84 views | 0 Likes

Hawa Mahal Jaipur: Istana Megah Dengan Ratusan Jendela

4 star (from 1 people)
Jaipur, Rajashtan, India
Category: Historical Places

Posted on 21 October 2019, 16:00:00
sugengcool
Sightseeing

Istana ini terkenal dengan ratusan jendela yang menghiasinya..

How to Get There

Setelah dari Jal Mahal Water Palace, aku dan rombongan keluarga memutuskan untukmelanjutkan perjalanan menuju Hawa Mahal. Untuk menuju ke Hawa Mahal, ada dua transportasi yang bisa kalian gunakan guys, kalian bisa naik bus dengan biaya sekitar 10 Rupees ataupun naik Autorickshaw dengan harga sekitar 100 Rupees. Tapi, kalo kalian ngga mau ribet, saran aku mending kalian naik autorickshaw aja guys.

What to Do

Kota Jaipur memang terkenal dengan sebutan Pink City, hal ini dikarenakan kota ini punya sederet bangunan-bangunan cantik berwarna pink. Selain ada Amer Fort, ada Hawa Mahal yang juga dikenal sebagai salah satu bangunan berwarna pink di kota Jaipur.

Sebelum lebih jauh bahas soal Hawa Mahal, aku mau sedikit cerita nih soal alasan kenapa Jaipur disebut sebagai Pink City. Menurut yang aku baca sih, dulunya Maharaja Ram Singh memerintahkan untuk mengecat bangunan di Jaipur dengan warna pink karena untuk menyambut Prince Albert of Wales yang berkunjung kesana pada tahun 1876. Warna Pink ini dianggap sebagai simbol keramahtamahan, untuk itulah seluruh bagian Old City Jaipur ini dicat dengan warna pink. Padahal kalo diperhatikan lagi, warnanya lebih ke warna terakota sih guys.

Video by ExploreWorldFilms

Hawa Mahal merupakan salah satu istana termegah di Jaipur yang juga jadi ikon wisatanya. Hawa memiliki arti udara atau angin, sedangkan Mahal berarti istana, jadi bisa disimpulkan kalo Hawa Mahal ini berarti Istana Angin. Heh? Maksudnya gimana?

hawa mahal jaipur

Bangunan yang dibangun pada tahun 1799 oleh Maharaja Sawai Pratap Singh khusus untuk para wanita berdarah biru, putri-putri kerajaan dan istri-istri raja. Kalo sekilas diperhatikan, Hawa Mahal ini terlihat seperti sarang lebah, meskipun ternyata desainnya terinspirasi dari Mahkota Dewa Khrisna yang dipadukan dengan gaya bangunan campuran Mughal dan Rajput. 

hawa mahal jaipur

Jadi, dulunya perempuan-perempuan kerajaan dilarang untuk menampakkan diri di depan umum dan mereka tinggal di Zenana. Untuk itulah, Hawa Mahal dibangun dengan terdiri dari 953 jendela kecil yang disebut sebagai Jharokhas. Jarokhas ini dirancang sedemikian rupa untuk difungsikan sebagai ventilasi udara sehingga didalam istana selalu terasa sejuk. Jendela-jendela ini juga berfungsi untuk para perempuan kerajaan melihat festival-festival di luar istana tanpa terlihat dari luar.

hawa mahal jaipur

Sayangnya, sejak tahun 2011 jendela-jendela ini kebanyakan sudah ditutup karena banyak pengunjung yang suka buka tutup sembarangan yang membuatnya berpotensi rusak. Jadi sekarang udah ngga terasa lagi semilir angin di dalam Hawa Mahal.

hawa mahal jaipur

Sayangnya juga, kemaren aku ngga sempet masuk ke dalam Hawa Mahal untuk menikmati Zenena nya. Padahal udah pengen banget masuk ke dalam istananya. Meskipun begitu, menikmati Hawa Mahal dari luar saja rasanya udah cukup.

Puas menikmati indahnya Hawa Mahal, aku dan rombongan segera kembali ke hotel untuk kemudian melanjutkan dengan makan malam. 

So guys, kalo kalian pengen jalan-jalan ke Jaipur, pastikan untuk meletakkan Hawa Mahal ini sebagai destinasi utama. Jadi, kapan berkunjung ke India?

Tips and Trick

Waktu yang pas untuk berkunjung ke Hawa Mahal ini adalah saat sore hari, karena kalian bisa menikmati panorama matahari terbenam dari atasnya. Tapi jangan dateng kesorean juga ya guys, karena nanti petugas ngga akan ngijinin kalian masuk. Jangan lupa juga buat bawa kamera yang bagus buat foto-foto ya guys. Jangan lupa juga untuk selalu menjaga kebersihan di setiap tempat yang kalian kunjungi dengan ngga buang sampah sembarangan.

Gallery (4)

Comments (0)