64 views | 0 Likes

Jaisalmer City Trip: Mengunjungi Patwon Ki Haveli yang Unik nan Menawan

5 star (from 1 people)
Jaisalmer, Rajashtan, India
Category: City Trip

Posted on 23 October 2019, 16:00:00
sugengcool
Sightseeing

Puas menikmati indahnya padang pasir, saatnya menikmati indahnya Kota Jaisalmer..

How to Get There

Hari kedua di Jaisalmer. Setelah kemaren Camel Safari di Thar Desert dan nonton show, kali ini kita mau menjelajah kota Jaisalmer yang dikenal dengan sebutan Golden City ini. Tujuan pertama kami hari ini adalah Patwon Ki Haveli. Menuju ke Patwon Ki Haveli, kalian bisa naik autorickshaw ataupun tuktuk guys.

What to Do

Kota Jaisalmer memang terkenal dengan kekayaan budaya dan seni arsitekturnya yang unik dan juga rumit. Hal inilah yang membuat wisatawan tertarik untuk mengunjunginya. Dengan melewati lorong-lorong kecil sambil menyusuri rumah-rumah penduduk ini membuatku berasa seperti ada di film-film Bollywood. Well, setelah menelusuri lorong-lorong ini tibalah kami di Patwon Ki Haveli.

patwon ki haveliMirip di film-film Bollywood

Haveli merupakan sebuah rumah besar milik bangsawan jaman dulu yang disetiap sudut bangunannya dipenuhi dengan ukiran yang indah. Nah, Patwa Haveli yang berada di jalanan sempit ini adalah salah satu yang tertua dan terbaik di Jaisalmer.

Hal yang paling menarik dari Patwa Haveli ini adalah arsitekturnya. Bangunan ini ngga hanya terdiri dari satu Haveli lho guys, tapi ada lima haveli. Haveli pertama, dibangun oleh Guman Chan Patwa pada tahun 1805 yang merupakan haveli terbesar. Haveli ini merupakan tempat tinggal Guman Chan Patwa yang saat itu dikenal sebagai pedagang terkenal dan kaya raya. Kemudian, ia memerintahkan untuk membangun haveli-haveli lain untuk kelima anaknya dan baru selesai dalam kurun waktu 50 tahun.

patwon ki haveli

Patwon Ki Haveli ini juga dikenal sebagai “Mansion of Brocade Merchant”. Nama ini diberikan karena keluarga tersebut merupakan pengusaha benang emas dan perak yang digunakan untuk bordir gaun. Tapi ada juga yang menyebutkan kalau keluarga ini bisa kaya raya karena mereka menyelundupkan opium dan peminjaman uang.

patwon ki haveli

Puas melihat-lihat keindahan arsitektur Patwon Ki Haveli, aku dan rombongan pun melanjutkan untuk menyusuri keindahan Jaisalmer ini menuju bangunan-bangunan bersejarah lainnya dan destinasi kami selanjutnya adalah Jaisalmer Fort yang megah dan indah.

Nah, kalian yang berencana liburan ke Jaisalmer, pastikan kalian ngga cuma naik unta di Thar Dessert guys, kalian juga harus menyusuri setiap sudut kota Jaisalmer yang shining ini dan salah satu destinasi yang wajib kalian kunjungi adalah Patwon Ki Haveli ini. So, segera agendakan perjalanan ke India yuk!

Video by UNPLANNED TRAVELER

Tips and Trick

Sebelum berkunjung ke Patwon Ki Haveli, beberapa hal ini perlu kalian perhatikan guys:

  • Patwon ki Haveli buka setiap hari mulai jam 9 pagi sampe jam 6 sore waktu setempat.
  • Untuk menjelajahi semua sudut, siapkan waktu sekitar 2 jam.
  • Jangan lupa untuk bawa kamera yang bagus karena bangunan ini punya arsitektur yang sangat cantik.
  • Pakai alas kaki yang nyaman agar lebih mudah explore.
  • Jaga selalu kebersihan tempat wisata yang kalian kunjungi.

Gallery (3)

Comments (1)