Air Terjun Sri Gethuk

air terjun sri getuk

lizbeth | Sightseeing
Gunung Kidul, Yogyakarta, Indonesia | Attraction
27 Dec 2017


Air Terjun Sri Gethuk
Wisata Air Terjun Sri Gethuk ini memiliki banyak sekali pengunjung khususnya saat musim libur kayak gini.

How to Get There

Udah masuk holiday season nih guys. Pada liburan kemana? Kali ini aku bakal coba buat liburan di sini-sini aja deh gak jauh jauh. Aku coba buat dateng ke Air Terjun Sri Gethuk yang ada di Yogyakarta tepatnya ada di daerah Bleberan, Playen, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Karena males panas panasan akhirnya kami memutuskan buat dateng ke Air Terjun ini pagi pagi sekali, kami sengaja memperhitungkan waktu untuk perjalanan, belumlagi kalo mbulet cari lokasinya hehe. Sejuknya udara di daerah Gunung Kidul ini membuat travellers betah dan asik banget nikmatin perjalanan menuju lokasi Air Terjun Sri Gethuk.

Jika dari Yogyakarta, rute menuju Air Terjun Sri Gethuk ini adalah menuju ke arah Wonosari lalu ke arah puncak menuju Pathuk Gunung Kidul. Nah setibaya di Pathuk Gunung Kidul, ikuti jalan aja sampe nemuin pertigaan Gading lalu ambil arah kanan untuk menuju Playen. Nah dari Playen ambil arah kanan lagi untuk menuju kecamatan Palihan. Setibanya di Palihan, kalian akan mnemui pertigaan dan ambillah arah kanan. Nah dari situ, kalian udah banyak nemuin penunjuk jalan menuju ke air terjun ini. Jadi kalian gak perlu khawatir lagi. Oh iya, kalau masih bingung lagi gak perlu khawatir guys, manfaatkan Google Maps hehehe.

What to Do

Sejuknya jalan dan indahnya pemandangan di sepanjang perjalanan membuat kami gak sadar kalo udah nyampek lokasi aja hehe. Kawasan Gunung Kidul ini termasuk memiliki udara dan pemandangan yang masih asri alias belum banyak polusi dan gedung-gedung seperti di kota, kawasan ini masih tampak seperti desa yang asri banget. Jadi gak salah kalo kalian ke tempat ini dengan tujuan berlibur sekaligus menenangkan diri, emang passs banget. 

air terjun sri getuk

Biaya untuk masuk ke Air Terjun Sri Gethuk ini juga tidak mahal kok. hanya dibandrol seharga Rp 7000,- saja per orangnya. Cukup hemat dan terjangkau bukan? Dari sana kita langsung bisa menikmati karya Tuhan yang sangat indah. Di area air terjun ini, selain bisa menikmati keindahan air terjunnya, anda juga bisa menikmati goa yang ada disini yakni Goa Rangcang Kencono.  Selain bisa dimasuki, goa ini juga memiliki beberapa spot foto yang kece yang bisa kalian manfaatkan untuk berselfie atau berfoto ria. 

air terjun sri getuk

Wisata Air Terjun Sri Gethuk ini memiliki banyak sekali pengunjung khususnya saat musim libur kayak gini. Tapi tenang aja kalian tetep bakal bisa nikmatin viewnya yang indah kok. Hijaunya pemandangan di sekitar lokasi serta suara dercik air terjun sangat bisa dinikmati oleh pengunjung yang datang ke tempat ini. Kalo kalian berkunjung kesini, jangan lupa jepret-jepret view indah yang ada di Air Terjun Sri Gethuk ini ya. 

Video by Handy Prana

Air terjun yang memiliki view indah ini cocok buat tempat berfoto bersama orang tersayang. Tapi rasanya kurang afdol kalo cuman foto-foto aja yaaa. Air Terjun Sri Gethuk ini juga menyediakan sewa perahu lo, siapa yang pengen naik perahu? wkwk. Kalo untuk sewa perahu di tempat ini, kalian ga perlu mengeluarkan biaya yang banyak juga kok. Cukup Rp 10.000,- saja kalian sudah bisa berkeliling di dasar air terjun ini. 

air terjun sri getuk

air terjun sri getuk

Lokasi Air Terjun Sri Gethuk ini diapit oleh tebing yang menjulang tinggi di sekitarnya, yah bisa mencapai 50m lah tingginya. Hijaunya pemandangan juga menambah keindahan Air Terjun Sri Gethuk ini. Selain itu, sungainya yang luas dan keren bikin kalian betah banget ada di tempat ini. Meskipun matahari semakin bersinar panas, suasana segernya air terjun ini bakal bikin kalian masih pengen ada di tempat ini. 

Selain menikmati dengan berfoto atau naik perahu, kalian bisa juga berenang lo. Kalian yang suka basah-basahan bisa banget nih dilakuin di air terjun ini. Meskipun kalian berseneng-senang, tapi keamanan tetep nomor 1 ya. Pengunjung dapat menyewa ban atau pelampung di tempat ini dengan harga sekitar Rp 2000,- per orangnya, cukup terjangkau kan? Oh iya satu lagi, kalo soal fasilitas kalian ga perlu khawatir kok. Air Terjun Sri Gethuk ini sudah dilengkapi dengan warung makan, musholla, maupun kamar mandi kok. Lengkap banget sekaligus murah kan? Yuk agendakan liburanmu bersama keluarga ke Air Terjun Sri Gethuk ini. 

Tips and Trick
  • Bawalah baju ganti
  • Jangan buang sampah sembarangan yaa
  • Camera jangan lupa dibawa hehe
Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY