marthagaul | Sightseeing
Manado, Sulawesi Utara, Indonesia | Beach Exploring
07 Sep 2016


Tempat Wisata Yang Wajib Di kunjungi “Taman Laut Bunaken” di Manado
Siapa sih yang tidak tau tempat wisata di Manado yang terkenal dengan keindahan bawah lautnya yang mendunia dan menjadi favorit bagi traveller yang berkunjung ke kota Manado, sempatkanlah waktu untuk Menyelami keindahan bawah laut "Taman Nasional Bunaken"

How to Get There

Taman laut bunaken adalah sebuah wisata di kota Manado yang paling terkenal dan menjadi salah satu daya Tarik tersendiri wisatawan di Manado. Taman Laut Bunaken ini terletak di Provinsi Sulawesi Utara, kota Manado, Jln. Raya Molas, Batusaiki, Kec. Bunaken, Indonesia. Objek Wisata ini di jadikan UNESCO sebagai situs Warisan Dunia pada tahun 2005.

Untuk menuju Wisata Taman Laut Bunaken anda harus menuju Pelabuhan Manado, Calaca, Wenang, Sulawesi Utara. dari pusat Kota Manado dapat di tempuh sekitar 3,0 km dengan waktu tempuh 12 menit perjalanan melalui rute Jl. Diponegoro, akses ke Pelabuan Manado bisa menggunakan motor maupun mobil, menunju Pelabuhan manado lalu melanjutkan perjalanan ke Wisata Taman Laut Bunaken bisa diakses menggunakan Kapal yang ada di Pelabuhan Manado.

Untuk menuju Taman Laut Bunaken, anda bisa melalui Pelabuhan Manado, Marina Nusantara Diving Centre (NDC) dan Marina Blue Banter. Dari pelabuhan Manado menuju Pulau Bunaken memakan waktu kurang lebih 30-45 menit, dari NDC ke lokasi penyelaman Pulau Bunaken membutuhkan waktu kurang lebih 20 menit, sedangkan dari Marina Blue Banter ke Pulau Bunaken dengan menggunakan kapal pesiar/feri menempuh perjalanan sekitar 10-20 menit.

Akses Menuju Taman Laut Bunaken Sulawesi Utara 

Untuk akses ke Objek wisata Taman Laut Bunaken ini lumayan susah karena anda di harus kan menggunakan kapal dari Pelabuhan Manado, dari kota Manado ke Pelabuhan lalu ke Wisata Taman Laut Bunaken bisa di tempuh sekitar 1 jam perjalanaan laut dan darat. 

Jika anda di luar pulau ingin berlibur ke Taman Laut Bunaken Sulawesi Utara, bisa naik pesawat dengan tujuan Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado, Mapanget Barat, Mapanget, Kota Manado, Sulawesi Utara. Jarak Bandara ke kota Manado sekitar 15,5 km bisa di tempuh sekitar 34 menit berkendara lalu lanjutkan lah perjalanan menuju Pelabuhan Manado lalu menuju ke Wisata Taman Laut Bunaken, Sulawesi Utara.

Semoga informasi ini berguna untuk anda yang sedang mencari referensi mengenai tempat wisata Taman Laut Bunake di Sulawesi Utara.

What to Do

Salah satu tempat wisata di Indonesia yang terkenal akan kekayaan Biota lautnya dan beranekaragam ikan yang hidup di perairan ini, Yaitu “Taman Laut Bunaken”, tempat ini bisa menjadi tujuan wisata anda saat liburan akhir tahun nanti bersama teman, keluarga, dan orang tersayang. Sebelum sampai ke sana, bekali dulu pengetahuan anda dengan bagaimana Sejarah Taman Laut Bunaken di Manado.

Taman Laut Bunaken ialah Salah satu situs warisan dunia. Taman Laut Bunaken ini mulai dikenal  pada tahun 1975, di temukan oleh penyelam Nusantara Diving Club (NDC) yang melakukan ekspedisi penyelaman di Bunaken. Meski mereka dilarang oleh warga sekitar melakukan penyelaman, namun para penyelam yang datang dari kota Manado tersebut tidak gentar. Masyarakat setempat mempercayai bahwa Bunaken dihuni oleh roh-roh jahat bergentayangan, sehingga kegiatan seperti menyelam  pada waktu itu sangat dilarang untuk dilakukan di area Taman Laut Bunaken

 

Sekelompok nelayan yang melarang penyelam tersebut merasa kagum bercampur takut ketika para penyelam mengenakan masker dan peralatan selam lainnya. Para penyelam lalu mereka masuk ke dalam air laut yang bening menuju ke dasar yang gelap dan menghilang di tepi jurang menuju ke dalaman laut yang misterius.

