House Of Sampoerna

wisata di surabaya

sisil | Sightseeing
Surabaya, Jawa Timur, Indonesia | Museum
30 Aug 2017


House Of Sampoerna
House Of Sampoerna ini memiliki barang sejarah dari bangunan kolonial yang membuat wisatawan terpikat dengan kota Surabaya.

How to Get There

1 Minggu yang lalu habis makan malam bersama keluarga saya, waktu itu adik saya tanya "udah pernah ke House Of Sampoerna belum?" "belum emang bagus ya disana?" "ia bagus buat foto-foto", nah langsung aja deh malam itu kita menuju House Of Sampoerna yang terletak di Taman Sampoerna No.6, Krembangan Utara, Pabean Cantian, Surabaya.

wisata di surabaya

lokasi House Of Sampoerna ini berjarak sekitar 1,6 km dari pusat kota atau sekitar 30 menit perjalanan dari pusat kota menggunakan mobil ataupun motor.  

What to Do

Nah sesampai kami disana kami parkir mobil dihalaman depan House Of Sampoerna yang luas. Setelah parkir, kami melihat ada terdapat mobil yang antik berwarna hitam dan putih ada disamping pintu masuk ke House Of Sampoerna, berikut photo saat berada didepan mobil hitam, hasil photonya kurang bagus karena pake camera hp guys, apalagi saat itu gelap. 

wisata di surabayaHouse Of Sampoerna

Selanjutnya kami masuk ke dalam House Of Sampoerna, pertama masuk kami melihat beberapa barang sejarah dari bangunan kolonial yang membuat wisatawan terpikat dengan kota Surabaya.   

Saat itu saya baca-baca beberapa tulisan tentang sejarah House Of Sampoerna jadi bangunan ini dibangun pada tahun 1862 dan menjadi situs sejarah yang harus di lestarikan masyarakat Surabaya. sebelum menjadi House Of Sampoerna tempat ini bangunan ini dulunya, merupakan panti asuhan putra yang di kelola oleh pemerintah Belanda, lalu seiring berjalannya waktu panti ini di beli oleh Liem Seeng Tee untuk dijadikan tempat pembuatan rokok Sampoerna pada tahun 1932. Inilah sejarah yang saya tau tentang House Of Sampoerna.

House Of Sampoerna House Of Sampoerna

House Of Sampoerna House Of Sampoerna

nah saat berada di museum ini saya melihat ada alat penggiling tembakau dan baunya pun khas sekali, selanjutnya kami berfoto dibeberapa spot photo seperti sepeda motor antik, warung rokok, patung, lukisan, korek apik jaman dahulu, mesin printing kuno, peralatan band Sampoerna, alat-alat laboratorium yang digunkan untuk menguji kualitas bahan baku rokok sampoerna, dan beberapa barang-barang antik yang ada di museum ini. 

House Of SampoernaHouse Of SampoernaHouse Of SampoernaHouse Of SaHouse Of Sampoernampoerna

Selanjutnya kami naik kelantai 2 disini kami melihat ada terdapat souvenir yang menjual pernak-pernik Surabaya dan dari atas sini kami bisa melihat terdapat ratusan meja untuk karyawan memproduksi rokok, bayangkan saja 400 karyawan yang ada disini menghasilkan 350 batang rokok dalam sejam, keren bangetkan guys. 

House Of SampoernaHouse Of SampoernaHouse Of Sampoerna

Saat disini saya melihat lumayan banyak wisatawan lokal dan wisatawan mancanegara, tempat ini juga memiliki petugas yang siap menjelaskan sejarah tentang House Of Sampoerna, jadi saat wisatawan lokal ataupun wisata mancanegara bisa bertanya-tanya dengan petugas House Of Sampoerna yang ramah menyambut wisatawan.

Selain House Of Sampoerna disini juga terdapat beberapa gedung yang menjadi tempat produksi salah satu merek rokok yaitu Dji Sam Soe. 

Gedung Sampoerna ini di apit 2 gedung yang pertama di sebelah kanan ini menjadi rumah tinggal keluarga Sampoerna dan sedangkan yang kiiri dijadikan Cafe dan tempat galeri seni yang unik.

House Of Sampoerna House Of Sampoerna

Yang menarik dari House Of Sampoerna biasanya ada jadwal bus mengangkut wisatawan untuk mengantar wisatawan berkeliling surabaya Gratis, nah gimana guys kalian tertarik keliling kota Surabaya gratis??? buruan dateng kesini jam 09.00-10.00 Wib, 13.00-14.00, dan terakhir jam 15.00-16.00.

House Of Sampoerna

Untuk masuk ke House Of Sampoerna ini juga gratis loh yuk buruan kesini ajak temen, keluarga, sama orang tersayang.

Tips and Trick

1. bawa camera

2. ajak keluarga dan teman yang banyak pasti seru

3. baca sejarah yang ada di House Of Sampoerna

4. jangan lupa lestarikan House Of Sampoerna.

5. jaga kebersihan jangan buang sampah sembarangan

 

Mau tau bagaimana keseruan dan keunikan bangunan Museum ini? yuk langsung aja liat video YouTube dibawah ini!!!!

Video YouTube by : Surabaya City of Heroes

Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY