Taman Nasional Baluran

taman nasional baluran

luna | Sightseeing
Banyuwangi, Jawa Timur, Indonesia | Attraction
16 Oct 2017


Taman Nasional Baluran
Taman Nasional Baluran ini beda dari taman-taman yang lain, melainkan mirip padang savana yang ada di Afrika.

How to Get There

Lama gak liburan nah baru bulan ini saya dapat cuti untuk pulang ke rumah nenek saya yang ada di Malang. Daripada dua minggu nggak ada acara, saya dan saudara memutuskan untuk berlibur ke Banyuwangi. Tempat yang ingin saya kunjungi pertama adalahTaman Nasional Baluran. Nah banyak yang bilang di taman nasional ini beda dari taman-taman yang lain, melainkan mirip padang savana yang ada di Afrika.

taman nasional baluran

Perjalanan yang ditempuh dari Malang menuju ke Banyuwangi menggunakan mobil sekitar 7 jam perjalanan, karena saat itu jalanan sedikit macet.

What to Do

Setelah menempuh perjalanan yang cukup lama akhirnya sampailah kami di Taman Nasional Baluran saat itu sekitar jam 3 sore jadi tidak begitu panas dan cocok untuk hunting foto. Ternyata benar, Taman Nasional Baluran ini sangat kereenn pemandangannya dengan background Gunung Baluran yang sangat jelas. Banyak spot-spot foto dan pastinya instagramable haha. Rumput-rumput yang terbentang sepanjang mata memandang menambah kesan asri dari taman ini.

taman nasional baluran

taman nasional baluran

Tidak hanya padang savana saja, ternyata di Taman Nasional Baluran ini juga melindungin hewan-hewan padang rumput seperti, banteng, kerbau, monyet ekor panjang, rusa, dan burung merak. Kalian dapat melihat keberadaan mereka yang sedang merumput di tengah savana. Benar-benar pemandangan yang belum pernah saya lihat sebelumnya.

taman nasional baluran

taman nasional baluran

Setelah puas foto-foto di savana kita bisa langsung menuju Pantai Bama yang masih menjadi satu dengan kawasan Taman Nasional Baluran ini. Jarak yang ditempuh hanya 3 kilometer dari lokasi padang savana, meneruskan ke padang rumput, mengikuti jalan yang ada dan sampailah di Pantai Bama ini.

taman nasional baluran

Jadi menurut saya seru sekali berlibur disini karena satu lokasi sudah banyak tempat wisata yang bisa di datangi. Oh iya di dekat sini ada banyak penginapan, jadi tidak usah bingung mau menginap dimana.

Biaya masuk Taman Nasional Baluran ini bermacam-macam, sesuai dengan situasi kondisi dan berdasarkan asal wisatawan. Selain tiket masuknya, biaya parkir juga diperhitungkan. Berikut rincian biaya masuk yang dipungut di Taman Nasional Baluran Jawa Timur.

Harga tiket masuk pada hari biasa (hari biasa terhitung mulai hari senin hingga hari jum’at)

Pengunjung domestik / wisatawan lokal : Rp.15.000 sedangkan Wisatawan manca negara : 10 kali lipat, yakni Rp. 150.000

Tarif parkir untuk hari tersebut : Pengendara roda 2 : Rp. 5.000, Pengendara roda 4 : Rp. 10.000.00, dan Pengendara roda 6 (bus) : Rp. 50.000

Harga tiket masuk weekend atau hari libur (tanggal merah)

Wisatawan lokal : Rp. 17.500 sedangkan Wisatawan manca negara : Rp. 225.000

 

Ini ada cuplikan video betapa indahnya Taman Nasional Baluran ini 

Tips and Trick
  1. Bawa kamera/smartphone yang kameranya bagus
  2. Kaca mata hitam biar tidak silau
  3. Topi
  4. Jangan membuang sampah sembarangan
Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY