau membuat kastil dari pasir? Tapi, Anda tak ingin kan pasir-pasir yang melekat di kaki mengotori mobil Anda? Triknya, taburkan bedak bayi di kulit Anda dan semua pasir akan rontok.
  3. Ketika wisata keluarga dan anak-anak kecil ikut, mereka pasti juga akan tergoda bermain di air. Triknya, bawalah kolam khusus anak dan pompa kemudian tempatkan kolam ini di tempat yang aman dan dalam pengawasan anda.
  4. Pasti menyebalkan bukan ketika sedang di pantai dan sandal jepit Anda rusak. Bawalah sandal 2 agar saat sandal anda putus bisa memakai sandal yg anda bawa tadi.
  5. Bawalah air mineral dalam botol isi ulang. Sebab, Anda mudah terkena dehidrasi di pantai terutama saat terik matahari.
  6. Benda lainnya yang wajib dibawa tentu saja kamera untuk mengabadikan momen liburan Anda. Lalu kacamata hitam, makanan, baju renang, baju ganti, dan sandal jepit. Tak ada salahnya Anda membekali diri dengan plester luka, juga obat-obatan pribadi.
  7.  

    Semoga tips and trick saya berguna bagi anda yang berlibur ke Pantai Beras Basah.

     

    Disini saya ada video mengenai “Pulau Beras Basah si cantik dari Bontang” yang membuat anda takjub karna keindahannya yang harus anda coba dan anda ketahui.

    Anda penasaran???

    check this out -> 

    *Picture that I use in Review is not mine , i take it from google , thank you.

     

Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY