mirio | Tourist
Pangandaran, Jawa Barat, Indonesia | Beach Exploring
16 Jun 2017


Menikmati Cantiknya Panorama Pantai Pangandaran
Keindahan pantai ini memang sudah terkenal, bahkan oleh beberapa situs online pantai ini dinobatkan sebagai pantai tercantik di pulau jawa.

How to Get There

Lokasi dari pantai pangandaran ini sendiri berada di kabupaten pangandaran sendiri yang merupakan pemekaran dari kabupaten ciamis, untuk menuju kesana saya harus berkendara naik mobil menempuh jarak sekitar 110 km atau sekitar 3 jam dari tempat saudara saya di tasikmalaya, untungnya karena sudah terkenal pantai ini cukup mudah ditemukan saya hanya mengikuti arahan dari gps saja sudah bisa sampai tanpa kendala yang berarti, rute yang dilaluipun tidak terlalu macet juga tidak susah.

 

What to Do

Sesampainya dilokasi kita diharuskan membayar tiket untuk memasuki area pantai, uniknya disini tiketnya dihitung per kendaraan dan sekalian dengan tiket parkir, karena membawa mobil saya dikenakan biaya 35rb (terhitung 5 orang).

Dahulu kala pangandaran ini hanya dikenal sebagai kota kecil yang dihuni mayoritas nelayan, namun karena melihat potensi wisatanya akhirnya kota ini mulai dikelola dan dipromosikan menjadi daerah wisata dan dari sekian banyak objek wisata yang ada dipangandara salah satu yang menjadi primadona adalah pantai pangandaran ini.

Pantai pangandaran terbagi menjadi dua wilayah pantai yaitu pantai barat atau pantai pananjung dimana kalian bisa menikmati kegiatan liburan di pantai seperti bersantai menikmati panorama pantai sambil berjemur, ataupun berenang ditepian pantai karena ombak dari pantai ini relatif aman.

   

   

   

di area pantai barat kalian juga bisa menemukan destinasi wisata lainnya seperti cagar alam jika kalian melintasi bukit dimana kalian bisa melihat hewan-hewan hutan yang eksotis, dicagar alam ini juga ada goa buatan penjajah jepang dan juga goa alami, untuk masuk ke wisata cagar alam ini kita harus membayar 20rb per orang.

   

Disisi lainnya ada bagian pantai timur, dimana wilayah ini cukup berbeda dengan pantai barat dimana kalian akan disuguhkan dengan berbagai makanan laut yang khas dipantai ini, bisa dibilang surganya penggila seafood :D, terdapat banyak sekali warung ataupun restoran yang bisa kalian pilih untuk menikmati kuliner khas pangandaran, kalian juga bisa melihat-lihat aktifitas nelayan dipantai ini,  selain itu dipantai timur ini juga terdapat fasilitas bagi kalian yang suka olahraga air seperti jetski atau banana boat.

   

Masyarakat di pantai pangandaran ini masih kental dengan budaya tradisinya, disetiap bulan muharam mereka selalu menggelar perayaan hajat laut dengan melepas sesajen kelaut sebagai wujud rasa syukur mereka terhadap Tuhan Yang Maha Esa, kalaupun kalian berencara untuk bermalam tidak usah khawatir karena disekitaran pangandaran ini sudah terdapat banyak hotel dan resort dengan harga yang bervariasi tentunya.

 

Tips and Trick

1. Jangan lupa bawa kamera, panoramanya sangat indah.

2. Bawa Baju Ganti untuk bermain di pantai.

3. Siapkan Stamina dan bekal yang cukup kalau mau mengeksplorasi lebih banyak.

 

Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY