stefan | Tourist
Jember, Jawa Timur, Indonesia | Beach Exploring
02 Aug 2017


Pantai Watu Ulo
Pantai ini nambak cantik dengan deburan ombak yang sangat kencang. Angin yang bertiup sangat kencang akan membuat kalian nyaman dengan Pantai Watu Ulo satu ini.

How to Get There

Hallo guys ketemu lagi sama gue nih, Nah lebaran kemarin itu gue males kemana kemana soalnya rame banget jalannya dan yang pasti macet. Nah berhubung gue ngak kemana kemana waktu lebaran jadi setelah lebaran gue hangout aja sama keluarga. Awalnya sih gue pengen ke Banyuwangi gitu tapi berhubung jauh jadi gue banting setir aja ke arah Jember. Nah di Jember ini sih konon katanya banyak banget wisata indah. Salah satunya adalah pantai yang lagi gue datengin ini. Pantai ini terletak di dusun Sumberrejo, Ambulu, Kabupaten Jember Jawa Timur. Nah untuk menuju ke tempat ini gue sama keluarga menggunakan kendaraan pribadi milik keluarga gue guys.

Perjalanan gue di mulai dari kota surabaya. Yah perjalanan menuju jember sih sekitar 5 jam. Tapi perjalanannya ngak membosankan kok karena Kota Jember ini memiliki view yang sangat indah sekali. Kotanya juga sangat bersih. Nah saat gue sampai di kota Jember, gue tinggal nyari aja Pantai Watu Ulo. Pantai ini berjarak 1 jam saja dari pusat kota Jember. Dari kota Jember kalian bisa mengambil rute ke Jl Semeru sejauh 24 kilometer dengan estimasi perjalanan sekitar 40 menit. Lalu menuju jalan ambulu dan sampailah gue di Pantai Watu Ulo. 

What to Do

Saat sampai di watu ulo kalian akan dibuat kagum dengan keindahan Pantai satu ini. Pantai ini nambak cantik dengan deburan ombak yang sangat kencang. Angin yang bertiup sangat kencang akan membuat kalian nyaman dengan Pantai Watu Ulo satu ini. Pantai Watu Ulo ini selalu menjadi kebanggaan tersendiri bagi warga Jember. Dan Pantai Watu ulo ini selalu menjadi tujuan utama bagi para wisatawan yang sedang berkunjung ke kota Jember. 

Nah Guys kalian tau ngak kalau Pantai Watu Ulo ini terkenal sekali dengan hal mistis? Mengapa demikian? Karena di Pantai Watu Ulo ini terdapat sebuah batu yang menjorok ke Laut. Dan batu ini menyerupai seekor ular. Hal inilah yang membuat Pantai ini sangat terkenal. Baik masyarakat jawa maupun luar jawa. Nah oleh sebab itu kenapa Pantai ini di beri nama Pantai Watu Ulo. Dalam bahasa indonesia 'Watu Ulo' adalah 'Batu yang menyerupai Ular'. Munculnya batu  ini menjadi polemik ditengah masyarakat sekitar. Dan oleh sebab itu pantai ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Tak jarang pantai ini nampak sepi. Selalu ramai dipadati oleh penggunjung.

Nah para masyarakat sekitar beranggapan bahwa pada jaman dahulu kala di daerah ini di huni oleh Nogo Rojo. Nogo Rojo ini memangsa semua makhluk hidup yang ada didalam perairan tersebut. Dan muncullah 2 orang pemuda, kedua pemuda ini bernama Raden Said dan Raden Musodo. Dan dalam masyarakat Jawa, Raden Said dikenal sebagai Sunan Kalijaga.

Lalu kedua pemuda tersebut pergi memancing di Pantai. Dan mereka berhasil mendapatkan seekor ikan Mina. Dan ikan tersebut memohon untuk dapat dilepas kembali ke lautan. Sebagai imbalannya ikan tersebut memberikan sirip kepada mereka dan sirip tersebut dapat berubah menjadi emas pada Raden Musodo. Setelah dilepaskan, ternyata ikan mila ini dimangsa oleh Nogo Rojo. Raden Musodo pun geram oleh kejadian itu. Dan Raden Musodo menggunakan sirip ikan tersebut untuk memotong tubuh Nogo Rojo menjadi 3 bagian. 

Namun jangan khawatir meski pantai ini memiliki cerita yang cukup menakutkan, Pantai ini selalu nampak cantik dengan suasana ombak yang sangat khas. Pantai Watu Ulo ini tidak banyak btu karang jadi kalian dapat bermain pasir di sekitar pantai. Bagi kalian yang ingin berjemur juga bisa karena Pantai ini memiliki lahan yang sangat luas. Bagi kalian yang hanya ingin bermain main air saja harus berhati hati ya guys karena pantai ini memiliki ombak yang sangat besar sekali. Tidak jarang banyak korban yang tergulung arus ombak. Jadi di tempat ini terdapat banyak penjaga pantai untuk mengawasi penggunjung. Di tempat ini kalian tidak dapat berenang atau snorkeling ya, namun jangan khawatir pantai ini akan selalu menyuguhkan pemandangan indah nan mengagumkan. 

Untuk masuk ke ketempat ini kalian harus membayar tiket masuk sebesar 12 rb saja per orang. Sangat terjangkau sekali ya guys. kalian harus mampir kesini yaa saat berada di kota Jember. Jika kalian sedang berwisata ke tempat ini jangan lupa untuk membawa sampah kalian pulang ya karena dengan keadaan kotor akan mengurangi keindahan pantai ini. 

Tips and Trick

1. Jagalah kebersihan.

2. Bawa Tikar.

3. Bawa Topi dan kaca mata hitam.

4. Bawa sunblock.

5. Bawa baju ganti.

6. Bawa peralatan mandi.

7. Bawa obat obatan.

8. Bawa peralatan sanitasi.

9. Bawa Tas Travel untuk semua keperluan. 

 

Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY