luna | Sightseeing
Banyuwangi, Jawa Timur, Indonesia | Beach Exploring
28 Dec 2017


Pantai Pulau Merah
menikmati sunset di pantai pulau merah!

How to Get There

Liburan kali ini, saya sekeluarga dapet kesempatan lagi buat berkunjung ke Banyuwangi. Ngomongin soal destinasi wisata di daerah Banyuwangi ini memang tak ada habisnya, khususnya pantai, melimpah banget di Banyuwangi ini ya. Kali ini saya dan keluarga memutuskan untuk berlibur ke Pantai Pulau Merah yang katanya keren banget. Perjalanan yang kami butuhkan sekitar kurang lebih 2 jam untuk menuju ke Pantai Pulau Merah ini. Lokasi tepatnya sih ada di daerah Sumberagung, Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi atau berjarak krang lebih 80km dari pusat Kabupaten Banyuwangi. Kalo lihat di google tentang Pulau Pantai Merah Banyuwangi ini sih udah gak sabar banget pengen kesini. Sepanjang perjalanan, kami disuguhkan dengan pemandangan kanan kiri jalan yang asri dan udaranya yng sejuk. Btw, di Banyuwangi ini masih banyak hutan-hutan kota atau lahan lahan kosong gitu lo, apalagi lokasinya yang ada di tepi Pulau Jawa, jadi bikin kabupaten ini banyak pantainya, keren deh.

What to Do

Nah, setibanya di Pulau Merah ini, kami hanya perlu mambayar Rp 5000,- per orang untuk tiket masuknya. Cukup terjangkau bukan? Hanya dengan merogoh kocek segitu, kita udah bisa nikmatin indahnya Pantai Pulau Merah ini. Setelah memarkir kendaraan, kita perlu berjalan bberapa meter hingga akhirnya tiba di pantai yang indah ini. 

pantai pulau merah

pantai pulau merah

Lalu, kenapa disebut Pantai Pulau Merah? Yang pertama, karena di sekitar pantai ini terdapat pulau kecil dan pantai ini memiliki pasir yang berwarna merah. Kalau pas surut, kita bisa datengin pulau kecil yang ada di tengah itu lo. Keren kan. Menurut info yang saya tau, ombak disini sangat berbahaya saat pasang, oleh karena itu, kalian ajib berhati-hati ya jika berkunjung ke tempat ini. Ceritanya sambil nunggu pantai surut, kami ngadem dulu nih di tempat yang udah disediain.

pantai pulau merah

Untuk menikmati pantai sambil bersantai di kursi kursi yang berjajar di pinggiran pantai, kalian perlu menyewa atau membayar sekitar Rp 20.000,- per jamya. Yah lumayan lah sejenak melepas penat sambil bersantai menikmati udara dan pemandangan pantai yang bersih ini. Rasanya kurang afdol kalo gak ada es kelapa wkwk. Sekalin deh, pesen es kelapa muda sambil nikmatin pantai yang dan pemandangan indah yang ada disini. Wushhh enak anginnya sepoi sepoi wkwk.

Selain pantainya yang bersih dan sangat terjaga, kalian juga bisa bermain selacar di pantai ini. Untuk peralatan selancar, kalian gak perlu berat berat bawa dari rumah kok karena disini juga nyewain lengkap tuh alat-alatnya. Pengunjung bisa menyewa seharga Rp 20.000,- hingga Rp 50.000,- sepuasnya. Asik juga sih bagi yang punya hobi selancar. 

pantai pulau merah

Untuk bermain di Pantai Pulau Merah ini, pengunjung juga perlu memperhatikan area berbahaya sebelum bermain. Di pantai ini terdapat beberapa pos lifeguard dan satu tower pantau, meski begitu pengunjung harus tetap menjaga keamanannya masing-masing ya. Tempat ini emang paling cocok sih buat bersantai bersama keluarga ataupun orang tersayang. 

pantai pulau merah

Kalo udah sunset gini, pemandangan makin keren ya. Tak heran jika pantai ini menjadi salahsatu pantai favorit di Banyuwangi. Selain kebersihannya yang amat dijaga, kemanan pantai ini juga sangat diperhatikan lo. Pemandangan alam dan pantainya juga sangat keren dan waw banget lah. Bagi kalian yang bingung mau liburan kemana, sepertinya tempat ini wajib masuk ke list liburan kalian tahun ini. Selamat berlibur:)))

Tips and Trick

Bagi yang suka destinasi wisata pantai, pantai ini wajib dikunjungi, tapi kalian juga perlu perhatikan beberapa hal berikut ya:

  • Jangan berenang di area berbahaya
  • Jangan membuang sampah sembarangan untuk ikut menjaga kebersihan pantai ini
  • Yang hobi fotografi, tempat ini cocok banget buat dikunjungi apalagi saat jam jam sunset

Yang masih pengen tau, tonton video YouTube dari 'dodok yuda' dibawah ini ya, selamat berlibur:)

 

Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY