tedy | Sightseeing
Malang, Jawa Timur, Indonesia | Culture & Art
11 Dec 2017


Museum Panji
Di Museum Panji ini, pengunjung bakal dapet ilmu sejarah yang dijelaskan oleh guide atau juru kunci yang ada disini!

How to Get There

Hallo guys, kali ini aku liburan ke Malang lo. Untuk liburan kali ini sedikit beda ya, karena tempat yang aku kunjungi buakn pantai atau gunung. Kali ini aku bakal berwisata sejarah hehe. Hayo kemana? kali ini aku mengunjungi Museum Panji yang berlokasi di daerah Tumpang Malang guys. Dari daerah Malang kota, kami mengambil jalur melewati daerah Cemorokandang yang membutuhkan waktu sekitar 30 menit dengan jarak tempuh sekitar 12km. Sebenernya ada sih jalur lain yakni mengambil arah jalan KH Malik, tapi sedikit jauh kalo lewat situ, jadi kami mengambil jalur tercepat aja ya guys hehe. 

What to Do

Setibanya di kawasan museum ini, kami diharuskan membeli tiket masuk yang dibandrol seharga Rp 25.000,- untuk orang dewasa dan Rp 20.000,- untuk anak.

museum panji

museum panji

Setelah tiket terbeli, langsung deh kami memasuki area museum ini. Ternyata Museum Panji ini memiliki tempat yang sangat luas di dalamnya. Di Museum Panji ini, pengunjung bakal dapet ilmu sejarah yang dijelaskan oleh guide atau juru kunci yang ada disini. Di dalam museum ini terdapat berbagai benda bersejarah seperti patung, wayang, dan masih banyak replika-replika yang terdapat di museum ini. Pengunjung bisa juga berfoto dengan berbagai benda yang ada disini. Seneng banget sih aku karena udah lama banget gak berwisata yang berbau sejarah gini hehe. 

museum panji

museum panji

Disana pengunjung juga bisa melihat lukisan-lukisan unik dan kuno yang tertempel pada dinding museum. Selain itu, berbagai barang-barang kuno juga dapat kita lihat dan kita nikmati ilmu sejarahnya. Juru kunci atau guide yang ada disini baik banget lo, kalau kalian berani tanya pasti dijelasin panjang lebar tuh. Banyak sih ilmu yang dapat kita gali dari bapak-bapak juru kunci, jadi kalian jangan takut buat bertanya ya hehe. 

museum panji

museum panji

Bagus yaa, seneng bisa liat barang-barang kuno apalagi wayang yang merupakan simbol budaya Jawa, beberapa saat jadi ngerasa jadi orang terdahulu kalo mainin wayang-wayang ini hehe. Barang-barang kuno baik wayang ataupun yang lain dijaga dengan baik di tempat ini. 

Selain kawasan museum, di tempat ini juga tersedia kolam renang yang merupakan bangunan sejarah juga lo. Kalian bisa berenang dan bermain air di kawasan ini. Untuk berenang, tiket yang dijual dibandrol dengan harga Rp 10.000,- per orangnya. Bangunan yang dapat kita nikmati di kawasan kolam renang ini juga unik dan tak jarang bangunan yang ada menjadi spot foto favorit pengunjung. 

museum panji

museum panji

Tempatnya yang luas dan terdapat fasilitas kolam renang menjadi sasaran pengunjung yang berkunjung ke tempat ini. Bagi kalian yang mau berkunjung tapi masih penasaran sama apa yang ada di dalam museum ini, kalian bisa tonton video dari tim amazing malang ini:

Tips and Trick
  1. Jangan malu bertanya pada penjaga museum untuk mengetahui ilmu lebih banyak lagi
  2. Jaga kebersihan museum dengan tidak membuang sampah sembarangan
  3. Karena museum ini tutup jam 17.00, maka kalian jangan terlalu sore saat berkunjung ke museum ini, bisa-bisa sebelum kalian puas berkunjung, museum ini sudah tutup
Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY