Air Terjun Mursala

air terjun mursala

aruby | Sightseeing
Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, Indonesia | Waterfall
19 Jul 2017


Air Terjun Mursala
Air Terjun Mursala ini memiliki keindahan alamnya yang masih asri membuat banyak traveler terpesona saat melihatnya!

How to Get There

Air terjun ini berlokasi di Pulau Mursala, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, untuk menuju kesana anda harus menyebrang dulu menggunakan kapal dari pantai kahona yang berada di kota pandan, ibukota tapanuli tengah, dengan waktu tempuh sekitar 2 jam biaya sewanya sekitar 1,3 juta utk satu kapal.

What to Do

Air terjun ini berada di bagian pulau mursala yang menghadap langsung kelautan samudra hindia, bersumber dari sungai kecil yang berada dipulau mursala yang hanya memiliki panjang 700 meter, sungai ini termasuk salah satu sungai terkecil di indonesia, aliran dari sungai ini langsung mengalir kelaut melewati tebing batu granit yang ada dipinggir pulau, aliran air di tebing inilah yang lalu membentuk air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 35 meter ini, volume airnya tergantung dari musim, jika masuk musim penghujan dipastikan volumenya akan lebih besar.

Pulau Mursala ini sendiri termasuk sebuah pulau yang kecil karena hanya berisi sekitar 60 kepala keluarga, maka dari itu untuk pulau ini masih minim dengan fasilitas dan akomodasi wisata, meskipun begitu daya tarik keindahan alamnya yang masih asri  membuat banyak traveler terpesona walaupun harus sedikit kesusahan untuk menuju kelokasi.

Sedikit bercerita legenda dari air terjun ini, konon dulunya air terjun ini menjadi tempat bermain kesukaan putri cantik bernama putri runduk seorang permasuri Raja Jayadana yang pada saat itu memerintah di Kerajaan Barus Raya yang merupakan sebuah kerajaan islam yang menguasai Sumatera Utara pada abad ke-7 M, Dikarenakan negerinya porak poranda akibat peperangan oleh Raja Sanjaya dari Mataram, Putri Runduk kemudian melarikan diri ke Pulau Mursala karena akan dinikahi oleh Raja Sanjaya, dimana suaminya terbunuh dalam peperangan tersebut. Namun tak lama berselang kerajaan direbut oleh raja Janggi dari Sudan.

Dalam pelariannya Putri Runduk menjadikan Pulau Mursala sebagai tempat persembunyiannya, namun raja Janggi berhasil menemukannya dan juga memaksa untuk menikahinya. Sang Putri yang enggan dinikahi lalu menceburkan diri ke laut saat dikejar oleh Raja Janggi, dan tidak pernah ditemukan lagi.

 

Tips and Trick

1. Siapkan fisik dan stamina yang cukup.

2. Jangan lupa membawa kamera dan usahakan waterproof

3. Jangan lupa membawa obat-obatan untuk berjaga-jaga

4. Disarankan untuk membawa bekal sendiri

 

Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY