1,058 views | 2 Likes

Air Terjun Sedudo, Air Terjun tertinggi di Indonesia?

4 star (from 1 people)
Nganjuk, Jawa Timur, Indonesia
Category: Waterfall

Posted on 12 April 2017, 16:50:24
nur
Sightseeing

Udah pernah ngerasain liburan di air terjun tertinggi di Indonesia? Mampir aja ke Air Terjun Sedudo guys. Air terjun yang hits ini emang wajib banget kalian kunjungi bareng orang tersayang!

How to Get There

Air Terjun Sedudo ini memang sangat menarik untuk di kunjungin. Saat itu saya dari Kota Surabaya menuju ke Air Terjun Sedudo, memang cukup melelahkan, bayangkan saja saya saat itu menempuh perjalanan sekitar 172 km dan memakan waktu sekitar 4 jam 45 menit perjalanan. Eits jangan salah, perjalanan yang kalian rasakan akan sangat asyik, selain pemandangan di kanan kiri jalan yang indah, lebih asyik lagi karena saat itu saya bersama teman-teman jadi seru guys.

Air Terjun Sedudo ini terletak di daerah Sawahan, Ngliman, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Cukup mudah ditemukan karena pengunjung bisa mencarinya melalui google maps. Kira-kira berjarak 30km dari pusat Kota Nganjuk, kalian udah bisa menemukan air terjun yang indah ini. 

Karena jalannya yang cukup mudah diakses, kalian bebas menggunakan kendaraan baik roda dua maupun roda empat. Jalanan menuju ke Air Terjun Sedudo ini cukup mulus guys, jadi kalian udah nggak perlu khawatir lagi yaa. Tapi kalo soal jalan yang menanjak udah pasti ada dong, pastikan kendaraan kalian memadai juga yaa. 

Setibanya di Air Terjun Sedudo, kalian perlu mengeluarkan biaya untuk perkir yang dibandrol 5000 rupiah untuk kendaraan roda empat dan 2000 rupiah untuk kendaraan roda 2. Cukup terjangkau ya, asik deh!

What to Do

Setelah melalui perjalanan yang cukup melelahkan tadi, sampailah kami di Air Terjun Sedudo. Nah pasti kalian bingung kenapa nih kami belai-belain jauh ke tempat ini? ya jawabannya adalah karena Air Terjun Sedudo ini menarik banget. Tak hanya itu, kerennya lagi, Air Terjun Sedudo merupakan air terjun tertinggi di indonesia lho. Ketinggian Air Terjun Sedudo mencapai kurang lebih 105 meter.

Ada lagi nih yang unik, Air Terjun Sedudo terletak di ketinggian sekitar 1.438 meter dari permukaan laut, nah hal ini lah yang membuat kami penasaran dan melakukan perjalanan 4 jam lebih hehe. Selain itu, dengan ketinggian segitu, tak heran kalau di area Air Terjun Sedudo, pengunjung akan merasakan sensasi segar dan dingin yang gak bisa kalian temui di kota-kota besar. 

Nah selain Air Terjun Sedudo ini memiliki ketinggian 105 meter, pemandangan disini memang mempesona, membuat wisatawan memilih tempat ini sebagai tujuan wisatanya. Hmmm, tak heran ya kalau tempat ini selalu ramai dengan pengujung.

Air Terjun Sedudo ini memiliki keunikan guys, masyarakat sekitar saat itu bercerita pada kami konon katanya Air Terjun Sedudo ini memiliki kekuatan supra natural dan tempat ini selalu di jadikan tempat ritual mandi sedudo pada bulan Suro. Karena penasaran, saya memberanikan diri buat tanya "lo emang kenapa kok di adakan ritual mandi sedudo?" "ya karena masyarakat sekitar percaya jika air dari Air Terjun Sedudo ini membawa berkah dan di yakini bisa membuat awet muda jika mencuci muka di Air Terjun Sedudo." Oh jadi begituu, asik lah dapet pengetahuan baru dari masyarakat sekitar. Kalo kalian travelling, jangan malu buat bertanya ya guys, karena dngan bertanya kalian bisa mendapatkan info unik dan tentunya menambah wawasan kalian soal tempat wisata itu. Asik kannnn!

Nah kebetulan sekali guys saat itu yang ikut ke Air Terjun Sedudo ini banyak cewenya nah mereka langsung mau cuci muka, katanya sih “biar awet muda, kriputnya ilang” hahahh... percaya gak percaya sih untuk itu menurut saya.

Saya benar-benar nyaman saat berada di lokasi karena pemandangan di sekitar Air Terjun Sedudo ini masih asri dan kebersihannya masih terjaga. Banyak hal yang bisa kalian lakuin disini, sembari menikmati pemandagan di Air Terjun Sedudo, kami berendam. Sungguh rasa penat perjalanan untuk menuju lokasi ini rasanya terbayar dengan mata airnya yang cukup deras, bersih, segar, dan  udaranya yang sejuk membuat kami betah berlama-lama di lokasi ini.

Tidak hanya bermain air saja disini, kamipun juga berfoto dan pastinya seru banget. Nah setelah bermain air pastinya lapar bukan? kebetulan sekali di lokasi ini terdapat penjual makanan yang menjual nasi jagung,. Tidak hanya itu saja, disini juga terdapat pedagang yang menjual makanan tradisional dan khas Kota Nganjuk diantaranya, tiwul, ketan hitam, klepon, cenil, telo unggu, getuk dan masih banyak lagi pedagang makanan laiinya. Nah jadi bagi kalian yang ingin berkunjung ke Air Terjun Sedudo jangan khawatir kelaparan ya, karena banyak penjual makanan disini, dan harganya juga masih bersahabat kok di kantong kalian.

Nah menarik bukan wisata yang satu ini? Pemandangannya indah harganya juga terjangkau bayangkan saja tiket masuk perorang hanya 10k loh, dengan begitu kami bisa berendam dan menikmati keindahan alam indonesia yang sangat mempesona, yuk langsung berkunjung ke Air Terjun Sedudo, di jamin gak nyesel guys, selamat mencoba.

Tips and Trick

  1. Gunakan sepatu yang nyaman.
  2. Bawa air minum karena saat menaiki dan menuruni anak tangga di sini lumayan melelahkan dan membuat haus jadi bawa minum ya guys.
  3. Bawa baju ganti dan perlengkapan mandi.
  4. Pastinya bawa kamera dong buat foto-foto sama selfie-selfie bareng temen terus di share ke medsos hehehe
  5. Jangan buang sampah sembarangan ya.

Video by: Yusuf Irawan

Gallery (8)

Comments (0)