60 views | 0 Likes

Terpesona oleh Megahnya Amer Fort Jaipur

0 star (from 0 people)
Jaipur, Rajashtan, India
Category: Historical Places

Posted on 19 October 2019, 11:00:00
sugengcool
Tourist

Melanjutkan perjalanan di India, setelah explore Agra dan Delhi, perjalanan berlanjut ke Amer Fort Jaipur. Pengen tahu keseruannya? Jangan lupa simak sampe habis ya!

How to Get There

Cerita tentang perjalanan di India masih berlanjut guys. Puas menjelajah wisata-wisata seru di Agra, seperti Taj Mahal dan Agra Fort, aku dan keluarga kembali melanjutkan perjalanan menuju Jaipur. Kami berangkat menggunakan mobil dan butuh waktu perjalanan selama 4 hingga 5 jam perjalanan.

Sesampainya di Jaipur, destinasi pertama yang kami kunjungi adalah Amer Fort (Amber Fort) atau yang lebih dikenal sebagai Jaigarh Fort. Amer Fort ini lokasinya ada di Kota Jaipur, Provinsi Rajashtan. Untuk menuju Amer Fort ini ada dua cara guys, kalian bisa menggunakan bus lokal yang menuju ke Distrik Amber dari Pusat Kota Jaipur atau kalo kalian ngga pengen ribet, kalian bisa menggunakan taksi atau autoricksaw. Sebelum masuk, pengunjung dikenakan tiket masuk sekitar 500 Rupees.

amer fort jaipur


What to Do

Menurut sejarahnya, Amer Fort ini dulunya adalah komplek istana bernama Amber. Menariknya, bangunan ini menggunakan material yang terdiri dari batu pasir merah dan marmer putih. Benteng ini juga disebut-sebut sebagai harta karun pewaris keturunan suku Kacchwala yang merupakan suku tertua di Rajashtan.

amer fort jaipur

Amer Fort dibangun pada tahun 1550 diatas Cheel ka Teela yang mempunyai arti Bukit Elang. Cheel ka Teela ini adalah bagian dari perbukitan Aravalli. Tepat di kaki bukitnya, terdapat sebuah danau bernama Danau Maotha yang semakin merefleksikan kemegahan benteng tersebut. Konon, nama Amer memiliki makna tinggi, yaitu mencerminkan letak benteng tersebut yang ada di daerah dataran tinggi Jaipur.

amer fort jaipur

Amer Fort memiliki arsitektur yang sangat menawan dan pastinya mampu menarik minat wisatawan untuk berkunjung. Sekilas, Amer Fort memang terlihat seperti Tembok China tapi sebenernya arsitektur luar bangunan sangat berbeda dengan tampilan dalamnya yang merupakan perpaduan dari arsitektur Islam dan Hindu. 

amer fort jaipur

Amer Fort dibagi jadi 4 bagian dimana setiap bagiannya bisa diakses melalui tangga utama dari gerbang lokasi atau dari jalur luas yang mengarah ke setiap bagiannya. Aku kebetulan kemaren masuk melalui pintu masuk utama di Suraj Pol. Dari Suraj Pol ini kami dibimbing menuju Jaleb Chowk yang berupa pelataran utama dari Amer Fort dimana ada akses tangga menuju ke pintu masuk istana. Dulunya, pelataran ini jadi tempat agung bagi para prajurit setelah bertugas, mereka akan diarak secara terhormat menuju kediamannya.

amer fort jaipur

amer fort jaipur

Sebelum sampai di Jaleb Chowk, kami singgah dahulu ke Kali Temple atau Shila Devi temple. Temple ini didedikasikan untuk seekor singa perak yang sangat besar. Asal usul singa ini hingga saat ini sih masih belum jelas, tapi kalo menurut legenda Raja Jai Singh I menyembahnya demi kemenangan melawan penguasa Bengal.

amer fort jaipur

Ohya, ada cara lain yang bisa kalian gunakan untuk menuju Jaleb Chowk ini guys, yaitu dengan menunggangi gajah. Beberapa keluargaku yang capek jalan pun memilih untuk menunggangi gajah. Seru!

amer fort jaipur

Puas berkeliling dan berfoto-foto di Amer Fort ini, kami segera melanjutkan perjalanan ke destinasi selanjutnya yaitu Jal Mahal Water Palace. Mau tau gimana keseruannya? Simak terus ulasan aku ya guys!

Youtube by ONLY in INDIA

Tips and Trick

  • Sebelum berangkat ke Jaipur, pastikan kalian udah booking hotel jauh-jauh hari ya guys.
  • Cuaca India cukup panas, pastikan kalian menggunakan sunblock dan topi.
  • Jangan lupa pakai baju yang nyaman.
  • Pakai alas kaki yang nyaman.
  • Bawa air mineral, karena cuacanya super terik.
  • Jangan lupa bawa kamera yang bagus buat foto-foto.
  • Jaga selalu kebersihan tempat wisata yang kalian kunjungi.

Gallery (8)

Comments (0)