Berwisata di Kampung Coklat

kampung coklat

aldilasalma | Traveler
Blitar, Jawa Timur, Indonesia | City Trip
07 Nov 2017


Berwisata di Kampung Coklat
Setelah memasuki lokasi, kita akan disuguhkan dengan banyaknya pepohonan coklat, disini banyak menu olahan coklat yang disajikan di tempat ini!

How to Get There

Perjalananku kali ini dimulai dari Tulungagung guys. Awalnya bingung ngehabisin waktu liburan mau kemana lagi ya, akhirnya aku dan keluarga memutuskan buat mempir ke Kampung Coklat yang berlokasi di Blitar, Jawa Timur. Perjalanan yang kami tempuh kira-kira membutuhkan waktu 50 menit dengan jarak tempuh kurang lebih 30km. Karena kebetulan jarak Kota Tulungagung dan Kota Blitar bersebelahan ya, jadi lumayan deket dan gak butuh waktu lama buat perjalanannya haha.

kampung coklat

What to Do

Setibanya disana, kami diarahkan oleh petugas untuk memasuki lokasi. Kami melewati gudang coklat, dan selunjatnya akan mendapati banyak coklat yang dikeringkan. Di sebelah kanan kiri kalian akan menemui mesin penggiling beserta banyak sekali tumpukan karung-karung coklat. 

Selanjutnya, kalian akan menemui  gapura bertuliskan 'Welcome to Kampung Coklat', dan disitu pula terdapat loket yang menjual tiket masuk. Untuk memasuki kawasan Kampung Coklat ini, kalian hanya perlu membayar Rp 5000,- per orang. Cukup terjangkau bukan?

kampung coklat

Setelah memasuki lokasi, kita akan disuguhkan dengan banyknya pepohonan coklat yang ada. Tak hanya pepohonan biasa, tempat yang ada disulap menjadi kafetria. Suasana masuk area kafetaria ini begitu sejuk dan rindang, karena meja dan kursi tertata dengan rapi dibawah pepohonan coklat yang ada. Oh iya, untuk menjaga kelestarian tanaman yang ada di kampung coklat, pengunjung dilarang memetik buah coklat sembarangan yaa.

Banyak menu olahan coklat yang disajikan di tempat ini. Karena siang hari, jadi saya memutuskan untuk mencoba ice coklat. Rasanya sih ga beda jauh sama pop ice ya, cuman olahan coklat ini lebih pahit karena menggunakan bubuk coklat asli. Harga olahan ice coklat ini juga terjangkau hanya Rp 5000,-. Tak hanya itu, kalian tak perlu khawatir kelaparan karena terdapat banyak olahan makanan disini.

kampung coklat

kampung coklat

Di dekat kafetaria ini terdapat nursey atau pembibitan. Terbentang area yang cukup luas dan dipenuhi dengan bibit-bibit coklat siap tanam. Waah kebayang gak tuh, pengen bawa pulang tanam dirumah haha. Di bagian atasnya diberi jaring dan jug kaca yang bertujuan untuk melindungi benih coklat dari sengatan matahari yang panas, karena coklat sendiri membutuhkan suhu yang tidak terlalu panas. Jika dibiarkan dibawah paparan sinar matahari langsung, maka benih akan kering dan mati. 

kampung coklat

Oh iya, jangan sampe kalian melewatkan berbagai oleh-oleh yang ditawarkan oleh kampung coklat ini. Terdapat tempat tersendiri untuk membeli oleh-oleh yang terbuat dari berbgai olahan coklat. Selain itu, disana juga tersedia taster jadi bagi kalian yang ragu dengan rasanya gak perlu khawatir karena semua bisa dicoba. Macam jajanan yang disediakan antara lain permen coklat, dodol coklat, keripik coklat, stik coklat, brownis coklat, cake coklat, dan masih banyak jajanan lainnya. 

kampung coklat

Tempat ini sangat cocok untuk berwisata bersama keluarga atau insatansi sekolah. Karena tempat ini banyak digunakan untuk berwisata edukasi tentang coklat. Selain itu, kalian juga dapat melihat secara langsung pembibitan coklat, buah coklat, pengeringan coklat hasil panen, serta pengolahan produk coklat. Namun sedikit disayangkan karena tidak adanya pemandu yang menjelaskan tentang coklat dan semua proses yang terjadi disini. 

Yap, setelah puas menglilingi kampung coklat ini, saatnya untuk pulang haha. Bagi kalian yang mencari tempat liburan, tempat ini wajib banget kalian kunjungi!

Tips and Trick
  1. Bawalah alat dokumentasi untuk dokumentasikan momenmu
Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY