72 views | 0 Likes

Piknik Asik Plus Explore Hutan Mangrove di Pantai Talang Siring

0 star (from 0 people)
Pamekasan, Jawa Timur, Indonesia
Category: Beach Exploring

Posted on 12 October 2019, 16:00:00

Salah satu pantai cantik di Kabupaten Pamekasan ini punya hutan mangrove yang asri. Pantai Talang Siring plus Hutan Mangrove Talang Siring nggak pernah mengecewakan, keren!

How to Get There

Setelah beberapa bulan ngga mudik ke Pamekasan, akhirnya Minggu lalu aku sempetin buat kesana karena kebetulan ada acara juga guys. Kelar acara, rasanya aku pengen explore wisata dan kuliner di kota ini. Terakhir kali kesana aku sempet jalan-jalan ke Wisata Toron Samalem dan nyobain Rujak Cingur khas Pamekasan. Nah, kali ini aku pengen jalan-jalan ke salah satu pantai yang ada di kota ini, yaitu Pantai Talang Siring.

Pantai Talang Siring ini lokasinya ada di Desa Montok, Kecamatan Larangan, Kabupaten Pamekasan. Sebenernya ngga susah buat menuju ke pantai ini karena memang lokasinya ada di pinggir jalan menuju arah Kota Sumenep.

Untuk menuju kesini, ada beberapa transportasi umum yang bisa digunakan. Tapi aku kemaren naik motor buat kesananya, lebih hemat dan lebih cepat. Hehehe..

Sesampainya di Pantai Talang Siring, aku langsung parkir kendaraan di area parkirnya yang luas. Untuk tarif parkirnya Rp 2.000 per motor dan setiap pengunjung yang datang wajib bayar retribusi sebesar Rp 1.000 per orangnya. Murah banget kan?

What to Do

Wisata Pantai Talang Siring ini dikenal memiliki panorama yang sangat cantik. Pantai ini juga masuk dalam salah satu destinasi wisata wajib jika berkunjung ke Pamekasan. Dulu, pantai ini kerap jadi destinasi akhir pekanku bareng keluarga. Tapi dulu pantai ini masih cukup alami dan belum tertata rapi, sekarang pantai ini sudah dibenahi dan mulai banyak perubahan. Jadi lebih baik pastinya guys.

pantai talang siring

Pantai Talang Siring adalah pantai dari laut selatan Madura, hal ini membuat pantai ini jarang berpasir dan cenderung memiliki banyak batu karang. Jadi, buat kalian yang ingin berenang di pantai ini, mending dipikir dua kali deh.

pantai talang siring

Kalo aku sih, setiap main ke pantai ini cuma duduk-duduk di pinggir pantainya sambil lihatin landscape pantai yang dihiasi perahu-perahu nelayan yang bersiap berangkat melaut. Atau, aku biasa jalan-jalan di pinggiran pantainya buat cari keong pantai yang banyak hidup disekitar pantai ini.

pantai talang siring

Yang paling baru, Pantai Talang Siring sekarang punya wisata baru yaitu waterpark dan hutan mangrove. Waterpark disini ukurannya ngga terlalu besar dan menurutku cocoknya buat anak-anak kecil sih. Nah, yang paling menarik perhatianku adalah hutan mangrove nya guys. Untuk masuk dan menikmati indahnya hutan mangrove ini, pengunjung wajib bayar sebesar Rp 2.000 per orangnya.

mangrove di pantai talang siring

Hutan Mangrove Pantai Talang Siring ini cantik banget guys. Untuk menikmati rimbunnya pepohonan bakau ini, ada sebuah jembatan kayu yang dibuat agar memudahkan pengunjung berjalan dan menikmati hutan bakau plus panorama pantai. Jembatan kayu ini juga udah dihiasi dengan spot-spot yang instagramable guys, jadi pastikan kalian ngga lupa buat berfoto ya.

mangrove di pantai talang siring

Di ujung jembatan kayu ini, kalian bisa menikmati pemandangan lepas pantai. Tapi sayangnya, saat kemaren aku kesana lautnya lagi surut, jadi banyak pengunjung yang memanfaatkan untuk berburu keong pantai di sepanjang pantai ini.

mangrove di pantai talang siring

Nah, di sepanjang jembatan kayu hutan mangrove ini ngga cuma ada spot instagramable guys, tapi juga ada tempat duduk dan meja yang terbuat dari kayu dan bisa kalian gunakan untuk bersantai atau sambil nongkrong bareng temen-temen atau keluarga kalian. 

mangrove di pantai talang siring

mangrove di pantai talang siring

So, puas berfoto-foto di Hutan Mangrove dan Pantai Talang Siring, aku melanjutkan perjalanan ke salah satu wisata religi yang ada di Pamekasan ini, yaitu Vihara Avalokitesvara dan lokasinya ngga terlalu jauh dari Pantai Talang Siring ini.

mangrove di pantai talang siring


Tips and Trick

  • Berkunjung ke pantainya di pagi hari atau sore hari aja guys, soalnya kalo siang panas banget.
  • Pastikan kalian menggunakan sunscreen ya.
  • Jaga kebersihan pantai ini dengan ngga buang sampah ke laut.

Gallery (9)

Comments (0)