renitanaka | Tourist
Malang, Jawa Timur, Indonesia | City Trip
26 Oct 2017


Istana Masjid Tiban Turen
Ada yang pernah denger Masjid Tiban yang ada di Turen Malang? Masjid yang sangat luas serta memililki desain bangunan yang aesthetic ini sangat diminati wisatawan baik untuk melakukan ibadah atau sekedar ingin tahu dan berfoto di masjid unik ini.

How to Get There

Holaaa kali ini aku bakal liburan sekaligus pengen tau Masjid Tiban yang ada di kota Malang itulo guys, ada yang tau ngga? Menurut cerita yang aku baca nih ya, katanya tuh masjid ini disebut 'Tiban' karena warga setempat gaada yang tau bangun masjidnya ini kapan. 'Tiban' tuh artinya 'jatuh secara tiba-tiba' kalo dalam bahasa jawa. Nahlo, bingung kan. 

Dari pusat kota Malang, masjid ini berjarak sekitar 30km atau membutuhkan waktu kurang lebih satu jam. Lokasinya ada di Jl. Anggur, Sananrejo, Turen, Malang. Sesampainya disana kalian tak perlu khawatir soal parkir, karena masjid ini menydiakan perkir yang luas dan terlihat banyak bus yang terparkir karena emang banyak jamaah atau rombongan umat Islam dari berbagai kota yang ingin merasakan sensasi beribadah di masjid megah ini. 

 

What to Do

Setibanya di pintu masuk, kalian hanya perlu membayar seikhlasnya pada kotak yang telah disediakan oleh penjaga yang ada. Dari pintu masuk pun, kita udah bisa ngeliat view yang sangat bagus dan arsitektur yang keren banget emang udah kaya istana sihhh. 

istana masjid tiban turen

Disana ternyata banyak banget santri yang siap buat ngejawabin pertanyaan-pertanyaan kita seputar Masjid Tiban ini. Yaudah karena ga mau ketinggalan momen, aku mau ngilangin rasa penasaranku dengan bertanya 'Mbak apa iya sih masjid ini ada secara tiba tiba gitu? Kok artikel yang saya baca begituan semua ya isinya hehe'. Terus si embak ngejelasin kalo ternyata masjid ini murni dibangun oleh orang biasa pada umumnya tepatnya para santri yang tinggal di pondok pesantren 'Salafiyah Bihaaru' ini dan pembangunannya pun menggunakan biaya pribadi pihak pesantren. Akhirnya terjawab sudah rasa penasaran saya hehe. 

istana masjid tiban turen

istana masjid tiban turen

Tempatnya yang nyaman, luas, dan dingin banget serta arsitekturnya yang keren membuat wisatawan atau jamaah betah mengelilingi masjid ini. Oh iya fyi, masjid yang luas ini bukan sepenuhnya buat tempat ibadah atau sholat ya. Ada tempat sendiri yang dikhusukan untuk sholat. Marmer marmer yang digunakan untuk hiasan disini juga marmer asli. Tak hanya untuk hiasan, atap masjid ini pun berhiaskan marmer yang sangat indah. 

istana masjid tiban turen

Tak hanya itu, yang menjadi keunikan lagi, Masjid Tiban ini terdiri dari 9 lantai loo. Kita dapat menjelajahi tiap lantai dan ruangannya menggunakan lift atau tangga yang telah disediakan. Pada lantai dasar Masjid Tiban Turen, pintu masuk dibuat berlorong dan dihiasi dengan lampu yang memberikan kesan tersendiri. Oh iya, disini kalian bisa membeli barang atau oleh oleh yang dijual oleh para penjual dan para santri yang ada di depan Masjid ini.

Di atas lantai masjid ini, kalian bisa nikmatin berbagai jenis tanaman yang ditanam sendiri oleh para santri. Sedangkan di lantai 9, kalian bisa ngeliat pemandangan yang indah baik didalam komplek maupun diluar komplek pondok pesantren. Tak hanya itu, didalam masjid yang layaknya istana ini kalian juga bisa melihat berbagai satwa seperti kera, burung cenderawasih, rusa, burung kakatua, ayam bekantan dan beberapa macam satwa lainnya.

istana masjid tiban turen

Selain itu, kalian juga bisa nikmatin view indahnya pada malam hari guys. Bagus kan, yuk cobain kesini deh. 

Tips and Trick
  1. Bawalah alat dokumentasi
  2. Bagi yang beragama Islam, jangan lupa bawa alat ibadah 
Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY