129 views | 0 Likes

City Pillar Shrine: Kuil Pertama yang Berdiri di Bangkok

4 star (from 1 people)
Bangkok, Bangkok, Thailand
Category: Religious Place

Posted on 30 October 2019, 16:00:00
sugengcool
Tourist

Kota Bangkok terkenal memiliki banyak kuil bersejarah, salah satunya adalah City Cillar Shrine ini. Kuil ini dikenal sebagai kuil pertama yang dibangun di Bangkok. Seperti apa indahnya?

How to Get There

Melengkapi soal destinasi wajib di Bangkok, rasanya belum lengkap kalo aku belum share soal wisata yang satu ini. Beberapa tempat yang udah aku review beberapa wisata wajib dikunjungi saat berada di Bangkok, misalnya aja seperti Wat Arun, Wat Pho dan Grand Palace. Setelah berkunjung ke Grand Palace, tak jauh dari sana ada salah satu wisata yang bisa kalian kunjungi yaitu City Pillar Shrine. 

City Pillar Shrine lokasinya ada di 2 Lak Muang Rd, dari Grand Palace cuma tinggal nyebrang aja guys. Jadi ngga perlu naik kendaraan lagi guys! Tapi kalo kalian mau naik kendaraan umum juga bisa kok guys, karena di sekitar sini ada banyak sekali transportasi umum yang bisa digunakan.

What to Do

City Pillar Shrine merupakan sebuah kuil kecil yang punya banyak pilar, yaa sesuailah dengan namanya. Bangunan ini merupakan salah satu tempat budaya yang tersembunyi, meskipun lokasinya ada di dekat Grand Palace, bisa dibilang tempat ini ngga seramai istana megah tersebut. Kebanyakn pengunjung yang datang hanya untuk beribadah. City Pillar Shrine juga dikenal sebagai Lak Muang dan menjadi simbol Kota Bangkok. 

city pillar shrine

City Pillar Shrine ini juga dikenal dengan nama Lak Mueang dan merupakan pusat dari Bangkok yang berhubungan dengan tempat-tempat wisata ikonik lainnya, seperti Wat Pho dan Grand Palace

City Pillar Shrine dibangun pada masa pemerintahan Raja Rama I pada tanggal 21 April 1782 saat ibukota Thailand pindah ke Bangkok yang awalnya ada di Thon Buri. Saat itu Raja Rama I berpikir dengan Ibukota baru ini akan lebih mudah untuk membela Pulau Rattanakosin. Kota ini disebut “Old Bangkok” dan bangunan pertama yang ia bangun adalah City Pillar Shrine ini, baru kemudian bangunan-bangunan lain menyusul setelahnya. 

city pillar shrine

Tujuan Raja Rama I membangun City Pillar Shrine atau Lak Mueang ini sebagai tempat Roh Para Wali yang melindungi kota ini. Ngga heran kalo sampe saat ini, warga Bangkok masih sering datang ke kuil ini untuk menghormati para roh wali tersebut.

city pillar shrine

Sesuai dengan namanya, City Pillar Shrine ini memiliki pilar-pilar yang awalnya terbuat dari kayu. Tapi saat ini pilar-pilar tersebut telah di renovasi dan diberi lapisan pernis dan emas. Kemudian Raja Rama IV juga memerintahkan untuk membangun pilar baru pada tahun 1852. Kalo pilar yang lama berisi dokumen ramalan kota, maka pilar baru ini diyakini memberikan perlindungan lebih baik untuk Bangkok dan seluruh Thailand pada masa penjajahan.

city pillar shrine

city pillar shrine

Buat kalian yang berencana liburan ke Bangkok, ngga ada salahnya untuk singgah sejenak di City Pillar Shrine ini guys karena bangunannya unik dan cantik, cocok banget buat kalian yang suka foto-foto.

Video by Spirit House Connection

Tips and Trick

Nah, sebelum dateng kesini ada beberapa hal yang wajib kalian perhatikan:

  • Masuk ke City Pillar Shrine ini sama sekali ngga dikenakan biaya, alias gratis.
  • City Pillar Shrine buka setiap hari mulai jam 06.30 sampe jam 18.00.
  • Karena kuil ini masih digunakan sebagai tempat ibadah, kalian kalo mau masuk harap menggunakan pakaian yang sopan.
  • Kalian juga harus menghormati pengunjung yang sedang berdoa di kuil ini dengan ngga berisik.
  • Bawa kamera yang bagus.
  • Jaga kebersihan tempat ini dengan ngga buang sampah sembarangan.

Gallery (5)

Comments (0)