Sophia | Sightseeing
Malang, Jawa Timur, Indonesia | Waterfall
18 Dec 2017


Coban Jahe
Di sekitar air terjun ini juga terdapat banyak sekali gazebo yang bisa digunakan untuk beristirahat atau bersantai menikmati air pemandangan air terjun serta taman bunga yang ada.

How to Get There

Hallo guys udah lama banget nih gak liburan setelah terakhir liburan ke Simpang Lima Gumul, kali ini aku bakal cerita tentang liburanku di Malang nih. Kalau ngomongin soal tempat wisata di Malang emang ga ada habisnya ya. Kota Malang dengan puluhan tempat wisata akan menjadi tujuanku kali ini. Karena pengen liburan ke air terjun jadi searching deh air terjun yang bagus dan gak mainstream di Malang. Akhirnya nemu nih rekomendasi dari 'Amazing Malang'.

Berbekal google maps dari kota Malang, berangkatlah kami menuju Coban Jahe. Kami berangkat dari hotel yang masih satu komplek dengan Alun-alun Kota Malang. 

Karena rombongan kami gak tahu jalan, alhasil percaya aja sama mbah google hehe. Kami membutuhkan waktu sekitar 1 jam saja. Yah lumayan, tapi dijamin perjalanan gak akan kerasa sambil nikmatin pemandangan kanan kiri menuju air terjun ini. Lokasi tepatnya Coban Jahe ada di Desa Begawan, Taji, Jabung, Malang. Nah kalo kalian orang malang dan sudah tau desa itu, tinggal capcus aja kalau mau ke air terjun ini. 

What to Do

Akhirnya tiba juga di kawasan Coban Jahe. Berbekal google maps bisa sampe juga ya hehe. Oh iya, biasanya kan google maps ada yang gak tepat lokasinya, nah kalau untuk Coban Jahe ini, kalian bisa menemukan jalan yang pas alias mapsnya gak nyasar kok. Jadi buat kalian yang pengen kesini tapi gak tau jalan juga, kalian bisa gunaik google maps sebagai fasilitas pengarah jalan ke Coban Jahe ini. Kalau emang udah sampai di Desa Begawan, banyak banget plang-plang yang bertuliskan 'Coban Jahe' kok, jadi kalian gak perlu khawatir tersesat lagi. 

Setibanya di kawasan Coban Jahe, kami harus melewati jalan yang lumayan susah dan sedikit berlumpur kalo pas musim hujan. Tapi tenang, jalannya masih bisa dijangkau dan masih memadai untuk dilewati kok. Pemandngan kanan kiri juga bikin adem banget. Untuk tiket masuk, kami hanya peru membayar Rp 5000,- saja per orangnya. 

Setelah memarkir kendaraan dan membeli tiket masuk, pengunjung harus berjalan beberpa meter untuk tiba di kawasan Air Terjun Coban Jahe. Ada yang berbeda nih disini, tak seperti air terjun pada umunya, jalan setapak menuju Coban Jahe ini memiliki pemandangan yang berbeda. Yap, Coban ini dikelilingi oleh taman bunga yang indah dan memiliki tatanan warna yang sangat rapi. Keren banget sih, jalan setapak menuju air terjun ini juga tidak begitu jauh. 

Di sekitar air terjun ini juga terdapat banyak sekali gazebo yang bisa digunakan untuk beristirahat atau bersantai menikmati air pemandangan air terjun serta taman bunga yang ada.

Setelah beberapa menit berjalan, tibalah kami di PAS lokasi air terjunnya. Yippyy.... seneng banget bisa main-main air lama gak main ke air terjun hehehe. Air Terjun Coban Jahe ini memiliki air yang sangat jernih dan yang pasti dingin banget dong ya, lokasinya aja di Malang. Jadi air yang ada disini emang seger banget. 

Selain bersantai di gazebo, fasilitas di Coban Jahe ini juga lengkap lo. Terdapat tiolet, warung, serta musholla di kawasan ini. Jadi kalian gak perlu bingung lagi buat cari makanan atau gak perlu bingung cari tempat ibadah bagi umat islam.

Oh iya, kalau kalian kesini, cobain juga bermain olahraga air yang satu ini, yang terkenal di Coban Jahe adalah tubingnya, kalian bisa bermain air dengan menyusuri sungai Coban Jahe ini. Setelah puas bermain air dan menyusuri sungai dengan tubing, kamipun beristirahat dan makan di warung-warung sekitar air terjun. Setelah itu kamipun sedikit mempelajarei sejarah tentang air terjun ini. 

Ternyata, nama Coban Jahe itu ada artinya lo. Coban berarti air terjun. Namun, untuk kata Jahe disini bukan berarti tanaman jahe ya. Jahe yang dimaksud adalah 'pejahe' yang berarti 'meninggalnya'. Jadi, di area air terjun ini terdapat makam petuah yang dulunya telah gugur di medan perang, sehingga meninggal dan dimakamkan di area air terjun ini dan disebutlah Coban Jahe. 

Dengan harga yang murah serta fasilitas yang lengkap, tempat ini menjadi salahsatu destinasi favorit wisatawan. Yuk agendakan liburanmu ke air terjun yang indah dan anti mainstream ini! 

Tips and Trick

Lebih baik kesini saat musim panas agar jalanan yang dilalui tidak terlalu berlumpur. Bagi kalian yang pengen berhemat, kalian bisa membawa bekal makanan dari rumah dan menyantap bekal di gazebo sambil menikmati pemandangan yang ada. Kalau kalian pengen berenang atau tubing, pastikan membawa baju ganti ya. Dan satu lagi, camera jangan sampai tertinggal. Selamat liburan!

Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY