4 star (from 1 people)
3,717 views | 0 Likes
Pura Tanah Lot Bali
Tabanan, Bali, Indonesia
Category: Beach Exploring

Liburan ke bali? nah bagi traveller yang menyukai Pantai yang indah "Pura Tanah Lot" adalah tempat yang tepat sekali untuk traveller kunjungi dengan sunsetnya yang membuat liburan anda lebih bewarna dan lebih berkesan saat anda ke tempat ini dengan teman

Posted on 15 August 2016, 18:02:39
Location on Google Maps
Tanah Lot Temple, Jl. Raya Tanah Lot, Beraban, Kediri
Jl. Raya Tanah Lot, Beraban, Kediri, Kabupaten Tabanan, Bali 80123, Indonesia
How to Get There

Lokasi Pura Tanah Lot ada di pulau Bali , Alamatnya ada di Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan. Jika anda dari aiport Ngurah Rai, waktu tempuh yang anda perlukan, kurang lebih 1 jam 3 menit dengan jarak tempuh sekitar 26,8 km untuk sampai ke lokasi Pura Tanah Lot Bali. 

Jika anda dari Kota Denpasar, melalui rute Jl.Raya Canggu, waktu tempuh yang anda perlukan, kurang lebih 1 jam 5 menit dengan jarak tempuh sekitar 28,3 km, untuk sampai ke lokasi Pura Tanah Lot Bali, rute tercepat melalui Jl. Sunset Road waktu tempuh yang anda perlukan, Kurang lebih 1 jam 2 menit dengan  jarak tempuh sekitar 26,8 Km untuk sampai ke Lokasi Pura Tanah Lot Bali.

Akses Menuju Pura Tanah Lot Bali

Untuk akses ke Objek wisata Pura Tanah Lot Bali ini sangat mudah, mobil, motor dan kendaraan lainya sangat mudah untuk menuju ke lokasi ini, dari Denpasar jika anda menggunakan mobil sekitar 26,8 km bisa di tempuh sekitar 1 jam 2 menit berkendaraan. 

Ada tempat parkir yang luas dimana anda bisa memarkirkan kendaraan anda dengan aman.

Semoga informasi ini berguna untuk anda yang sedang mencari referensi mengenai tempat wisata Pura Tanah Lot Bali.

What to Do

Tanah Lot Bali yang indah dan ramai dengan pengunjung ini memiliki cerita yang tidak semua orang tau, Asal-usul Tanah Lot Bali berdasarkan legenda, dikisahkan pada abad ke -15, Bhagawan Dang Hyang Nirartha atau dikenal dengan nama Dang Hyang Dwijendra melakukan misi penyebaran agama Hindu dari pulau Jawa ke pulau Bali.

Pada saat itu yang berkuasa di pulau Bali adalah Raja Dalem Waturenggong. Beliau sangat menyambut baik kedatangan dari Dang Hyang Nirartha dalam menjalankan misinya, sehingga penyebaran agama Hindu berhasil sampai ke pelosok – pelosok desa yang ada di pulau Bali.

Dalam sejarah Tanah Lot, Dang Hyang Nirartha, Yang melihat sinar suci dari arah laut selatan Bali, maka Dang Hyang Nirartha mencari lokasi dari sinar tersebut dan tibalah di sebuah pantai di desa yang bernama desa Beraban Tabanan.

Pada saat itu desa Beraban dipimpin oleh Bendesa Beraban Sakti, yang sangat menentang ajaran dari Dang Hyang Nirartha dalam menyebarkan agama Hindu. Karna pada saat itu Bendesa Beraban Sakti, menganut aliran monotheisme. Dan pada saaat itu Dang Hyang Nirartha melakukan meditasi diatas batu karang yang menyerupai bentuk burung beo yang pada awalnya berada di daratan.

Menurut sejarah Tanah Lot, Dang Hyang Nirartha memindahkan batu karang (tempat bermeditasinya) ke tengah pantai dengan kekuatan spiritual. Batu karang tersebut diberi nama Tanah Lot yang artinya (batu karang) yang berada di tengah lautan. Semenjak peristiwa itu Bendesa Beraban Sakti mengakui kesaktian yang dimiliki Dang Hyang Nirartha dengan menjadi pengikutnya untuk memeluk agama Hindu bersama dengan seluruh penduduk setempat.

Di Tanah Lot, sebelum meninggalkan desa Beraban, Dang Hyang Nirartha memberikan sebuah keris kepada bendesa Beraban. Keris tersebut memiliki kekuatan untuk menghilangkan segala penyakit yang menyerang tanaman. Keris tersebut disimpan di Puri Kediri dan dibuatkan upacara keagamaan di Pura Tanah Lot setiap enam bulan sekali. Semenjak hal ini rutin dilakukan oleh penduduk desa Beraban, kesejahteraan penduduk sangat meningkat pesat dengan hasil panen pertanian yang melimpah dan mereka hidup dengan saling menghormati.

 

 

Objek wisata tanah lot terletak di Beraban, Kediri, Tabanan, sekitar 13 kilometer di sebelah selatan Kota Tabanan. Di sebelah utara Pura Tanah Lot, sebuah pura lain yang dibangun di atas tebing yang menjorok ke laut. Tebing ini menghubungkan Pura dengan daratan dan berbentuk seperti jembatan (melengkung). Pura ini disebut Pura Karang Bolong.


