60 views | 0 Likes

Explore Jaisalmer Fort, Benteng Kebanggan Jaisalmer

0 star (from 0 people)
Jaisalmer, Rajashtan, India
Category: Historical Places

Posted on 25 October 2019, 16:00:00
sugengcool
Sightseeing

Welcome to the Pride of Jaisalmer! Menjelajah kota Jaisalmer rasanya ngga afdol kalo belum ke benteng ini. Jaisalmer Fort ini digadang-gadang sebagai kebanggan kota Jaisalmer. Kenapa ya?

How to Get There

Melanjutkan perjalanan di sekitar kota Jaisalmer. Setelah kemaren camel safari dan melihat-lihat Patwon Ki Haveli yang megah, kami pun berkeliling kota Jaisalmer dan menikmati bangunan-bangunan cantik yang ada disana. Salah satunya adalah Jaisalmer Fort atau Benteng Jaisalmer. Jaisalmer Fort ini lokasinya ada di pusat kota. Untuk menuju kesini, pengunjung bisa naik rickshaw ataupun autorickshaw.

What to Do

Jaisalmer Fort terkenal karena arsitekturnya yang menawan dan juga megah. Benteng ini dibangun pada tahun 1156 oleh penguasa Bhati Rajput Jaisal diatas bukit Trikura. Benteng ini juga disebut sebagai Sonar Quilla atau Golden Fort dan dianggap sebagai ‘The Pride of Jaisalmer’ alias kebangaan kota Jaisalmer. 

Pintu Masuk Jaisalmer Fort

Jaisalmer Fort ini memiliki tinggi sekitar 250 kaki dan dilindungi oleh dinding setinggi 30 kaki yang mengelilinginya di setiap sisinya. Benteng ini berdiri di tengah hamparan gurun pasir Thar yang luas, tepatnya di Bukit Trikuta dan telah menjadi saksi banyak sekali pertempuran. 

Benteng ini disebut sebagai Sonar Quila karena terbuat dari batu pasir kuning dan akan bersinar jika ditempa sinar matahari. Di tahun 2013, Jaisalmer Fort ini telah ditetapkan sebagai situs UNESCO World Heritage. 

Yang menarik dari benteng ini adalah seperempat dari populasi warga kota Jaisalmer ini tinggal di lingkungan benteng, bahkan kalian bisa menemukan guest house yang lokasinya didalam area benteng.

Penjual souvenir di sekitar Jaisalmer Fort

Jaisalmer Fort ini memiliki beberapa pintu masuk yang bisa digunakan oleh pengunjung, antara lain adalah Akshya Pol, Hawa Pol, Suraj Pol dan Ganesh Pol. Hal utama yang paling menarik dari benteng ini adalah adanya Raj Mahal atau Istana Kerajaan, Kuil Jain dan Kuil Laxminath. 

Rajaka Mahal




Jaisalmer Fort dari Rajaka Mahal

Selain itu, ada salah satu istana yang ngga kalah indah yaitu Maharawals yang berada di depan Chauhata Square. Yang menjadi daya tarik utama dari tempat ini adalah adanya tahta marmer Maharawal yang ditempatkan didalam tangga marmer. Tak hanya itu, di depan istana ini juga ada Menara Tazia yang memiliki lima lantai. Menara ini dibangun oleh para pengrajin Muslim dan dibuat dengan atap dekoratif bergaya Bengali.

Pemandangan kota dari Jaisalmer Fort

Pemandangan kota dari Jaisalmer Fort

Overall, jalan-jalan di kawasan Jaisalmer Fort ini memang menyenangkan guys. Rasanya, kalo kalian traveling ke Jaisalmer sayang banget kalo melewatkan benteng ini soalnya benteng ini emang jadi wisata wajib di Jaisalmer.

Tips and Trick

Nah, sebelum kalian berangkat menuju Jaisalmer Fort ini beberapa hal ini mesti kalian perhatikan:

  • Pengunjung dikenakan tiket masuk sekitar 50 Rupees per orang.
  • Kalo kalian bawa kamera, maka akan dikenakan biaya lagi 50 Rupees sampe 100 Rupees.
  • Waktu yang pas untuk menikmati Jaisalmer Fort ini adalah saat sore hari, soalnya pemandangan menuju sunsetnya keren banget.
  • Pakai alas kaki yang nyaman, soalnya menyusuri benteng ini kalian harus jalan yang lumayan melelahkan. 
  • Jaga kebersihan dengan buang sampah pada tempatnya.

Gallery (9)

Comments (0)