biosel | Sightseeing
Agam, Sumatera Barat, Indonesia | City Trip
24 Oct 2017


Wisata Elok Danau Maninjau
Danau Maninjau adalah sebuah danau di kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Danau ini termasuk danau terluas ke-11 di Indonesia.

How to Get There

Hai guys kali ini gue bakal review tantang wisata Danau Maninjau. Danau terbesar ke-11 di Indonesia ini terletak di Provinsi Sumatera Barat, tepatnya di Jl. Bukittinggi, Kab. Agam, Kec. Tanjung Raya. Lokasi danau ini tidak jauh dari Bukittinggi. Jarak Danau Maninjau dari Bukittinggi kira-kira kurang lebih 36 kilometer.

Ngomongin soal Danau Maninjau, kalian juga pasti tau dengan kelok44 nya ya. Yap, kelok 44 merupakan jalan atau akses menuju Danau Maninjau yang bentuknya berkelok-kelok dan berjumlah 44 kelokan. Tapi jangan ngitungin satu satu ya haha. Di tiap kelokan akan ada angka yang menunjukkan kita berada di kelokan ke berapa saat itu. Butuh waktu sekitar kurang lebih 20 menit untuk melewati 44 kelok ini. Selain itu, tentunya dibutuhkan driver yang pengalaman dan tau adat setempat yaa. Driver yang melewati setidaknya harus paham dengan aturan yang berlaku di kelok 44 ini, khususnya dalam hal memberi jalan bagi kendaraan yang datang dari arah berlawanan, terutama pada kelokan jalan. Keep tolerance yaa!

wisata elok danau maninjau!

 

What to Do

Seletah puas berkelok menuruni bukit di kelok 44, kita akan disuguhkan dengan pemandangan luasnya Danau Maninjau yang elok. Tak heran jika Danau Maninjau jadi salah satu tempat wisata favorit wisatawan lokal dan mancanegara. Karena keindahannya yang luar biasa, gue jadi ngerasa liat wallpaper di hp haha. Harga tiket masuk danau maninjau dan puncak lawang dibandrol Rp 25.000,- per orangnya. Kabut tipis yang menutup bukit-bukit sekitar danau ini membuat mata semakin meleleh akan keindahannya. Selain itu, awan-awanpun terlihat rendah diantara rentetan bukit-bukit yang ada. Keren dehh!

wisata elok danau maninjau

Tak hanya pesona awan dan kabut yang super indah. Kita juga akan disuguhkan dengan luasnya air yang jernih, berasa ngaca di kaca raksasa deh haha. Suasana yang sejuk juga menambah nilai lebih pada wisata Danau Maninjau ini. Jika kalian berwisata di danau ini, jangan ketinggalan, kalian juga wajib berfoto di spot yang lagi hits di internet yang terdapat di danau ini. Foto dengan background rumah adat dan danau menjadi favorit wisatawan yang berlibur di danau ini.

wisata elok danau maninjau

- spot foto favorit wisatawan -

View Point dari Danau Maninjau salah satunya adalah Puncak Lawang, yang lokasinya berjarak lebih kurang 40 menit dari kelok 1(bawah). Kami pun kembali melahap 44 kelok untuk menuju ke Puncak Lawang. Kita bisa menyewa mobil khusus untuk menuju ke Puncak Lawang dan dibandrol Rp 50.000,- per orang untuk perjalanan PP. Lumayan mahal sih, karena emang disana ga ada transportasi lain, kecuali kalian bawa kendaraan sendiri yaa haha.

 

wisata elok danau maninjau

- puncak lawang -

Yaa, Puncak Lawang sendiri merupakan nama suatu puncak dataran tinggi di Kabupaten Agam Sumatera Barat. Oh iya, dari tempat ini kita bisa meihat birunya Danau Maninjau loo. Puncak Lawang ini terletak di Kecamatan Matur, Kabupaten Agam, Sumatra Barat. Dari sini kita dapat melihat pemandangan Danau Maninjau secara utuh, kebayang kan gimana indahnya. Banyak spot foto, wisata ourbond, dan pemandangan indah yang dapat dilihat keindahannya di Puncak Lawang ini. Kuy lah liburan ke Danau Maninjau, dijamin stess kalian bakal ilang setelah ngeliat indahnya pemandangan yang ada disini!

 

Tips and Trick
  1. Siapkan budget lebih jika anda tidak membawa alat transportasi karena harga sewa transport disini termasuk mahal.
  2. Bawalah alat dokumentasi
  3. View yang bagus di danau ini adalah saat pagi dan siang hari
Where to Stay
Kali itu, gue nginep di 'Hotel Maninjau Indah' Tarif kamar dibandrol Rp 400.000,- isi 3 bed dengan fasilitas kamar mandi, TV 14”, kipas angin, dan sarapan. Sistem sarapan di sini bukan prasmanan yaa. Kita harus memesan dulu dari beberapa pilihan yang ada dan makanan baru dimasak setelahnya. Waktu itu gue pilih menu Nasi Goreng. Cuss deh sarapan sambil ngeliat view Danau Maninjau, asik kan haha!
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY