Candi Prambanan yang penuh dengan Sejarah

candi prambanan

jimmy | Sightseeing
Sleman, Yogyakarta, Indonesia | Historical Places
14 Sep 2017


Candi Prambanan yang penuh dengan Sejarah
Candi Prambanan ini merupakan candi Hindu terbesar di Indonesia. Candi ini di bangun pada abad ke-9. Candi ini sudah sering dilakukan pemugaran. Mau tau sejarah candi ini? berikut

How to Get There

Jogja memang tidak pernah habis-habisnya menyubuhkan pemandagan yang membuat siapapun jatuh hati dengan Jogja. kali ini saya berada di kota Sleman dan berkunjung ke Candi Prambanan yang terletak di Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Pagi-pagi itu saya bangun ajak teman yuk bangun cepetan jalan-jalan masa di Jogja diem di hotel aja heheh.. nah langsung aja deh habis siap-siap kami cabut ke Candi Prambanan, jarak dari penginapan saya di Sleman menuju Candi Prambanan jaraknya sekitar 13,6 km dan memakan waktu perjalanan sekitar 30 menit saja, saat itu kami menggunakan motor yang kami sewa dihotel jadi asik banget kami bisa melihat indahnya pemandangan di kabaten sleman.

Tidak terasa perjalanan 30 menit. akhirnya kami sampai di Candi Prambanan, nah berikut keseruan kami disana.

What to Do

ya sebenarnya saya sudah sering main ke Jogja tapi entah kenapa saya di ajak ke Candi Prambanan ada aja halangannya, kayak kapan hari itu 2 hr di jogja jln-jln ke wisata lain eh, gak sempet deh ke Candi Prambanan, nah makanya kali ini  saya dan teman saya kesini lagi dan menghabiskan waktu kami 1 hr untuk menjelajahi keindahan bangunan candi Prambanan dan mencari informasi sejarah Candi Prambanan.

nah kali ini saya akan membahas sejarah Candi Prambanan, yeah Candi Prambanan ini merupakan candi Hindu terbesar di Indonesia. Candi ini di bangun pada abad ke-9. Candi ini sudah sering dilakukan pemugaran, pengelompokan, dan identifikasi batu-batu reruntuhan yang dilakukan secara detail dan rinci oleh P.J.Perquin dibawah pengawasan Dinas Purbakala. pemugaran ini terpaksa dihentikan pada tahun 1942 saat jepang mengambil alih pemerintahan Indonesia. namun dengan berjalannya waktu indonesia mengambil alih lagi dan melakukan pemugaran Candi Prambanan masih tetap dilaksanakan sampai saat ini. 

Sejarah Berdirinya Candi Prambanan ini berawal dari Tatkala Bandung Bondowosao yang tiba di kraton, ia melihat Prabu Boko yang memiliki putri cantik bernama Roro Jonggrang, membuat Bandung Bondowoso jatuh hati kepada Putri Roro Jonggrang. Saat putri Roro Jonggrang tau bahwa Bandung Bondowoso suka padanya, maka saat itu Putri Roro Jonggrang  mengatakan pada Bandung Bondowoso akan ada 2 syarat yang harus dipenuhi yang pertama ialah membuat sumur Jalatunda dan yang kedua mendirikan 1000 Candi dalam waktu 1 malam, dan pada akhirnya pangeran melakukan apa yang diinginkan oleh putri. 

Namun sayangnya setelah Sumur Jalatunda selesai dibuat, Putri itu menyuruh Bandung Bondowoso masuk kedalam sumur, dan ketika Bandung Bondoso masuk kedalam sumur tersebut, Putri itu menyuruh Patih Gupala untuk menimbun sumur dengan tanah agar Bandung Bondowoso dikubur hidup-hidup.

Akhirnya usaha Putri dan Patih tidak berjalan mulus guys saat, Bandung Bondowoso mengeluarkan ilmu kesaktiannya yang menyelamatkan diri keluar dari dalam sumur. Setelah keluar dari sumur itu Bandung Bondowoso sangat marah kepada putri, tapi dengan rayuan sang putri akhirnya ia berhasil meluluhkan hati Bandung Bondowoso dan memenuhi permintaan putri untuk membangun 1000 candi semalam. Namun untuk membangun 100 candi dalam 1 malam ini sangatlah susah dan tidak mudah untuk Bandung Bondowoso, dan saat itu ia meminta bantuan pada jin untuk membantunya membangun 1000 candi dalam 1 hari, karena putri tau Bandung Bondowoso dibantu jin dan saat itu putri tidak ingin Bandung Bondowoso untuk menyelesaikannya, untuk membatalkan usaha Bandu Bondowoso akhirnya ia meminta bantuan para gadis kraton untuk membakar jerami dan menumbuk lesung (alat tradisional yang digunakan untuk menumbuk padi). agar langit terlihat terang dan lesung-lesung itu dipukul ke ayam agar ayam berkokok dan terlihat pagi sudah tiba.

Saat mendengar ayam jantan berkokok bandung bondowoso dan para jin pun berhenti membangun candi. namun bandung bondowoso sat itu curiga guys, akhirnya memanggil Putri Roro Jonggrang untuk menghitung seluruh candi yang dibangun, ternyata yang diselesaikan Bandung Bondowoso ini hanya 999 buah. mengetahui niat jahatnya putri akhirnya iapun kesal dan murka, akhirnya mengutuk putri roro jonggrang berubah menjadi patung batu dan menjadi candi yang ke 1000, dan menjadikannnya perawan tua seumur hidup tidak pernah menikah.

nah itulah asal-usul sejarah bagaimana Candi Prambanan ini di bangun, karena sejarahnya yang terkenal ni membuatnya cepat dikenal oleh seluruh masyarakat indonesia dan memiliki julukan candi sewu, nah percaya gak percaya guys kalo kalian kesini dengan pasangan katanya hubungan kalian tidak akan langgeng dan akan berpisah.

Untuk fasilitas disini cukup lengkap ada penjual makanan+minuman, penjual souvenir, musholla, toilet, dan masih banyak lagi guys.

Gimana guys tertarik dengan Candi Prambanan yang memiliki sejarah kental ini? yuk buruan kesini kalian akan menambah ilmu pengetahuna anda dengan berkunjung ke Candi Prambanan, tempat ini selau ramai dengan wisatawan, untuk berfoto-foto dengan candi, menjelajahi keindahan view Candi Prambanan, dan mencari sejarah Candi Prambanan.

Tiket masuk Domestik Dewasa 40k 

Tiket masuk Anak-anak 20k

Tiket masuk untuk wisatawan mancanegara 25 dollar AS/sekitar 325k/orang.

Mau tau tempat kuliner apa yang kami kunjungi disana? yuk klik link disamping -> Bakso Idola Jogja

 

Tips and Trick

1. gunakan baju yang sopan

2. gunakan sandal/sepatu yang nyaman

3. bawalah kamera

4. jangan buang sampah sembarangan

 

Mau tau bagaimana keindahan Candi Prambanan kalian bisa lihat video dibawah yu guys!!!

Video Youtube By:  Sad Agus

Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
No data.
SUGGESTED CULINARY
No data.