 

Para nelayan tradisional bersama masyarakat setempat memperhatikan gelembung-gelembung oksigen yang muncul dari kedalaman laut. Mereka berasumsi bahwa para penyelam tidak akan kembali dengan selamat. Beberapa saat kemudian rasa takut mereka berubah menjadi rasa kagum ketika melihat para penyelam muncul tanpa terluka, dan malah gembira dan tersenyum.

 

Para penyelam itu berkata tidak melihat roh-roh sebagaimana yang diinformasikan nelayan dan penduduk sekitar, tetapi melihat makhluk laut yang mengagumkan, yang tidak pernah dilihat oleh para nelayan. Para penyelam menemukan ikan langka dan tumbuhan laut di dinding karang yang masih murni dan terjaga keasriaanya, menurut mereka hewan-hewan laut nya sangat indah dan membuat mereka kagum.

Bunaken merupakan salah satu ekosistem yang memiliki keanekaragaman kekayaan laut yang terbanyak di dunia. Karenanya, kawasan ini ditetapkan menjadi taman nasional. Pemerintah Indonesia juga telah mendaftarkan Bunaken sebagai situs warisan dunia asli Indonesia kepada UNESCO mulai tahun 2005. Menurut para ahli, kedalaman laut Bunaken sekitar 4.000 kaki yang dihuni lebih dari 2.000 spesies ikan dan terdapat sekitar 500 jenis karang yang tak pernah ditemukan sebelumnya, semuanya merupakan suatu jumlah yang lebih dari cukup bagi para penyelam untuk menyaksikan keindahannya. 

Keindahan alam bawah laut Bunaken dan sekitarnya melebihi keindahan dasar laut kepulauan Antilen Great Barrier Reef Australia dan Kanada Timur. Tak heran jika  kunjungan ke Bunaken meningkat setiap tahun.

Bunaken pertama kali didiami oleh penduduk yang berasal dari migrasi kerajaan Bowontehu di Manado Tua yang berdiri tahun 1400. Wilayahnya meliputi pesisir utara semenanjung Minahasa, Pulau Bunaken, Siladen, Mantehage, Naen, Talise, Gangga dan Pulau Bangka. 

 

Sekitar tahun 1850, penduduk di Tanjung Parigi berpindah ke arah tenggara, di tepi pantai yang berhadapan dengan kota Manado, lalu mereka mendirikan negeri baru dengan nama “Wunakeng”, yang disingkat dari kata “Kinawunakeng” yang artinya tempat tinggal. 

 

Dalam perkembangan selanjutnya, kata “Wunakeng” diubah menjadi Bunaken, yang disingkat dari kata “Pamunakeng” yang artinya (tempat mendarat). Maksudnya orang-orang dari kerajaaan Bowontehu di Manado Tua mendarat dengan perahu di pulau yang sekarang ini disebut Bunaken.

Taman Laut Nasional Bunaken terletak di teluk Manado, Sulawesi, Indonesia. Tempat wisata di Manado ini terkenal dengan keindahan bawah lautnya yang mendunia dan menjadi favorit bagi wisatawan yang berkunjung ke kota Manado. Menyelami keindahan bawah laut taman nasional Bunaken merupakan salah satu kegiatan yang wajib anda lakukan ketika berkunjung ke Manado. Pulau Bunaken merupakan salah satu dari 5 Pulau yang berada di taman nasional Bunaken, empat pulau lainnya yaitu Pulau Siladen, Pulau Manado Tua, Pulau Matehage dan Pulau Naen. Taman laut Bunaken merupakan salah satu objek pariwisata andalan Manado. Disini anda bisa melihat keindahan keindahan terumbu karang yang masih terawat dan berbagai jenis ikan yang tinggal di bawah laut Bunaken.

Tempat Wisata di Manado ini merupakan salah satu lokasi penyelaman terbaik di Indonesia, sudah seharusnya wisatawan dari Indonesia maupun mancanegara yang berkunjung kesini tetap menjaga kelestarian alamnya dengan tidak mengotori atau merusak taman laut ini. Taman Laut Bunaken ini sangat terkenal sampai ke luar negeri lohh. Taman Laut Bunaken memiliki 39 titik penyelaman dengan kedalaman yang bervariasi hingga ribuan meter.  Pemandangan bawah laut di Bunaken benar-benar sangat cantik, disini anda bisa menemukan berbagai biota laut di alam aslinya yang unik, berwarna-warni, bersih dan terawat.  Di sini Ada beberapa terumbu karang di taman laut Bunaken yang membuat anda kagum dengan keindahannya, selain itu yang unik dari Taman Laut Bunaken terdapat underwater great walls atau disebut juga hanging walls atau dinding-dinding karang raksasa (sebuah tebing) yang berdiri vertikal dan melengkung ke bawah sekitar kedalaman 25-50 meter. Dinding karang ini juga menjadi sumber makanan bagi ikan-ikan di perairan sekitar perairan Bunaken.

