Pulau Biawak

pulau biawak

mummyz | Sightseeing
Indramayu, Jawa Barat, Indonesia | Beach Exploring
19 Sep 2017


Pulau Biawak
Pulau Biawak ini memiliki luas 120 hektare dan di tumbuhi oleh tanaman bakau yang subur dan hijau. Pulau Biawak disini terdapat banyak sekali binatang biawak yang bisa wistawan dapatkan.

How to Get There

Kali ini saya bersama teman saya lagi pengen menjelajahi indahnya kabupaten indramayu, dan berkunjung kesalah satu wisata yang indah di kabupaten indramayu, nama wisata yang saya kunjungi kali ini adalah Pulau Biawak yang terletak di Laut jawa, pulau biawak ini dekat sekali dengan pulau candikian dan pulau gosong. 

untuk sampai ke Pulau ini saya menyewa perahu untuk menyeberangkan saya ke Pulau Biawak seharga 300 ribu perorang dan perahu ini beroperasi pada hari sabtu dan minggu saja. perjalanan ini menghabiskan waktu sekitar 1 jam 30 menit. 

 

What to Do

Pulau Biawak ini memiliki luas 120 hektare dan di tumbuhi oleh tanaman bakau yang subur dan hijau. Sesuai dengan nama Pulau Biawak disini terdapat banyak sekali binatang biawak yang bisa wistawan dapatkan. Pulau ini juga memiliki mercusual buatan Belanda yang memiliki ketinggian sekitar 65 meter dan 16 lantai yang sudah berdiri pada tahun 1972.

 

saat perjalanan menuju Pulau Biawak ini memang udaranya sangat sear dan bersih. perairan di pulau ini juga bersih dan bening, makanya tempat ini dijadikan tempat snorkeling dan diving untuk menikmati indahnya biota laut dan terumbu karang yang berwarna-warni.

Pulau ini dulunya bernama Pulau Rakit, namun karena di pulau ini terdapat banyak Biawak makanya pemerintah Indramayu memberinya nama "Pulau Biawak" dan kini pulau ini menjadi daya tarik tersendiri saat berkunjung ke Kabupaten Indramayu. 

Selain pulau ini memiliki keindahan yang menawan, pulau ini juga memiliki cerita yang mistis yang sudah terkenal sekali di kabupaten indamayu. Pulau Biawak ini kata orang menjadi tempat untuk melakukan ritual pesugihan dan dipulau ini juga terdapat kuburan Syarif Hasan yang berasal dari cerebon dan menyebarkan agama islam di jawa barat.

Ada lagi cerita mistis katanya cuma orang tertentu yang bisa melihat biawak disini , karena biawak ini jarang ditemui karena berada di alam gaib dan ada juga cerita mistis dari warga sekitar dulu katanya ada ular raksasa yang merupakan jelmaan dari Pusaka Dewi Nawang Wulan yang meminta warga agar memberinya tempat untuk tinggal di Pulau Biawak. 

 

nah itulah sekilas cerita mistis yang saya dapatkan di Pulau biawak, nah jangan takut ya kalo selama niat kalian baik kesini saya rasa aman-aman saja dan jika iman kalian kuat jadi pasti gak akan tergoda untuk melakukan hal-hal yang iseng di tempat ini atau bahkan melakukan ritual.

Tips and Trick

1. saat berkunjung ke tempat ini hari nsabtu dan minggu saja karena kapal pengantar ini hanya beroperasi pada hari sabtu dan minggu.

2. gunakan sandal/sepatu yang nyaman

3. bawalah kamera

4. Jika ingin snorkeling disini bawa peralatan sendiri ya

5. jangan buang sampah sembarangan

Mau tau bagaimana keindahan Pulau Biawak kalian bisa lihat video dibawah !!!

 

Video Youtube By: Deby Simbolon

Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY