81 views | 0 Likes

Jal Mahal Water Palace, Istana Paling Unik dan Ikonik di India

0 star (from 0 people)
Jaipur, Rajashtan, India
Category: Historical Places

Posted on 20 October 2019, 16:00:00
sugengcool
Sightseeing

Selain Taj Mahal, India juga punya bangunan ikonik lainnya yaitu Jal Mahal. Seperti apa? Baca sampe habis yuk..

How to Get There

Masih seputaran wisata di Jaipur, setelah berkunjung ke Amer Fort, aku dan keluarga melanjutkan perjalanan menuju salah satu wisata ikonik di India, yaitu Jal Mahal. Katanya sih, wisata ini bakal jadi saingannya Taj Mahal. Masa iya? Secantik apa sih kira-kira indahnya?

Untuk menuju kesini, kami naik autorickshaw. Menurut aku transportasi ini nyaman dan terjangkau untuk digunakan bepergian.

What to Do

Jal Mahal bisa dibilang salah satu istana di India yang cukup unik dan menarik perhatian. Kenapa unik? Karena kalo umumnya istana berdiri di tanah lapang yang luas dan kering, beda dengan Jal Mahal ini guys. Jal Mahal berada di tengah Danau Man Sagar dan posisinya tenggelam sebagian.

jal mahal water palace

Dibalik keunikan istana ini, pastinya ada cerita menarik yang perlu diulik guys. Jal Mahal ini didirikan oleh Maharaja Madho Singh I di abad 18 dan digunakan sebagai tempat singgah saat ia dan keluarganya pergi berburu.

Lalu, gimana bisa istana ini tenggelam sebagian di tengah danau? Kalo menurut cerita sih, dulunya India pernah mengalami kekeringan yang panjang dan akhirnya dilakukan perluasan terhadap Danau Man Sagar. Proses perluasan ini hingga mencapai area berdirinya Jal Mahal sehingga menenggelamkan lebih dari separuh istana ini.

jal mahal water palace

Hingga saat ini, hanya lantai bagian atas Jal Mahal aja yang muncul di permukaan danau dan terlihat, sementara 4 lantai tenggelam di bawahnya. Apalagi kalo keadaan air sedang pasang. 

Jal Mahal memiliki gaya bangunan campuran yang merupakan perpaduan dari Rajput dan Mughal. Gaya arsitektur Rajput terinspirasi dari arsitektur Hindu, sementara gaya arsitektur Mughal terpengaruh dari gaya Islam dan Persia. 

Di setiap sudut istana juga dihiasi dengan menara berbentuk segi delapan yang memiliki kubah, sedangkan ditengah terasnya ada paviliun berbentuk persegi panjang dengan gaya Bengali yang sering juga disebut sebagai Chhatri.

Meskipun sering disebut sebagai istana, tapi Jal Mahal sama sekali ngga terlihat seperti tempat tinggal anggota kerajaan. Di dalamnya hanya terdapat teras taman yang digunakan Maharaja untuk bersantai dan jalan-jalan. 

jal mahal water palace

Sayangnya, Jal Mahal sempat terbengkalai dan diabaikan begitu saja selama dua abad. Namun, sekitar tahun 2004 pihak swasta mengambil alih seluruh wilayah danau dan menjadikannya destinasi wisata.

Untuk menikmati keindahan Jal Mahal, pengunjung masih belum diperbolehkan untuk masuk. Pengunjung hanya bisa menikmatinya dari kejauhan atau menaiki perahu menyeberangi Danau Man Sagar.

Video by SANJEEV KUMAR GUPTA

Selain menikmati Jal Mahal dari kejauhan, kalian juga bisa lho menyewa baju tradisional Rajashtan di pinggir danau. Mereka menarwarkan berfoto dengan menggunakan pakaian khas Rajashtan yang sangat unik. Untuk cewek, tersedia sari dengan warna cerah beserta aksesorisnya. Sementara buat yang cowok, mereka menyediakan turban yang digunakan diatas kepala.

jal mahal water palace
jal mahal water palace

Seru sekali kan? Nah, buat kalian yang berencana liburan ke India, jangan sampai untuk melewatkan berkeliling Jaipur ini ya guys. Dijamin kalian akan terpesona oleh setiap sudutnya.

Tips and Trick

Hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum mengunjungi Jal Mahal Water Palace adalah:

  • Jal Mahal sangat indah di semua waktu, entah itu kalian berkunjungi siang ataupun malam hari. Tapi, katanya sih kalo malam hari pemandangannya lebih indah.
  • Siapkan kamera yang bagus buat foto-foto.
  • Pastikan kalian berfoto dengan menggunakan pakaian khas Rajashtan ya.
  • Kalo kalian ingin menyeberangi Danau Man Sagar, jangan buang sampah kesana ya.
  • Jangan datang sendirian, ajak temen, pasangan atau keluarga kalian kesini.

Gallery (5)

Comments (0)