Untuk anda yang tidak bisa berenang, ada pilihan lain untuk menikmati surga bawah laut di Bunaken ini.  Selain dengan diving ataupun snorkeling, anda bisa menyewa kapal selam yang telah didesain secara khusus dengan dinding kapal berupa kaca transparan sehingga anda bisa leluasa melihat pemandangan yang ada di bawah laut din perairan Bunaken.

Waktu terbaik untuk menyelam di perairan Bunaken antara bulan Mei – Agustus. Pada waktu ini, air di sini lebih jernih sehingga anda bisa lebih jelas melihat beranekaragam biota laut yang ada di Taman Laut Bunaken. Selain itu, suhu udara yang ada di sini juga ideal untuk anda yang ingin menyelam. 

Untuk bisa menikmati Wisata Bawah Laut ini anda hanya mengeluarkan tarif Rp. 350.000,- dengan menggunakan kapal yang anda sewa di Pasar Bersehati dengan tarif Rp. 300.000,- sampai Rp. 400.000,- an. Jika anda dari Marina tarifnya sekitar Rp. 600.000 – Rp. 800.000. Tetapi jika anda ingin lebih murah bisa menggunakan kapal tradisional dengan tarif Rp. 50.000 per orang. Untuk memasuki kawasan wisata ini anda harus membeli tiket masuk, harga tiket masuk kawasan Pulau Bunaken berkisar Rp. 25.000 - Rp. 50.000 anda dapat membelinya di Manado atau langsung di Taman Nasional Bunaken.

 

Ayo!!! Berkunjung ke Taman Laut Bunaken dengan teman, keluarga, dan orang tersayang ke Taman Laut Bunaken dan buat pengalaman baru berkunjung ke Taman Laut Bunaken yang kaya akan keindahan Lautnya yang di penuhi oleh terumbu karang, dan berbagai macam ikan yang unik yang berwarna-warni yang hidup di perairan Bunaken.

Tempat yang seru bukan? Untuk membuat moment kebersamaan anda dengan orang tersayang.

Itulah cerita tentang keindahan Taman Laut Bunaken yang membuat anda takjub akan kebesaran dari Bumi Pertiwi Indonesia.

 

 

 

 

Tips and Trick

Bagi anda yang ingin berwisata ke Bunaken sebaiknya anda mencari informasi terlebih dahulu tempat-tempat mana yang ingin anda kunjungi di Bunaken, jangan sampai ketika di Bunaken anda tidak mengetahui lokasi penyelaman atau tempat wisata yang ada disini. 

 

Untuk budget sebaiknya anda membawa budget lebih karena sewaktu-waktu tarif dapat berubah, sebelum menaiki kapal lebih baik anda bertanya terlebih dahulu mengenai rincian fasilitas yang disediakan oleh kapal tersebut, misalnya seperti apakah harus sewa pemandu untuk menyelam, harus memiliki sertifikat diving, asuransi atau lain-lainnya yang ingin anda lakukan dan anda butuhkan di Bunaken.

 

Lebih baik anda bersama kerabat anda yang sudah pernah berkunjung ke Bunaken, ikut rombongan atau menggunakan agen travel yang menyediakan paket/tour wisata ke Bunaken yang tersedia. Semua ini tentunya demi kenyamanan anda dalam berwisata ke Bunaken.

  1. Pasti menyebalkan ketika sedang travelling dan sandal jepit Anda rusak. Anda bisa membawa sandal 2 agar saat sandal anda putus bisa memakai sandal yg anda bawa tadi.
  2. Bawalah air mineral dalam botol isi ulang. Sebab, Anda mudah terkena dehidrasi terutama saat terkena terik matahari.
  3. Benda lainnya yang wajib dibawa tentu saja kamera untuk mengabadikan momen liburan Anda. Lalu kacamata hitam, baju renang, baju ganti, dan sandal jepit. Tak ada salahnya Anda membekali diri dengan plester luka, juga obat-obatan pribadi.

Disini saya ada video mengenai “Taman Laut Bunaken” yang membuat anda takjub karna suasana alam dan keindahannya yang harus anda coba dan anda ketahui.

Anda penasaran???

check this out -> 

                      

*Picture that I use in Review is not mine , i take it from google , thank you.

Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY