992 views | 3 Likes

Taman Nasional Kelimutu Surga tersembunyi di Indonesia

4 star (from 3 people)
Ende, Nusa Tenggara Timur, Indonesia
Category: Attraction

Posted on 18 August 2017, 11:39:19
biosel
Tourist

Setelah perjalanan 30 menit itu akhirnya kami sampai di view poin. Keindahan Sunrise disini memang sangat menakjubkan di tambah lagi terdapat 3 danau...

How to Get There

Sekarang gue berada di Kabupaten Ende, perjalanan gue kali ini kesalah satu wisata yang sudah ngehitz banget di NTT, ya langsung aja ya waktu itu gue  memilih untuk melihat keindahan Gunung Kelimutu yang terletak di Desa Pemo, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur.

Rute dimulai dari Kabupaten Ende menggunakan mobil menuju Gunung Kelimutu, mobil yang gue naiki sama temen-temen gue ini sudah dalam kondisi sehat dan siap untuk melakukan perjalanan yang cukup rumit ini heheh.. nah jarak dari Kabupaten Ende ke Gunung Kelimutu ini sekitar 39,5 km dan menghabiskan waktu perjalanan sekitar 1 jam 30 mneit 

melalui rute Jl. Moni-Kelimutu, saat itu kami menggunakan Gps heheh tapi Gps ini sangat memudahkan kami untuk sampai ke tujuan, nah meskipun cukup lama perjalanan ini, kami sangat menikmati perjalanan menuju Gunung Kelimutu.

Saat itu kami menginap di desa Moni yang berada di kaki Gunung Kelimutu, kenapa kami memilih menginap disini ya karena disini banyak sekali penginapan seharga 150k saja murah bangetkan? nah saat itu kami menginap di Soa Ria Bungalow.

Desa Moni ini berjarak sekitar 14 km dari pintu masuk Taman Nasional Kalimutu, nah untuk sampai ke Pintu Masuk kami menggunakan jasa ojek untuk mengantarkan ke Pintu Masuk seharga 80k. 

Ohya untuk masuk ke Pintu gerbang Taman Nasional Kalimutu ini dibuka dari jam 04.45 Wita. jadi jangan sampai terlambat ya, sayang banget deh kalo kalian lewati keindahan Sunrise di Puncak Gunung Kelimutu yang menakjubkan.

Sebelum masuk kami diharuskan membayar tiket masuk 5k untuk wisatawan domestik dan 150k untuk wisatawan mancanegara. Nah setelah bayar, saat inilah perjuangan kami untuk trekking menuju View Point/tempat tertinggi di Gunung Kelimutu, kami trekking sekitar 2km dengan kondisi jalan yang nyaman dan tidak menanjak jadi jalannya normal aja gak pegel-pegel amat heheh... nah trekking menuju view point ini kami menghabiskan waktu 30 menit. 

What to Do

Setelah perjalanan 30 menit itu akhirnya kami sampai di view poin. Keindahan Sunrise disini memang sangat menakjubkan di tambah lagi terdapat 3 danau yang berwarna warni ini membuat mata gue tidak berkedip sama sekali saat melihatnya cuma bisa dikatakan dalam hati "wow indahnya pemandangan Gunung Kelimutu!!!".

memang keindahan Taman Nasional Kelimutu ini sudah mendunia nah penamaan dari Kelimutu ini memiliki arti yaitu "Keli' yang berarti Gunung "Mutu" artinya mendidih. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 1.639 mdpl.

Saat itu gue bingung kok bisa ya ada danaunya terus warnanya beda-beda ternyata dulunya gunung ini pernah meletus beberapa tahun lalu, sehingga menciptakan 3 danau yang memiliki warna berbeda dan hal ini merupakan daya tarik bagi traveler yang berkunjung ke Ntt pasti mereka akan penasaran bagaimana sih pemandangan yang menakjubkan di tempat ini?

danau ini memiliki ketinggian sekitar 200 meter, luas 1.051.000 meter persegi, dan memiliki volume air 1.200 juta meter kubik. Danau ini gue lihat begitu terjal dan curam kemiringannya sekitar 70 derajat. 

Untuk fasilitas di sekitar danau cukup lengkap ada beberapa Gazebo, Terdapat penjual-penjual makanan+minuman, dan terdapat toilet juga loh. 

Dari puncak ini kami sangat menikmati pemandangan 3 danau yang indah dan melihat indahnya sunrise yang membuat Puncak Gunung Kelimutu ini terlihat sangat cantik dan puncak ini menjadi tempat yang paling indah untuk menikmati indahnya sunrise di Indonesia.

Hari itu adalah hari yang paling indah untuk kami dan me jadi pengalaman pertama yang berkesan bagi gue guys... pemandangan disini alami, keren, dan menjadi spot photo terkeren untuk koleksi photo traveling.

Ayo buruan kesini di jamin kalian pasti akan dimanjakan dengan pemandangan Gunung Kelimutu yang menakjubkan dan cantik ini merupaka surga tersembunyi di Indonesia yang nyata.

Tips and Trick

1. gunakan jaket parasut disini udaranya dingin guys

2. bawa senter/hp ya untuk trekking jam 5 disini

3. gunakan sepatu yang nyaman

4. kalo kalian gak kuat dengan dingin bisa bawa syal untuk menutup leher saat kedinginan

5. bawalah obat-obat pribadi untuk megindari kejadian yang tidak di inginkan yang sangat menggangu perjalanan kalian.

 

 

kalian ingin melihat keindahan Gunung Kelimutu ini bisa lihat Video YouTube yang ada dibawah ini ya

Video by : Dika Afandi

Where to Stay

kalian bisa menginap di desa Moni yang berada dikaki gunung kelimutu, disini banyak sekali penginapan murah seharga 150k-500k. saat itu kami memilih untuk beristirahat di Soa Ria Bungalow. mau tau informasi Sao Ria Bungalow bisa hubungi : 0852 3925 6119

Gallery (14)

Comments (4)