Pura Tanah Lot merupakan bagian dari Pura Kahyangan Jagat di Bali, sebagai tempat memuja dewa penjaga laut. Pura Tanah Lot akan kelihatan dikelilingi air laut  pada saat air laut pasang. Di bawahnya terdapat goa kecil yang didalamnya ada beberapa ular laut, yang mempunyai ciri-ciri berekor pipih seperti ikan, berwarna hitam berbelang kuning. Menurut cerita ular laut tersebut adalah jelmaan dari selendang perdiri pura, yaitu seorang Brahmana dari Jawa yang mengembara ke Bali. Beliau adalah Dang Yang Nirartha. Ular itu diutus sebagai ular penjaga pura ini.

 

Dari tempat parkir menuju pura Tanah Lot, banyak terdapat toko yang menjual berbagai barang kerajinan khas Bali. Misalnya patung, lukisan, kain pantai, pernak – pernik, dan aksesoris seperti di Pasar Seni Sukawati Bali. Selain itu terdapat pedagang makanan dan minuman dan penyewaan kamar kecil atau toilet. Harganya pun relatif murah untuk wisatawan domestik maupun mancanegara.

Keunikan dari Tanah Lot yang obyek wisatanya terkenal sekali di pulau Bali ini, menjadi favorit wisatawan untuk mengunjungi Tanah Lot, Karena pemandangan pantainya yang sangat indah dan sunset/matahari terbenam yang sangat eksotis, yang membuat wisatawan kagum dan takjub karna pemandangan yang sangat indah di Pura Tanah Lot. Membuat pengunjung Rindu dengan tempat ini.

 

Untuk Pengunjung yang ingin berkunjung ke Pura Tanah Lot di haruskan membayar tiket masuk ke Wisata dengan tarif sekitar Rp.10.000 untuk satu orang dewasa.

Di Tanah Lot terdapat dua pura yang terletak di atas batu besar. Pura pertama terletak di atas bongkahan batu dan pura lainnya terletak di atas tebing.

 

 

 

Jika anda berlibur di Tanah Lot bingung mau menginap dimana? Jangan khawatir karna , Disepanjang jalan menuju tempat wisata Tanah Lot, banyak terdapat penginapan. Mulai dari penginapan sederhana, hingga villa dan hotel berbintang.

Ini adalah hotel Natya yang dekat dengan Pantai Tanah Lot.

Ini adalah coco hotel yang dekat dengan Tanah Lot.

Tempat wisata Tanah Lot di Bali ini, sangat ramai dikunjungi wisatawan pada sore hari, Karena Pemandangan indah pantai dan matahari terbenam yang dapat anda dinikmati sekitar pukul 6 sore. Di area Tanah Lot terdapat beberapa hotel yang dekat dengan pantai di sekitar tempat wisata Tanah Lot, yang mengelar berbagai acara di malam hari. Misalnya pertunjukan tari Kecak, sunset dinner, dan pesta pernikahan.

Di Pulau bali adalah tempat favorit untuk foto pre wedding karna keindahan dan keunikan yang ada di Pulau Bali. Salah satu tempat indah yang di pilih untuk melakukan foto pre wedding ialah Pura Tanah Lot pemandangannya yang eksotis dan unik membuat hasil foto pre wedding menakjubkan.

Dan ini adalah suasana pada malam hari di Pura Tanah Lot Bali yang ramai dengan pengunjung. Pengunjung di sini bersantai, makan, dan minum sambil menikmati pemadangan sunset/matahari tenggelam yang sangat indah sekali,,, gak nyesel deh kalo anda berlibur ke Pura Tanah Lot Bali memory yang susah di lupakan karena pemandangannya yang indah dan tempat yang cocok untuk bersama teman, Keluarga, dan orang tersayang.

 

 

 

 

 

 

 

Tips and Trick
  1. Anda suka bermain pasir di pantai, entah itu hanya berjalan-jalan, berjemur, atau membuat kastil dari pasir? Tapi, Anda tak ingin kan pasir-pasir yang melekat di kaki mengotori mobil Anda? Triknya, taburkan bedak bayi di kulit Anda dan semua pasir akan rontok.
  2. Ketika wisata keluarga dan anak-anak kecil ikut, mereka pasti juga akan tergoda bermain di air. Triknya, bawalah kolam khusus anak dan pompa kemudian tempatkan kolam ini di tempat yang aman dan dalam pengawasan.
  3. Pasti menyebalkan ketika sedang di pantai dan sandal jepit Anda rusak. Anda bisa membawa sandal 2 agar saat sandal anda putus bisa memakai sandal yg anda bawa tadi.
  4. Bawalah air mineral dalam botol isi ulang. Sebab, Anda mudah terkena dehidrasi di pantai terutama saat terik matahari.
  5. Benda lainnya yang wajib dibawa tentu saja kamera untuk mengabadikan momen liburan Anda. Lalu kacamata hitam, baju renang, baju ganti, dan sandal jepit. Tak ada salahnya Anda membekali diri dengan plester luka, juga obat-obatan pribadi.

 

Disini saya ada video mengenai “Pura Tanah Lot” yang membuat anda takjub karna suasana alam dan keindahannya yang harus anda coba dan anda ketahui.

Anda penasaran???

check this out ->          

                             

*Picture that I use in Review is not mine , i take it from google , thank you.

Gallery (30)
Comments (2)