0 star (from 0 people)
1,110 views | 0 Likes
Musium MPU Tantular di Sidoarjo
Sidoarjo, Jawa Timur, Indonesia
Category: Museum

Hallo, saya sedang berada di kota Sidoarjo. Kali ini saya akan menggunjungi Musium Mpu Tantular yang sangat terkenal sekali. Ingin tau ada apa saja di dalamnya? Ayo ikuti langkah kaki saya.

Posted on 05 June 2017, 15:21:29
rory
Sightseeing
Location on Google Maps
Museum Mpu Tantular, Jl. Raya Buduran - Jembatan Layang, Jalan Raden Muhammad Mangundipi, Siwalanpan
Jl. Raya Buduran - Jembatan Layang, Jl. Raden Moh. Mangundipi, Siwalanpanji, Kec. Sidoarjo, Kabupate
How to Get There

Lokasi Musium Mpu Tantular ini tidak begitu jauh dari Alun alun kota Sidoarjo. Hanya berjarak sekitar 3,5 kilometer. Jika kalian menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor maka akan memakan waktu sekitar 10 menit.

Musium Mpu Tantular ini terletak di Jl Raya Buduran – Jembatan Layang, Sidoarjo. Jika kalian menggunakan angkutan umum kalian bisa minta ke bapak supirnya untuk lewat bawah jembatan ya. Karena Musium Mpu Tantular ini terletak di bawah Jembatan Layang Sidoarjo.

What to Do

Musium Mpu Tantular ini sangat populer di Kota Sidoarjo. Pada mulanya museum ini terletak di Surabaya yakni di Jalan Pemuda nomer 3. Musium di Surabaya saat itu ada beberapa ruangan seperti auditorium, perpustakaan, ruang koleksi dan kantor.

Musium Mpu Tantular ini di kelola oleh Departemen Kebudayaan dan Pariwisata, museum ini didirikan lembaga kebudayaan Stredelijk Historial Museum Soerabaia yang bernama Von Vaber. Von vaber ini tinggal di Surabaya dan berkebangsaan Jerman. Setelah didirikan akhirnya museum ini di resmikan tanggal 25 juli 1937.

Namun sayangnya Von Vaber telah meninggal pada tahun 1955 sebelum menyelesaikan semuanya. Setelah Von Vaber meninggal dunia, Musium Mpu Tantular ini tidak terawat dan banyak koleksi koleksinya yang rusak. Musium Mpu Tantular ini memperoleh pendanaan dari Yayasan Bapak Prof Dr. M. Soetopo saat di kelola oleh Yayasan Pendidikan Umum pada tahun 1964. Kemudian Musium uni diresmikan dan di buka secara umum pada tanggal 23 Mei 1972 dan di beri nama Musium Jawa Timur. Setelah itu musium ini diserahkan kepada Pemerintah Daerah Propinsi Jawa Timur.

Lalu Yayasan Pendidikan Umum bekerja sama dengan perwakilan Kantor pembinaan Pemusiuman Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Tanggal 1 November 1974 Musium ini resmi berstatus Musium Negeri dan di pindahkan ke tempat yang lebih luas yaitu di Buduran, Sidoarjo. Dan resmi pula di beri nama Musium Mpu Tantular.

Sebab Musium Mpu Tantular ini mengalami penambahan koleksi yang sangat banyak. Jadi mencari lokasi yang lebih luas. Musium Mpu Tantular ini diambil dari nama pujangga Majapahit yang menciptakan Kitab Sutasoma dan Arjunawijaya. Terdapat kalimat Bhineka Tunggal Ika yang merupakan pedoman Indonesia. Bhineka Tunggal Ika ini memiliki arti ‘berbeda beda tapi tetap satu jua’.

Musium Mpu Tantular ini dibangun di atas tanah yang sangat luas yaitu 3.28 hektar. Musium ini dibagi menjadi beberapa bagian ruangan seperti ruangan TU, Ruang Kepala Musium, Perpustakaan, galeri Von Faber, Gedung Pameran Tuna Netra, Ruang Kerja Koleksi, Storage, Ruang kerja Koleksi, Gedung Preparasi, laboratorium, Gedung Bimbingan Edukasi dan Musholla. Ruangan ruangan ini hampir sama saat Musium ini berada di Kota Surabaya.

Anda bisa melakukan banyak hal disini seperti mengamati barang barang yang ada, karena dapat menambah wawasan kalian. Selain itu tempat ini juga cocok untuk di pakai berofoto. Anda bisa mengambil beberapa momen indah.

Banyak sekali koleksi yang dapat kalian lihat di Musium Mpu Tantular ini. Seperti sepeda kayu, sepeda motor uap, telepon meja dan sepeda tinggi. Sangat unik dan banyak hal baru yang akan kalian temukan disini.

Untuk masuk ke tempat ini kalian dikenakan biaya Rp. 4.000 dan Rp 3.000 untuk anak anak. Musium ini buka hari selasa hingga minggu.

Tips and Trick
  1. Jagalah kebersihan.
  2. Bawa kamera.
  3. Jangan merusak barang barang yang ada di musium
Gallery (11)
Comments (0)