rudibelawan | Sightseeing
Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia | Attraction
23 Sep 2016

1.66 K20

Serunya bermain sandboarding di Gumuk Pasir di Parangkusumo (Yogyakarta)

Ingin mencoba berada di gurun pasir? Sekarang tidak perlu jauh-jauh ke Mesir, di Indonesia kita dapat merasakan sensasi berada di gurun pasir. yuk ke Gumuk Pasir!

What to Do gumuk pasir jogja

Gumuk Pasir ini terbentuk akibat adanya pergerakan angin yang membawa pasir yang berasal dari material vulkanis Gunung Merapi. Pasir ini kemudian terkena air laut sehingga terbentuk pasir halus dan terkumpul di lokasi ini. Proses terbentuknya Gumuk Pasir ini ternyata merupakan akumulasi dari aktivitas berulang, yang terjadi dari ribuan tahun lalu sehingga fenomena ini baru dapat kita lihat sekarang.

 

 

Karena merupakan gurun pasir yang pertama di Indonesia, banyak pengunjung yang tidak menyia-nyiakan kesempatan ini untuk mengabadikannya.

 

Oh iya, di sini banyak juga pengunjung yang bermain sandboarding, seperti bermain surfing namun dilakukan di gurun pasir bukan air laut. Papan seluncurnya disewakan seharga Rp. 200.000.

 

  

 

Bagi yang suka hal baru, wajib cobain sandboarding ini... Dijamin ketagihan seperti saya.. Xixixixi...

How to Get There gumuk pasir jogja

Untuk menuju Gumuk Pasir Parangkusumo saya berangkat dari Malioboro Yogyakarta menuju selatan dengan waktu tempuh sekitar 1 jam.

Saya hanya mengikuti arah menuju jalan Parangtritis (karena Gumuk Pasir ini letaknya tidak jauh dari Pantai Parangtritis).

Di pertigaan sebelum loket masuk Pantai Parangtritis belok ke kanan. Kemudian lurus saja hingga sampai di pertigaan Pantai Depok (sebelum loket masuk Pantai Depok) belok ke kiri, ikuti jalan dan kita akan melihat tulisan Gumuk Pasir di kanan jalan raya tersebut.

     

 

Atau biar lebih aman bisa mengikuti panduan dari google maps berikut:

 

Tips and Trick gumuk pasir jogja

  • Gunakan sun block
  • Bawa payung, topi, kacamata
  • Usahakan berkunjung pada pagi hari atau sore hari, karena siang hari panasnya sangatlah terik
  • Bila ingin bermain sandboarding, gunakan celana panjang, kaos lengan panjang serta sepatu. Sehingga apabila terjatuh kulit kita tidak terasa sakit (bila bergesekkan dengan pasir).
  • Pastikan bahwa papan seluncur sudah diberi wax
  • Agar biaya sewanya lebih terjangkau, bisa mencari patner yang mau diajak urunan dan gantian pakai papan seluncurnya
  •  

    Untuk video mengenai tempat ini, salah satunya sebagai berikut:

    .

     

     

SUGGESTED PARADISE
No data.
SUGGESTED CULINARY
No data.