67 views | 0 Likes

MENJELAJAHI HUTAN MANGROVE WAJIB DI NUSA LEMBONGAN

4 star (from 2 people)
Nusa Lembongan, Bali, Indonesia
Category: WaterSport / Cruises / Sailing

Posted on 28 October 2019, 14:50:54

Menyusuri Hutan MangroveUntuk menyusuri hutan mangrove ini biasanya membutuhkan waktu sekitar 20 - 25 menit, waktu tergantung dengan antrian sampan...

How to Get There

Berjalan jalan ke Pulau Cantik Nusa Lembongan, bukan hanya terus terusan pergi ke pantai. Ada satu hal yang wajib kamu lakukan disini dan memang menjadi keharusan untuk wisatawan mengunjungilah, katanya sih belum sah ke Nusa Lembongan jika belum pernah mengunjungi hutan mangrovenya. Bukan seperti hutan mangrove lainnya yang biasanya dibuatkan jembatan untuk menyusurinya, namun di Nusa Lembongan ini cukup unik dimana kita harus menaiki perahu untuk berkeliling.

hutan mangrove nusa lembongan


Lokasi dan Tarif Sampan

Hutan Mangrove Nusa Lembongan ini terletak di Desa Jungutbatu, Nusa Lembongan. Dari pelabuhan jungutbatu kesini membutuhkan waktu sekitar 15 menit. Akses menuju lokasinya juga sangat mudah karena memang hanya ada satu jalur dan papan petunjuk arah juga sangat jelas, kamu tinggal mengikuti papan petunjuk arah dan ikuti jalan hingga mentok dan terlihat papan selamat datang ke hutan mangrove nusa lembongan. 

hutan mangrove nusa lembongan


Untuk memasuki kawasan hutan mangrove ini tidak dikenakan biaya masuk ataupun biaya parkir. Hanya saja kamu membutuhkan alat untuk menyusuri hutan mangrove ini yang bisa kamu tempuh dengan cara menyewa sampan, canoe, kayaking, ataupun paddle boat. Yang paling umum sih menyewa sampan, untuk menyewa sampan ini tarifnya memang sangat tergantung pintar pintarnya menawar. Waktu itu kami diberi tahu sang pemilik sampan bahwa tarif yang biasanya diberlakukan untuk tamu wisatawan domestik sekarang ini adalah Rp 100.000 / perahu yang bisa diisi 4 orang atau Rp 50.000 orang. 

hutan mangrove nusa lembongan
hutan mangrove nusa lembongan

Ada juga hal menarik yaitu memang jika kamu perhatikan sang pendayung sampan ini adalah orang orang tua dan bukan hanya laki laki, perempuan pun banyak yang menjadi pendayung sampan ini loh, tenang saja mereka ini sudah sangat berpengalaman tentunya.

 

What to Do

Menyusuri Hutan Mangrove

hutan mangrove nusa lembongan


Untuk menyusuri hutan mangrove ini biasanya membutuhkan waktu sekitar 20 - 25 menit, waktu tergantung dengan antrian sampan yang keluar masuk juga karena memang hanya ada satu jalur masuk dan keluar, dan lebar jalurnya ini juga tidak terlalu besar. Kita akan dibawa untuk melihat lihat hutan mangrove seperti melihat ada pohon apa saja disini atau melihat hewan hewan yang ada disini. Pertanyaan yang paling sering ditanyakan adalah aman tidak disini? Tenang saja di hutan mangrove ini tidak ada binatang aneh aneh apalagi buaya, hanya ada bulu babi yang berbahaya jika kamu terjatuh ke air. 

hutan mangrove nusa lembongan

hutan mangrove nusa lembongan



Yang harus kamu tahu jika menyusuri dengan sampan ini juga sangat tergantung kepada kondisi air disini yaitu pasang dan surutnya. Saat pertama kali saya datang kesini saat kondisi air sedang pasang, jika air pasang kita akan dibawa menuju rute berbeda yang akan keluar di laut sebentar lalu masuk lagi ke mangrove, jadi rutenya bisa lebih jauh. 

Tips and Trick

 

hutan mangrove nusa lembongan


1. Jika menyewa sampan atau canoe memang sebaikla lakukan tawar menawar karena biasanya harga yang dibuka adalah untuk turis asing

2. Langsung nego harga dengan yang mendayung perahu. Tidak dipungkiri jika disini banyak juga calo yang menunggu di parkiran sehingga cara yang terbaik adalah kamu langsung menuju ke parkiran perahu untuk mencari yang punya kapal

3. Waktu terbaik mengunjungi hutan mangrove ini adalah saat pagi hari karena semakin siang di nusa lembongan ini sangatlah panas. Jika tidak ingin melepuh kepanasan ini solusinya. Jangn lupa juga memakai sunblock

Where to Stay

Ada banyak penginapan di nusa lembongan mulai dari hostel hingga resort, menginaplah di daerah jungutbatu

Gallery (8)

Comments (1)