Pantai Jembatan Panjang

pantai pasir panjang

brandonkeren | Sightseeing
Malang, Jawa Timur, Indonesia | Beach Exploring
15 Jan 2018


Pantai Jembatan Panjang
Pantai Pasir Panjang ini memiliki pemandangan yang luar biasa, dan bersihnya pasir serta hijaunya laut yang keren bikin pengunjung pasti betah berlama lama di pantai ini.

How to Get There

Udah lama gak liburan ke pantai. Kali ini aku bakal datengin Kota Pelajar yang ada di Jawa Timur, sebut saja Malang haha. Kalo ngomongin soal nama pantai yang ada di Malang, udah pasti seabrek ya. Nah kali ini aku mau mengunjungi salahsatu pantai yang ada di Malang yakni Pantai Jembatan Panjang. Lokasi Pantai ini ada di kawasan Sumberbening, Bantur, Malang, Jawa Timur. Pantai ini masih satu jalur juga kok sama Pantai Balekambang yang memiliki jembatan juga hehe. Perjalanan yang kami tempuh membutuhkan waktu sekitar 4 jam perjalanan. Perjalanan yang cukup lama ya, tapi udah kerasa beda banget rasnya pas masuk ke Kota Malang, suhu udaranya udah dingin dan seger gitu. Nah setelah 3 jam perjalanan, kami mulai memasuki Kabupaten Malang yang tentunya lebih seger dari Kota Malang karena lebih ndeso wkwk. Pas kalian udah memasuki kawasan Kabupaten Malang, anda akan disuguhkan dengan hijaunya dedaunan kanan kiri yang ada di sepanjang perjalanan. Yang pengen tau indahnya kawasan Pantai Jembatan Panjang ini nih, kalian bisa banget liat video dari Amazing Malang dibawah ini. 

What to Do

Sebelum tiba di Pantai Pasir Panjang, pengunjung harus menyusuri jalanan dengen berjalan kaki. Gak jauh kok, sambil nikmatin suasana pantai dijamin asik deh. Nah setelah menempuh jalan beberapa meter, kalian bisa liat langsung pantai indah yang memiliki Jembatan Panjang ini. Untuk masuk ke Pnatai Pasir Panjang ini, kalian hanya perlu meembeli tiket masuk yang dibandrol dengan harga Rp 5000,- saja per orangnya. 

pantai pasir panjang

Karena kebetulan banget waktu kami mengunjungi pantainya rada sepi, jadi kalo mau foto2 terlihat lebih keren wkwk. Pantai ini termasuk pantai yang masih sangat dijaga kebersihannya. Seperti halnya pantai lain yang ada di daerah Malang, pantai ini memiliki pemandangan yang luar biasa pula. Bersihnya pasir serta hijaunya laut yang keren bikin pengunjung pasti betah berlama lama di pantai ini. 

pantai pasir panjang

Ini nih yang menarik di Pantai Jembatan Panjang yang satu ini. Pantai ini memiliki jembatan panjang yang menghubungkan langsung kawasan pantai dengan pulau kecil yang ada di laut lepas Pantai Jembatan Panjang. Hampir sama ya kayak pantai sebelah yakni Pantai Balekambang. Pantai ini emang cenderung sepi dan memiliki ombak yang tenang. Dibandingkan dengan pantai pantai yang lebih populer lainnya, pantai ini termasuk masih asri dan udaranya termasuk paling alami dan sejuk. Pantainya yang tenang dan ombaknya yang tidak terlalu ganas juga bikin kebanyakan pengunjung memilih untuk berlibur ke Pantai Jembatan Panjang ini. 

pantai pasir panjang

Kalau berbicara soal mitos yang ada di Pantai Jembatan Panjang ini, jembatan ini selalu rusak dan roboh berkali-kali. Menurut cerita yang beredar di masyarakat sekitar, konon katanya jembatan penghubung ini tidak direstui oleh makhluk gaib yang ada di kawasan pantai ini Sehingga beberapa kali dibenahi pun tetap demikian. Mitos itulah yang menyurutkan pengunjung untuk datang dan berlibur ke Pantai ini. Nah untuk saat ini, jembatan yang ada sudah dibangun dan mitos yang ada pun perlahan hilang dan tidak dihiraukan oleh masyarakat, yang jelas jangan pernah kalian berniat buruk untuk membuang sampah sembarangan maupun merusak fasilitas yang telah ada ya hehehe. 

pantai pasir panjang

-Pantai Jembatan Panjang sebelum direnovasi-

Oh iya, kalau pengunjung lagi berlibur ke Pantai Balekambang, pengunjung besa menikmati Pantai Jembatan Panjang ini tanpa harus membayar tiket masuk lagi. Jadi, bayarnya cuman di pantai pertama aja. Cukup hemat bukan? 

Kalau urusan fasilitas di pantai ini emang belum terlalu lengkap atau belum memadai. Namun, jika kalian menginginkan fasilitas yang lengkap, kalian bisa sedikit berjalan ke Pantai Balekambang untuk mendapatkan fasilitas seperti musholla, toilet, warung, serta penginapan. 

Yuk agendakan liburanmu ke Pantai Jembatan Panjang!

Tips and Trick
  • Bawalah camera untuk mengabadikan momen liburan kalian di Pantai Jembatan Panjang
  • Membawa bekal makanan atau minuman sangat direkomendasikan, tapi tetep buang sampah pada tempatnya ya
  • Jaga kebersihan dan keasrian Pantai Jembatan Panjang ini yaa
Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY