75 views | 0 Likes

Vihara Avalokitesvara, Wisata Religi Penuh Toleransi

5 star (from 1 people)
Pamekasan, Jawa Timur, Indonesia
Category: Religious Place

Posted on 15 October 2019, 16:00:00

Selain ada pantai, di Madura juga ada sebuah wisata religi yang penuh toleransi. Vihara Avalokitesvara ini tempatnya. Sebagai orang Madura, aku baru kali ini lho mengunjungi Vihara Avalokitesvara

How to Get There

Melanjutkan perjalanan dari Pantai Talang Siring aku menuju salah satu wisata religi yang ada di kota Pamekasan, yaitu Vihara Alvalokitesvara. Tempatnya kebetulan deket banget sama Pantai Talang Siring guys, kira-kira jaraknya sekitar 1,5 km. Jadi mumpung ada disini ya sekalian aja mampir ke tempat ini.

Vihara Alvalokistesvara ini berlokasi di Jalan Teja, Montok, Larangan, Kecamatan Polagan, Pamekasan. Jadi, sebelum Pantai Talang Siring, di kanan jalan ada sebuah gang kecil. Nah, kalian belok aja ke jalan ini dan lurus terus. Jalannya emang agak rusak guys, tapi sepanjang perjalanan kalian bisa menikmati hutan bakau dari Pantai Talang Siring tadi.

Masuk ke kawasan Vihara Alvalokitesvara ini pengunjung ngga dikenakan tiket masuk apapun ataupun parkir. Jadi semua free guys, kalian ngga usah keluarin uang sepeserpun. 

What to Do

Vihara Avalokitesvara ini berada di sebuah lahan seluas 3 hektar. Vihara ini punya 5 altar pemujaan, yang pertama adalah Altar Kwan Im Thang yang berada di bangunan tengah. Altar kedua adalah Altar Avalokitesvara yang merupakan altar utama bagi vihara ini dan merupakan peninggalan Kerajaan Majapahit pada abad 14. Lalu, sebelum memasuki kawasan vihara ini kalian akan disambut dengan 2 bangunan pagoda yang menjulang tinggi seolah mengapit pintu masuk ke altar. Kedua pagoda ini memiliki tujuh susunan ruas keatas dan didominasi oleh warna merah menyala yang membuat vihara ini terlihat semakin megah. 

vihara avalokitesvara madura

vihara avalokitesvara madura
vihara avalokitesvara madura
vihara avalokitesvara madura

Yang menjadi daya tarik dari vihara ini adalah karena keunikannya guys. Vihara ini memperlihatkan toleransi yang sangat tinggi kepada mereka yang beragama lain. Kita semua tahu kalo vihara merupakan tempat ibadah umat Buddha, tapi karena vihara ini juga kerap dikunjungi oleh wisatawan dan dianggap menjadi tempat wisata maka disini pun disediakan mushola. 

Mushola ini berukuran sekitar 4x4 meter dengan banguan khas Jawa. Mushola ini lokasinya ada di depan vihara dengan warna didominasi hijau tua. Meskipun ngga besar, tapi mushola ini nyaman banget untuk sholat. Fasilitasnya juga lengkap, ada tempat wudhu, mukena, sajadah dan lainnya.

vihara avalokitesvara madura

Tak hanya ada Mushola sebagai bentuk toleransi antar umat beragama, disini juga ada pura yang digunakan sebagai tempat ibadah Umat Hindu.

vihara avalokitesvara madura

Selain ada mushola dan Pura, vihara ini juga memiliki fasilitas lain untuk pengunjung yang datang. Misalnya seperti kantin dan toilet yang kebersihannya terjaga.

vihara avalokitesvara madura

Vihara Avalokitesvara ini hingga saat ini masih digunakan sebagai tempat ibadah oleh umat Buddha, tapi kadang juga ada beberapa pengunjung yang datang hanya untuk berwisata. Pengunjung yang datang tak hanya dari Pulau Madura aja, tapi juga ada pengunjung yang datang dari luar Jawa hingga luar negeri.

vihara avalokitesvara madura

Karena masih digunakan sebagai tempat ibadah hingga saat ini, makanya ngga semua pengunjung diperbolehkan masuk. Untungnya, kemaren aku masuk bareng omku yang kebetulan pernah kerja disana dan lucunya nih guys, setelah kami keluar, ada pengunjung lain yang masuk dan mereka ngga diperbolehkan masuk ke dalam vihara. 

vihara avalokitesvara madura

Nah, buat kalian yang ada rencana buat jalan-jalan ke Pamekasan, ngga ada salahnya buat mampir ke Vihara Avalokitesvara ini guys (kali aja kalian lagi beruntung dan bisa masuk ke dalamnya).

Selesai foto-foto disini, aku pun langsung segera pulang, tapi sebelumnya aku mau makan beberapa kuliner khas Pamekasan seperti Soto Ayam Madura dan Nasi Campur! So, pantengin terus review aku ya guys..

Tips and Trick

  • Untuk masuk ke vihara ini, kalian pakai baju yang sopan ya guys.
  • Harap selalu tertib dan jangan mengganggu orang-orang yang sedang beribadah disini.
  • Jaga kebersihan tempat ini.
  • Minta ijin dulu sebelum masuk.
  •  

Gallery (9)

Comments (1)